Pentingnya puasa Ramadhan sering diabaikan

Puasa Ramadhan memiliki makna yang mendalam bagi umat Islam, namun sayangnya sering kali diabaikan oleh sebagian orang. Padahal, dengan puasa Ramadhan, kita dapat menjalankan ibadah sekaligus memperkuat rasa solidaritas sosial. Selain itu, puasa Ramadhan juga dapat meningkatkan keimanan serta memperbaiki kualitas hidup secara keseluruhan. Oleh karena itu, jangan abaikan pentingnya puasa Ramadhan.

Pentingnya puasa Ramadhan sering diabaikan

Keutamaan Puasa Ramadhan tidak banyak umat Islam yang mengetahuinya, dan masih banyak yang tidak mengetahuinya. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Allah tidak memerintahkan hambanya dengan sia-sia. Begitu juga dengan Nabi IDI. Kebijaksanaan dan manfaat pasti ada di baliknya, bahkan sebanyak-banyaknya momen puasa ramadhan.

Ibadah ini sering diremehkan karena tidak layak lapar, haus, bekerja dan sebagainya.

Karena jika seseorang melihat betapa banyak pahala yang diberikan dan manfaat yang diberikan, dia pasti berharap semua bulan itu seperti Ramadhan.

Nah, sebagai seorang muslim yang baik, Anda harus mengetahui pentingnya menjalankan ibadah ini agar bisa bertahan hingga akhir hayat.

Lihat juga:  Cara Mengobati Gatal Berair Secara Alami

Apa Keutamaan Puasa Ramadhan?

Allah memerintahkan puasa tidak hanya untuk beribadah kepada-Nya, tetapi juga untuk mempersembahkannya kepada orang-orang yang berbuat baik.

Tentu saja, manfaat yang diterima dari satu orang ke orang lain berbeda, tergantung pada seberapa niat dan khidmat mereka dalam melakukan ibadah ini.

Orang yang berpuasa sebenarnya memiliki dua berkah. Yang pertama adalah kebahagiaan saat waktunya berbuka puasa.

Yang kedua adalah kebahagiaan, saat bertemu Tuhan, karena bau mulut puasa dihargai, dan bau paku dihargai. Inilah momen puasa;

1. Pelatihan dalam kemewahan

Manusia memiliki nafsu, yang jika tidak dikendalikan, akan membahayakan diri mereka sendiri dan mengarah pada dosa. Oleh karena itu, berpuasa di bulan Ramadhan berarti menekan emosi tersebut.

Pada siang hari, saat panas dan lapar, umat Islam dilarang makan dan minum. Ini adalah bukti hebat bahwa tidak semua yang ada di dunia ini untuk didapatkan, tetapi harus diamalkan dengan kesabaran dan keikhlasan.

Juga tentang mengelola emosi dan dorongan kemewahan. Semua itu dilakukan untuk mencapai akhir kehidupan yang dijelaskan dalam Al-Qur’an dan akhir penciptaan manusia.

2. Dia mengajarkan bahwa Anda bisa hidup sederhana

Keutamaan Puasa Ramadhan Langkah selanjutnya adalah melatih masyarakat untuk hidup lebih sederhana. Ketika mereka berpuasa, banyak yang tidak mau membeli makanan dan minuman, karena mereka berpantang dari segala yang dimiliki dunia.

Lihat juga:  Cara Membangun Hubungan yang Sehat dengan Pasangan

Sayangnya, hari ini adalah sebaliknya. Banyak orang mengira setelah berpuasa seharian mereka makan dan minum enak, saat berbuka puasa nanti.

Hal ini tidak mengapa, namun berlebihan dan menyebabkan bulan puasa menjadi hilang.

Oleh karena itu, saat berbuka puasa, Anda harus mengonsumsi makanan yang dianjurkan oleh Nabi. Menolak sebelum kenyang lebih baik daripada tidak bisa shalat tarawih karena makan terlalu banyak.

3. Menjadi Sehat

Beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa puasa adalah sarana kesehatan. Puasa juga merupakan sarana detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Hal ini terbukti karena banyak yang mengatakan bahwa setelah berpuasa tubuh menjadi lebih bugar dan tampil lebih baik dari sebelumnya.

Hal ini dikarenakan tubuh beristirahat dari makanan dan minuman yang tidak sehat.

Selain itu, puasa juga membatasi tubuh dari makanan. Jadi jangan mundur! Pakar kesehatan juga menganjurkan puasa bagi penderita penyakit tertentu.

4. Melatih diri bertekun dalam beribadah

Karena puasa itu banyak macamnya, ada yang wajib dan ada yang sunnah. Bila dilakukan terus menerus, apalagi selama 30 hari di bulan Ramadhan, akan membuat seseorang istiqomah dalam beribadah.

Selain itu, jika digabungkan dengan ibadah lainnya seperti membaca Al-Qur’an dengan seksama, mengikuti pengajian, berdzikir dan lain-lain, maka segala sesuatu yang awalnya tidak biasa menjadi kebiasaan, meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT.

Lihat juga:  Cara Alami Menghilangkan Panu Di Wajah

5. Nikmati

Tidak akan ada kenikmatan bagi orang yang tidak bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah. Saya jawab, seperti yang telah disebutkan, kebahagiaan puasa ada dua, yaitu berbuka puasa dan hidup sudah dekat.

Mungkin banyak orang yang bahkan tidak menyadari hal ini, namun berbuka puasa setelah seharian berpuasa membuat seseorang lebih bersyukur karena masih mendapatkan makan dan minum.

Selain itu, kenikmatan neraka lebih serius, yang nantinya puasa Ramadhan menjadi saksi, jika dunia pernah beribadah dan mendapat tiket ke surga.

Artikel unggulan: 10 Kegiatan Ramadhan Seru untuk Anak Sekolah

6. Mendapatkan Keseimbangan dalam Hidup

Keutamaan Puasa Ramadhan lalu seperti keseimbangan hidup, yang diperoleh hanya dengan penanaman yang cermat. Di bulan puasa orang dijauhkan dari menunaikan semua kewajiban yang terbengkalai hingga saat ini.

Merupakan jaminan pahala berlipat ganda bagi orang yang menunaikan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya di bulan Ramadhan ini.

7. kepedulian terhadap orang lain

Di bulan Ramadhan, wajib bagi seluruh umat Islam yang hidup di dunia untuk menunaikan zakat. Zakat dan sedekah diberikan kepada mereka yang masih memiliki rencana hidup untuk esok hari.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Lendir Di Tenggorokan Akibat Asam Lambung Secara Alami

Zakat dan sedekah membuat umat Islam yang kurang peduli dengan rejeki orang lain jauh lebih tersisihkan kepedulian dan kekuatirannya.

Cara ini mempererat persaudaraan, sehingga tidak membedakan si kaya dan si miskin.

Tak heran jika saat bulan Ramadhan banyak yang memberikan takjil atau makanan untuk berbuka puasa. Baik itu di masjid, jalan, mushola, dll. Setiap orang saling membantu untuk mengerjakan ibadah yang layak ini.

8. Konfirmasi keramahan

Tanpa disadari, suasana menjalin silaturahim di bulan Ramadan terasa sangat erat. Lihatlah masjid-masjid dan orang-orang yang memberikan takjil gratis. Saling mengenal, saling sapa, dan bergembira melakukan ibadah bersama.

Tak jarang pemberian takjil juga dibarengi dengan pengajian atau diskusi keagamaan, sehingga membuat suasana semakin hangat. Ketika bulan Ramadhan berakhir, semuanya akan dirindukan.

9. Latihan Waktu Latihan

Puasa badan tidak seperti biasanya. Seringkali ketika Anda membutuhkan istirahat Anda dapat berpuasa sampai Anda berbuka puasa. Padahal, hal ini bisa diambil dari sisi positifnya, yaitu membuat tubuh semakin bugar seiring berjalannya waktu.

Selama ini mungkin sebagian orang lupa bahwa tubuh juga butuh istirahat. Selama bulan Ramadan, umat Islam diharapkan mengatur jam kerja dan istirahatnya semaksimal mungkin agar tidak menimbulkan berbagai penyakit.

10. Lebih rajin dalam melakukan

Puasa membuat manusia lebih rajin dalam pekerjaannya. Jangan melakukan hal-hal yang menyebabkan puasa Anda menjadi rusak atau menyakiti hati orang lain karena doa orang yang berpuasa lebih mudah diterima oleh Allah daripada yang tidak.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Secara Alami

Amalan menahan diri dari perbuatan yang dilarang memberikan perkembangan pribadi yang positif dan dapat diamalkan atau dilanjutkan meskipun sudah tidak lagi berpuasa di bulan Ramadhan.

Bukan lagi contoh bergosip, berkata kotor, berbohong dan sebagainya.

Sehingga dia dapat melatih dirinya lebih baik untuk bulan puasa. Jangan sebaliknya, pikirkan hanya tentang hal-hal dunia. Bersiaplah dari sekarang untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Nomor momen puasa ramadhan di atas hanya bisa dilihat jika hati mau menerima belas kasihan.

Mulai saat ini jauh lebih penting belajar bersungguh-sungguh dan khusyuk dalam beribadah daripada memikirkan hal-hal duniawi yang tidak ada habisnya.

Belajar hidup sederhana, rajin berbuat, akan menjamin keselamatan baik di dunia maupun di akhirat.

Puasa Ramadhan adalah peningkatan spiritual yang penting bagi umat Muslim. Namun sayangnya, banyak orang mengabaikan pentingnya puasa ini dan hanya melihatnya sebagai kewajiban yang harus dipenuhi. Padahal puasa Ramadhan membawa banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik, serta sebagai cara untuk memperdalam hubungan dengan Tuhan. Oleh karena itu, penting bagi orang-orang untuk memperhatikan pentingnya puasa Ramadhan dan menjalankannya dengan sepenuh hati.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Pentingnya #puasa #Ramadhan #sering #diabaikan arbo Pentingnya puasa Ramadhan sering diabaikan