Menteri dorong BPOM, BPJPH untuk mempercepat proses sertifikasi halal

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mendorong Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk mempercepat proses sertifikasi halal di Indonesia. Hal ini disampaikannya dalam rapat koordinasi dengan Kementerian Agama dan BPOM serta BPJPH. Menurutnya, percepatan sertifikasi halal dibutuhkan untuk meningkatkan daya saing produk halal di pasar global.

Menteri dorong BPOM, BPJPH untuk mempercepat proses sertifikasi halal

Surabaya, Jawa Timur (Arbo.Web.ID) – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) mempercepat verifikasi legalitas produk kecil, usaha mikro dan kecil menengah (UMKM). )

Lihat juga:  Cara Mengobati Digigit Tungau

“Saya sudah bicara, tapi sepertinya tidak banyak perubahan,” katanya pada Festival “Halal Jawa Timur 2023” yang digelar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim di Jakarta, Jumat.

Permintaan itu disampaikan Masduki dengan mengatakan, sejauh ini belum ada perubahan dalam proses panjang perizinan yang memakan waktu minimal 21 hari.Bahkan, Presiden Joko Widodo meminta proses verifikasi halal disederhanakan menjadi 2-3 hari.

“Kalau ada 30 juta UMKM yang mau apply (sertifikat halal), butuh waktu 600 tahun (menyetujui semuanya),” ujarnya.

Lihat juga:  Cara Mengobati Hernia Dengan Daun Miana

Menurutnya, sertifikasi halal penting bagi UMKM, sejalan dengan pengesahan UU Cipta Kerja yang juga menyebutkan bahwa Pedagang Makanan dan Minuman harus memiliki sertifikat halal pada tahun 2024.

Menteri juga mencatat bahwa banyak pelaku UMKM yang tidak mengetahui upaya pemerintah untuk menyederhanakan proses sertifikasi halal.

“Bahkan banyak bantuan yang kami berikan sebelum (produk) UMKM masuk BPOM,” ujarnya.

Ia juga mencontohkan beberapa industri halal yang bisa dikembangkan Jawa Timur, seperti pengolahan hasil laut, bahan halal, dan produk kesehatan.

Lihat juga:  Terowongan sepeda dan pejalan kaki terpanjang di dunia akan dibuka pada bulan April

Ketua Kadin Jatim, Kadin Adik Dwi Putranto mengatakan, waktu yang dibutuhkan untuk proses sertifikasi halal masih terlalu lama sehingga menimbulkan masalah.

Seluruh pemangku kepentingan, khususnya di Jawa Timur memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan ekosistem industri halal lokal, ujarnya.

Kadin Jatim berupaya maksimal untuk mendukung UMKM dalam menempuh prosedur “deklarasi mandiri” yang bisa menjadi alternatif sebelum mendapatkan sertifikat yang sah, tambah Putranto.

Kesimpulan

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, memiliki komitmen yang kuat dalam mendorong Badan POM (BPOM) dan BPJPH untuk mempercepat proses sertifikasi halal. Hal ini penting untuk menjamin keamanan dan kehalalan produk makanan bagi masyarakat Indonesia. Dengan upaya bersama, diharapkan Indonesia dapat menjadi pusat produksi makanan halal dunia.

Lihat juga:  Cara Mengobati Ayam Sakit Ngorok

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Menteri #dorong #BPOM #BPJPH #untuk #mempercepat #proses #sertifikasi #halal #Arbo.Web.ID #News arbo Menteri dorong BPOM, BPJPH untuk mempercepat proses sertifikasi halal – Arbo.Web.ID News