Cara Ganti Password Linux dengan Mudah & Perintahnya Lengkap

Sebagai pengguna Linux, penting untuk melindungi sistem dari serangan jahat dan menjaga kerahasiaan data Anda. Nah, salah satunya dengan mengganti password Linux. Masalahnya, bagaimana cara mengubah kata sandi yang benar di Linux, ya?

Tenang, Anda tidak salah tempat. Kali ini, Anda akan belajar cara mengubah kata sandi pengguna normal dan root di sistem operasi Linux. Langkah-langkahnya juga cukup mudah dan bisa dilakukan secara singkat, kok.

Tanpa basa-basi lagi, inilah tutorial lengkapnya!

Cara mengubah kata sandi Linux

Untuk mengubah kata sandi pengguna di Linux, Anda bisa gunakan perintah passwd. Berikut langkah-langkah mengganti password di Linux (Ubuntu, Debian, CentOS) untuk root user dan normal user:

Lihat juga:  Cara Menyembuhkan Maag Secara Alami

Cara mengubah kata sandi pengguna root di Linux

Sebelum memulai cara mengganti password user root, anda harus terlebih dahulu menyiapkan perangkat linux anda. Misalnya, kami menggunakan layanan VPS Indonesia dari Niagahoster dengan sistem operasi Linux diinstal.

Jika sudah siap, berikut urutan langkah-langkah mengganti password Linux :

1. Buka aplikasi terminal apa pun yang Anda miliki. Kemudian, silahkan login ke VPS menggunakan SSH. Berikut ini tampilannya saat Anda masuk:

Perintah root SSH diikuti oleh alamat IP dan port VPS menampilkan pengguna di VPS Linux sebagai pengguna root

2. Setelah login sebagai akar, jalankan perintah passwd seperti contoh berikut:

jalankan perintah passwd di terminal linux untuk pengguna rootPerintah passwd dijalankan di terminal Linux untuk mengubah kata sandi pengguna root

3. Perintah kata sandi itu akan menunjukkan dua baris di bawah ini. Jadi, isi keduanya sesuai dengan ketentuan berikut:

  • Masukkan kata sandi UNIX baru – Masukkan kata sandi Linux baru Anda.
  • Ketik ulang kata sandi UNIX baru – Ketik ulang kata sandi Anda, pastikan cocok dengan input sebelumnya.
Lihat juga:  Cara Mengobati Bibir Pecah Pecah Dan Luka

masukkan kata sandi baru dan validasi kata sandi untuk pengguna rootSetelah menjalankan perintah passwd, pengguna akan diminta memasukkan kata sandi baru dan memvalidasi input kata sandi sebelumnya.

4. Sistem akan memvalidasi perubahan kata sandi Linux Anda. Jika berhasil, output yang ditampilkan di layar adalah:

passwd: password updated successfully

Output menunjukkan bagaimana mengubah kata sandi root pengguna Linux dengan suksesPaswd keluaran: “kata sandi berhasil diperbarui” menunjukkan cara mengubah kata sandi dengan sukses

Senang! Anda telah berhasil mempraktekkan cara mengganti password root di CentOS, Debian, dan Ubuntu Linux.

Tenang, masih ada tutorial mengganti password user non root yang bisa kamu coba. Yuk, scroll ke bawah!

Cara Mengganti Password Linux untuk Pengguna Lain

Bagaimana cara mengubah kata sandi Ubuntu dan distro Linux lainnya melakukannya perintah passwd Anda bisa menerapkannya ke pengguna non-root, lho. Seperti biasa, mulailah dengan masuk ke sistem VPS sebagai pengguna root. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Ketik perintah kata sandi diikuti dengan nama pengguna yang ingin Anda ubah kata sandinya. Misalnya, Anda ingin mengubah kata sandi untuk pengguna James, maka perintahnya adalah:

2. Perintah akan menampilkan dua form untuk mengisi password baru untuk username Yakobus sebelum:

Enter new UNIX password:
Retype new UNIX password:

jalankan perintah passwd untuk mengganti password linux pada user jamesJika dijalankan, perintah “passwd james” akan menampilkan dua baris kode untuk memasukkan kata sandi baru untuk pengguna james dan memvalidasinya

Lihat juga:  Cara Membasmi Hama Tanaman Secara Alami

3. Jika perubahan kata sandi sistem operasi Linux berhasil, hasilnya adalah:

passwd: kata sandi berhasil diperbarui

Output menunjukkan bagaimana mengubah kata sandi root pengguna Linux dengan suksesPaswd keluaran: “kata sandi berhasil diperbarui” menunjukkan cara mengubah kata sandi dengan sukses

Kata sandi untuk pengguna non-root telah berhasil diubah. Mudah, bukan?

Sejauh ini, Anda telah mempelajari cara mengubah kata sandi root untuk Debian, Ubuntu, CentOS dan tutorial mengubah kata sandi untuk akun pengguna biasa.

Tips Memilih Password Linux yang Kuat

Salah satu keunggulan Linux dibandingkan dengan sistem operasi lain adalah tersedianya opsi keamanan untuk mengubah kata sandi pengguna, baik pengguna root maupun normal.

Nah, agar Linux lebih aman, pastikan untuk menerapkan tips membuat password Linux berikut ini:

1. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, karakter khusus

Saat membuat kata sandi akun Linux, gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus, seperti @p3rT1K3d#@. Trik ini membuat kata sandi Anda lebih kuat dan tidak mudah ditebak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Lihat juga:  Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Berlubang Dengan Cepat

2. Hindari menggunakan informasi pribadi sebagai kata sandi

Jangan pernah memasukkan informasi pribadi, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, atau alamat tempat tinggal sebagai kata sandi. Selain itu, hindari penggunaan kata-kata yang umum diketahui, seperti makanan, hewan peliharaan, nama artis, dll.

3. Masukkan kata sandi yang panjang

Tips lain dalam memilih password akun Linux adalah menulis password yang panjang, minimal 12 karakter. Ini mempersulit orang yang tidak berwenang untuk memasuki sistem Anda. Hal ini dikarenakan kemungkinan mereka mengalami kesalahan input pada salah satu karakter lebih besar.

4. Simpan kata sandi di tempat yang aman

Selanjutnya, rahasiakan kata sandi Linux Anda dengan tidak membagikannya kepada siapa pun, tidak peduli seberapa dekat Anda. Selain itu, Anda juga ingin menyimpan kata sandi di tempat yang aman, seperti di aplikasi pengelola kata sandi terbaik.

5. Terapkan aturan ganti password secara berkala

Hal lain yang perlu Anda lakukan sebagai administrator Linux adalah menetapkan aturan untuk mengubah kata sandi secara berkala. Kebetulan, Linux menyediakan opsi – kedaluwarsa yang dapat digunakan agar pengguna lain selalu mengganti kata sandinya dalam jangka waktu tertentu.

Lihat juga:  Cara Mengobati Bulu Babi

Misalnya, perintah berikut menggantikan kata sandi dengan opsi – kedaluwarsa untuk pengguna Yakobus:

Itu tadi trik memilih password yang aman. Tentunya masih banyak cara menjaga keamanan server VPS Linux yang bisa Anda lakukan. Mulai dari update sistem secara reguler, konfigurasi firewall, dan masih banyak lagi.

Cara Ganti Password Linux Mudah!

Pada artikel ini, saya mempraktekkan cara mengganti password Linux menggunakan perintah kata sandi. Jadi, Anda dapat menerapkan tutorial di atas untuk pengguna root dan non-root.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba panduan ini? Jika sudah, siapkan terlebih dahulu perangkat Linux, misalnya server VPS. Jika Anda belum memilikinya, Anda bisa mendapatkannya dari penyedia VPS tepercaya seperti Niagahoster.

Seperti yang terjadi, Niagahoster memiliki layanan Hosting Cloud VPS yang dilengkapi sederet fitur keren dan canggih. Sebut saja, ketersediaan 50+ sistem operasi Linux instal gratis juga akses root penuh untuk manajemen server yang mudah.

Selain itu, masih ada teknologi SSD Raid-10 untuk melindungi Anda dari risiko kehilangan data berharga. Jadi tunggu apa lagi, ayo gunakan VPS Niagahoster dan nikmati kemudahan mengelola server Linux!