Apakah Ibu Hamil Diperbolehkan Berpuasa Selama Trimester 1-3? Simak Penjelasannya Disini

Halo Arbo Web, saat ini masih banyak perdebatan tentang apakah ibu hamil boleh berpuasa di trimester 1-3. Beberapa orang masih mengatakan bahwa berpuasa dapat meningkatkan pertumbuhan janin, tetapi banyak juga yang mengkhawatirkan dampak buruknya pada kesehatan ibu dan janin. Mari kita lihat penjelasan tentang keamanan berpuasa bagi ibu hamil di segmen ini.

Bulan Ramadhan telah tiba. Tidak sedikit yang bertanya-tanya: Bisakah ibu hamil berpuasa pada trimester pertama, kedua atau ketiga?

Selama kehamilan, tubuh mengalami perubahan dari kesehatan fisik dan mental.

Tentu saja, perubahan ini akan lebih terasa mendekati trimester ketiga atau tanggal persalinan.

Salah satu hal yang paling mempengaruhi aktivitas ibu hamil adalah perubahan nafsu makan.

Lantas, menurut syariat Islam, bolehkah ibu hamil berpuasa saat memasuki bulan Ramadhan? Yuk, simak jawabannya, Bu!

Bisakah ibu hamil berpuasa?

Wanita hamil dengan kesehatan normal dan tanpa gangguan diizinkan untuk berpuasa.

Dalam Islam, hukum puasa bagi ibu hamil sama dengan bagi ibu yang tidak hamil.

Namun, kewajiban berpuasa bagi ibu hamil tidak ditegakkan jika hal ini membahayakan diri sendiri atau janin yang dikandung.

Dengan demikian, Bisakah ibu hamil berpuasa? Jawabannya adalah diperbolehkan, tetapi berbuka puasa diperbolehkan jika Anda merasa tidak mampu.

Ibu hamil sebaiknya tidak berpuasa jika memiliki kondisi tertentu.

Jika seorang ibu hamil ingin berpuasa, ia harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan masing-masing.

Lihat juga:  Cara Cepat Mengobati Gusi Bengkak

Selain itu, dari sisi medis, sebenarnya ada beberapa pedoman terkait puasa selama kehamilan setiap trimester.

Hal ini karena puasa yang dilakukan selama kehamilan memenuhi kebutuhan gizi anak kecil dalam kandungan.

Aturan puasa selama kehamilan 1, 2 dan 3

Ketika Anda tahu jawabannya, seorang ibu hamil bisa berpuasa, dan juga mengenali aturan puasa setiap semester.

Trimester pertama hingga ketiga kehamilan adalah momen penting untuk dikenali.

Hal ini disebabkan oleh adanya aturan untuk berpuasa ibu hamil juga perlu dilihat dari masa kehamilan.

Di bawah ini adalah penjelasan apakah seorang ibu hamil dapat berpuasa dari trimester pertama hingga trimester ketiga.

1. Trimester pertama kehamilan

BMC Pregnancy and Childbirth menjelaskan bahwa ibu hamil disarankan untuk tidak menjalani puasa pada trimester pertama.

Puasa pada awal kehamilan diketahui merupakan masa rentan bagi janin dan ibu hamil di masa depan.

Seringkali, dalam masa kehamilan ini, banyak wanita tidak menyadari bahwa mereka masih muda dan hamil.

Oleh karena itu, dapat mempengaruhi kondisi kesehatan dan meningkatkan risiko janin kekurangan nutrisi.

Tak hanya itu, ibu hamil yang berpuasa pada trimester pertama dikaitkan dengan penurunan berat badan janin.

Jika hal ini dialami saat trimester pertama, ibu hamil perlu menambah berat badan janin agar bisa mencapai angka ideal.

Jika dibiarkan, janin akan berkesempatan mengalami pertumbuhan terhambat nantinya saat lahir.

Bayi stunting dapat mengganggu tumbuh kembang bahkan mempengaruhi tinggi badan anak kecil.

2. Kehamilan terlambat

Bolehkah ibu hamil berpuasa di akhir kehamilan? Puasa di akhir kehamilan agak berbeda dari sebelumnya.

Kehamilan terlambat adalah ketika usia kehamilan mencapai 14-27 minggu.

Lihat juga:  Cara Mengobati Bintik Merah Pada Leher Bayi

Selama usia kehamilan ini, beberapa ibu hamil mungkin mengalami berbagai perubahan, antara lain:

  • Pembesaran perut dan payudara
  • Timbulnya Alami Kontraksi Braxton Hicks
  • Perubahan kulit atau stretch mark
  • Keputihan selama kehamilan
  • Mudah kram kaki
  • Sakit kepala dan migrain

Diketahui bahwa puasa pada akhir kehamilan merupakan tahapan yang sangat tepat untuk kesehatan.

Selama trimester kedua kehamilan, perubahan pada tubuh wanita hamil mulai terbiasa. Tubuh telah memasuki tahap adaptasi yang cukup matang.

Bahkan perkembangan janin pada masa kehamilan ini cukup aman untuk berpuasa.

Menariknya, puasa pada trimester kedua dapat mengurangi risiko diabetes gestasional.

Jika Anda hidup dengan pedoman yang tepat, puasa selama kehamilan dapat mencegah kenaikan berat badan berlebih.

3. Trimester ketiga kehamilan

Lantas apakah ibu hamil bisa berpuasa ketika usia kehamilan mendekati akhir kehamilan atau persalinan?

Trimester ketiga adalah ketika usia kehamilan antara 28 dan 40 minggu.

Ini berarti bahwa ketika usia kehamilan mencapai 37 minggu atau lebih, ia mendekati perkiraan tanggal lahir (HPL).

Puasa pada trimester ketiga kehamilan masih diperbolehkan untuk hidup seharian.

Irian Journal of Pediatrics menjelaskan, puasa di bulan Ramadhan tidak mempengaruhi berat badan, tinggi badan atau lingkar kepala bayi saat lahir.

Studi ini tidak menunjukkan pertumbuhan janin yang lambat karena puasa.

Tetapi jika seorang wanita hamil merasa lemah atau pusing dengan perut kosong, itu harus dihentikan.

Hal ini dikarenakan kehamilan yang terlambat merupakan salah satu risiko besar bagi ibu hamil yang terkena anemia defisiensi besi.

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko bayi terkena anemia bahkan setelah lahir.

Lantas, apakah ibu hamil bisa masuk di awal trimester kedua?

Jika ingin melanjutkan puasa, pastikan perkembangan janin pada trimester kedua aman dan tidak ada tanda-tanda anemia.

Lihat juga:  Cara Alami Obati Asam Lambung

Panduan Puasa Selama Kehamilan

Seperti yang telah diketahui selama beberapa waktu, deskripsi apakah seorang wanita hamil dapat berpuasa, trimester kedua adalah yang paling tepat dalam hal kesehatan.

Namun, hal ini juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat selama berpuasa.

Berikut beberapa panduan dan tips berpuasa selama kehamilan:

1. Memenuhi kebutuhan kalori

Jangan memperhatikan asupan kalori saat berpuasa selama kehamilan.

Selama ibu hamil mampu memenuhi asupan nutrisinya dengan menyesuaikan menu fajar dan berbuka puasa, puasa diperbolehkan.

“Pada prinsipnya, puasa tidak sama dengan makan untuk mengurangi pola makan,” jelas Dr. Riyana Kadarsari dari Sp.OG, dokter spesialis kebidanan-kandungan RSIA Bina Medika.

Memang, kebutuhan energi pada akhir kehamilan meningkat menjadi 340 kkal/hari.

Oleh karena itu, berikan preferensi untuk makan makanan berkalori tinggi untuk pasokan energi selama kehamilan.

2. Prioritaskan menu sahur sehat

Tidak perlu khawatir ibu, jawaban apakah seorang ibu hamil berpuasa tidak berbahaya bagi kesehatan janin.

American Academy of Nutrition juga menjelaskan bahwa hal ini tidak mempengaruhi perkembangan janin, asalkan aturannya dipatuhi.

Tentu saja, puasa antara trimester pertama dan ketiga kehamilan harus memperhitungkan asupan menu sahur.

Seperti halnya diet kehamilan seimbang, pilihlah berbagai makanan sehat.

  • Berbagai kacang
  • Oat atau gandum utuh
  • Pasta atau makanan tinggi karbohidrat
  • Sumber protein hewani dan nabati

Perhatikan juga porsi makanan yang benar, jangan berlebihan saat awal kehamilan.

3. Meningkatkan cairan tubuh

Sama seperti orang normal, puasa selama kehamilan membutuhkan perhatian pada asupan cairan selama setiap trimester.

Untuk mengurangi risiko dehidrasi, pastikan untuk minum banyak cairan di antara sahur dan berbuka puasa.

Bolehkah ibu hamil berpuasa di trimester pertama? Menurut para ahli, ada risiko bahwa janin secara alami akan kekurangan cairan dan nutrisi yang menyebabkan dehidrasi.

Lihat juga:  Cara Mengobati Iritasi Pada Vagina

Untuk mencegah hal ini terjadi, ibu hamil harus memperhatikan asupan cairan setiap hari.

Secara umum, wanita hamil harus minum setidaknya 8 gelas air sehari. Saat menyusui, ini harus ditingkatkan menjadi 13 gelas per hari.

Cairan yang diisi mendukung proses puasa sepanjang hari dan memungkinkan Anda untuk hidup dengan aman.

4. Hindari makanan tertentu

Tak hanya itu, mengutip pusat kehamilan Tommy, sebaiknya hindari asupan ini saat berpuasa.

Menu makanan yang perlu Anda hindari saat berpuasa antara trimester pertama dan ketiga kehamilan adalah sebagai berikut:

  • Karena kafein bisa membuat tubuh lebih rentan mengalami dehidrasi.
  • Makanan yang sulit dicerna.
  • Makanan asam atau berminyak yang dapat menyebabkan mulas lambung.
  • Makanan mentah dan setengah matang.

Aturan untuk ibu hamil dapat diterapkan lebih cepat bahkan untuk makanan dan minuman yang terlalu manis.

Asupan makanan seperti itu memberikan perasaan kenyang yang salah atau sementara.

5. Lakukan olahraga ringan

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat, olahraga adalah salah satu pendukungnya.

Rasanya cukup berisiko, namun kamu bisa melakukan olahraga ringan saat berpuasa. Latihan selama berpuasa yang dapat dilakukan antara lain:

  • yoga
  • Jalan cepat
  • Naik turun tangga
  • Jogging lambat

Lantas apakah ibu hamil bisa berpuasa dan kapan waktu yang ideal untuk berolahraga saat berpuasa?

Setelah Anda meluncurkan HealthXChange, waktu terbaik untuk berolahraga saat berpuasa adalah:

  • Pagi setelah matahari terbit atau pagi setelah sahur
  • Sore hari sebelum berbuka puasa
  • Sore hari setelah berbuka puasa

Namun bagi ibu hamil jangan sampai dipaksakan, cobalah berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

Lihat juga:  Cara Meluruskan Rambut Bergelombang Secara Alami Dan Permanen

6. Pertimbangkan vitamin prenatal

Bolehkah ibu hamil berpuasa di trimester pertama? Diketahui, ini adalah yang paling berbahaya bagi ibu hamil d janin.

Jika Anda masih ingin melakukan ini, pertimbangkan untuk mengonsumsi vitamin kehamilan.

Ada berbagai vitamin kehamilan untuk puasa yang bisa dikonsumsi.

Tujuan dari mengonsumsi vitamin prenatal ini adalah untuk memastikan bahwa ibu hamil dan menyusui berpuasa sehingga tubuh mereka tetap sehat dan tidak terlalu pusing.

Hindari mengonsumsi vitamin tanpa anjuran dokter kandungan, ya, Bu. Hal ini untuk mengurangi risiko efek samping yang dapat ditimbulkan.

7. Hindari sahur dengan makan berlebihan

Puasa terkadang bisa menyebabkan gangguan pencernaan, lho.

Ini terutama terjadi jika seseorang makan di sahur, dan kemudian kembali tidur.

Cobalah untuk makan makanan kecil tapi sering antara sahur dan berbuka puasa.

Hindari porsi makanan yang berlebihan, karena meningkatkan risiko sakit perut dan sembelit.

Tak hanya itu, sahur, ya, pada ibu juga hindari makanan tinggi lemak dan asin.

Oleh karena itu, pedoman yang berbeda terkait dengan apakah seorang wanita hamil dapat berpuasa adalah sampai trimester 1, 2 dan 3.

Hal ini diperbolehkan, tetapi lebih baik berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum berpuasa selama kehamilan.

Jangan memaksakan diri untuk terus berpuasa selama kehamilan, apalagi jika kesehatanmu tidak stabil, ya, Bu!

Secara umum, ibu hamil dianjurkan untuk tidak berpuasa di trimester 1-3 karena dapat mempengaruhi pertumbuhan janin dan kesehatan ibu. Namun, jika kondisi ibu dan janin dalam keadaan sehat dan dokter memberikan persetujuan, maka ibu hamil dapat berpuasa dengan cara yang tepat dan sehat. Namun, tetap perlu konsultasi dengan dokter untuk memastikan keamanan dan kesehatan ibu dan janin. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

#Bolehkah #ibu #hamil #berpuasa #trimester #Berikut #penjelasannya arbo Bolehkah ibu hamil berpuasa di trimester 1-3? Berikut penjelasannya