Apa itu HTML? Lihat Fungsi untuk Sejarah [Terlengkap]

HTML adalah bahasa markup standar untuk membuat halaman web. Bahasa ini berfungsi untuk membuat struktur website untuk mengatur format teks dan gambar pada halaman web.

Meskipun HTML bukan bahasa pemrograman, Anda harus mempelajarinya jika ingin menjadi pengembang web yang baik. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan secara lengkap apa itu HTML, fungsinya, komponennya, dan cara kerjanya.

Yuk simak pembahasannya!

Apa itu HTML?

HTML adalah bahasa markup untuk membuat halaman web. HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. Artinya, HTML menggunakan simbol (tag) tertentu yang akan diterjemahkan oleh browser ke dalam halaman web.

Dengan menggunakan tag HTML, Anda dapat membuat struktur halaman, menambahkan konten seperti teks dan gambar, serta menyediakan pemformatan dan tata letak di situs web.

Lihat juga:  Cara Mengobati Kucing Pup Berdarah Secara Alami

HTML terdiri dari kombinasi teks dan simbol yang disimpan dalam sebuah file. Untuk membuat file HTML, itu harus mengikuti format standar atau khusus. Format ini masuk standar kode internasional atau ASCII (American Standard Code for Information Interchange).

html adalah bahasa markup untuk membuat halaman web

Setelah mengetahui pengertian HTML diatas, mungkin anda penasaran dengan sejarah lahirnya HTML hingga saat ini? Untuk itu, mari kita lihat dulu sejarah HTML di bawah ini.

Sejarah HTML

Sejarah HTML pertama kali dikembangkan oleh Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan dari organisasi tersebut Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) pada tahun 1990. Awalnya, bahasa markup dibuat oleh IBM, perusahaan perangkat keras dan perangkat lunak asal Amerika Serikat

Sejarah HTML dimulai dengan Tim Berners-LeeSumber: Wikipedia

Sejak tahun 1991, Tim Berners-Lee yang juga penemunya World Wide Web (WWW)mengembangkan HTML sebagai solusi untuk memudahkan ilmuwan CERN mengakses dokumen satu sama lain.

Lihat juga:  Cara Memutihkan Gigi Dengan Cepat Dengan Bahan Alami

Barulah pada tahun 1993 bahasa merek ini resmi diluncurkan ke publik dan dikembangkan dalam beberapa versi hingga saat ini.

Hingga saat ini HTML5 merupakan versi paling update dengan sistem tercanggih. Popularitas HTML versi terbaru ini juga sangat cepat. Bahkan, saat ini ada 87,4 persen website yang sudah menggunakan HTML5.

Sejarah penggunaan HTML secara umum tidak lepas dari peran World Wide Web (WWW). WWW dan HTML adalah dua aspek yang terkait. Sebab, HTML merupakan dasar pembuatan halaman web, yang akan ditampilkan di WWW.

fungsi HTML

Fungsi HTML adalah untuk mengatur tampilan halaman web. Terutama menyusun teks seperti paragraf dan heading, untuk menambahkan link dan gambar. Berikut adalah beberapa fungsi HTML lainnya:

1. Buat Struktur Halaman Web

Fungsi utama HTML adalah membangun struktur halaman web. Mulai dari pembuatan header, footer, navigasi, hingga konten.

Lihat juga:  Cara Mengobati Gigi Cenut Cenut

Peran HTML juga menjadi fondasi halaman web. Sebab, untuk mengimplementasikan berbagai bahasa pemrograman dan bahasa lain seperti CSS dan JavaScript, website memerlukan struktur yang dibangun dari HTML.

Oleh karena itu, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa HTML adalah dasar untuk memahami bahasa pemrograman.

2. Menambahkan Konten Situs Web

Selain membuat struktur, Anda juga dapat menyertakan gambar dalam HTML dan menambahkan konten ke halaman web. Ini karena bahasa markup ini memungkinkan Anda menyisipkan ilustrasi dan video, membuat tabel HTML, dan menyisipkan media lainnya.

Contoh html untuk menyisipkan gambar

Misalnya dengan menggunakan tag

untuk menambahkan paragraf, tag untuk menyisipkan gambar.

3. Mengatur Format dan Tata Letak

Selanjutnya, HTML memungkinkan Anda memformat dan mengatur tata letak konten di halaman web. Seperti memilih ukuran dan jenis font, menentukan warna font dengan berbagai kode warna HTML, dan memperbaiki layout konten pada website.

Misalnya, untuk menandai kalimat dengan huruf tebal, gunakan kode HTML . Sedangkan untuk membuat teks miring, gunakan tag .

Lihat juga:  "Mengenal Manfaat Vitamin B15 dan Jenis Makanan yang Mengandungnya"

Dengan kode HTML yang tepat, Anda dapat membuat konten Anda terlihat menarik dan mudah dibaca.

4. Mengarahkan Pengguna ke Halaman Situs Web lain

HTML juga berfungsi untuk mengarahkan pengguna ke halaman atau situs web lain yang menggunakan tautan tertentu. Link ini bisa disematkan pada teks tertentu, alias sebagai anchor text.

Cara membuat hyperlink dengan kode HTML, yaitu menggunakan tag . Misalnya:

Peluang Bisnis Online

Dengan adanya hyperlink, pengunjung dapat dengan mudah mendapatkan informasi terkait halaman yang sedang dibaca. Anda juga dapat mengarahkan mereka ke halaman arahan tertentu..

Pelajari tentang Komponen HTML

Setelah mengetahui bagaimana sejarah dan fungsi HTML, kini Anda perlu mengetahui komponen-komponen yang terdapat pada bahasa markup ini.

Secara umum, komponen HTML terdiri dari Label, Elemen, dan Atribut.

Apa itu HTML Lihat Fungsi untuk Sejarah Terlengkap

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini:

1. Tandai

Tag adalah awalan dan akhiran dalam perintah HTML yang dibaca oleh browser web. Label dibuat menggunakan tanda kurung siku <…>di mana itu berisi nama label.

Lihat juga:  Cara Mengobati Ayam Jamuran

Setiap tag memiliki fungsi perintah yang berbeda. Dimulai dengan membuat judul, paragraf, heading, bold, italic, italic, dan lain-lain.

Misalnya: . Tag akan meminta browser untuk menampilkan teks yang diformat tebal.

Selanjutnya tag ditulis berpasangan yaitu tag pembuka dan tag penutup. Pada tag penutup, tambahkan garis miring (/) di depan nama tag.

Awalnya tag HTML hanya ada 18. Sampai sekarang sudah lebih dari 250 tag. Terlalu banyak ya. Namun, Anda tidak perlu menghafal semua tag yang ada.

Anda hanya perlu mengingat beberapa contoh HTML untuk pemula di bawah ini:

  • untuk mulai membuat halaman HTML yang mencakup semua konten dan elemen.
  • untuk membuat laman HTML yang mencakup bagaimana deskripsi muncul di hasil penelusuran Google, gaya konten (CSS), dan lainnya.