Dedicated IP: Definisi dan Keuntungan

Dedicated IP adalah alamat IP yang digunakan khusus untuk satu domain atau satu perangkat saja. Artinya, tidak ada domain dan perangkat lain yang dapat menggunakan alamat IP yang sama, sehingga perlindungan dan performa layanan terjamin.

Jika Anda ingin membangun Website dengan tingkat keamanan yang tinggi, seperti situs e-commerce atau Website perusahaan yang menyimpan berbagai data sensitif, maka dedicated IP adalah pilihan yang tepat.

Berbeda dengan IP address pada umumnya atau yang dikenal dengan shared IP, IP dedicated memiliki banyak keunggulan. Mari kenali jenis alamat IP khusus ini lebih dalam!

Apa itu Alamat IP Khusus?

IP khusus adalah alamat IP unik yang hanya digunakan oleh satu domain atau perangkat. Alamat IP ini berguna untuk Website atau perusahaan yang membutuhkan keamanan tinggi, karena hanya Anda yang bisa mengaksesnya.

Lihat juga:  Cara Mengobati Gusi Geraham Bengkak

IP Khusus vs IP Bersama

Karena perlindungan lebih terjamin, protokol internet khusus yang biasa digunakan pada jaringan perusahaan, VPN, dan layanan email. Alamat IP khusus memudahkan Anda dan orang-orang tertentu untuk mengakses sumber daya atau aset perusahaan yang sensitif.

Sampai di sini mungkin Anda bingung, apa bedanya shared IP address dengan dedicated IP address? Mari temukan jawabannya di bawah ini.

Perbedaan antara Shared IP dan Dedicated IP

Sebuah IP bersama adalah alamat yang digunakan oleh beberapa nama domain dalam satu server. Sementara itu IP khusus adalah hanya digunakan oleh satu nama domain.

Biasanya shared IP disediakan oleh shared hosting dan harganya lebih terjangkau. Untuk IP dedicated umumnya tersedia di layanan VPS dengan harga lebih mahal.

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat dampak perbedaan antara shared IP address dan dedicated IP hosting!

1. Keamanan

Dari sudut pandang keamanan, IP khusus lebih aman. Sebab, alamat IP tersebut hanya digunakan oleh satu Website dan satu perangkat saja. Artinya, Anda dapat mengelola akses ke perangkat atau layanan yang Anda gunakan sendiri.

Lihat juga:  Cara Mengobati Batuk Anak Secara Alami

Dengan IP khusus, situs web juga terhindar dari daftar hitam IP yang umum terjadi pada IP bersama. Sehingga email atau apapun yang Anda kirimkan dapat diterima dengan baik oleh calon penerima.

kamu akan belajar Cara Daftar Putih Alamat IP

2. Kinerja

Secara umum, IP khusus memberikan kinerja yang lebih baik. Ini karena kinerja IP khusus tidak terpengaruh oleh situs web lain. Berada di IP bersama, kinerja satu situs web dapat memengaruhi situs web lain yang berada di server yang sama.

3.SEO

Meski masih belum ada informasi resmi bahwa IP berdampak pada optimasi mesin pencari, namun penggunaan alamat IP tetap berdampak tidak langsung. Terutama dalam hal kecepatan akses dan reputasi Website.

Seperti yang Anda ketahui, IP khusus adalah default dari hosting VPS dan IP bersama adalah default dari hosting bersama. Karena situs web dengan IP khusus tidak berbagi server web bersama, kecepatan akses cenderung lebih cepat.

Di sisi lain, reputasi Website dengan IP dedicated juga lebih terjamin karena tidak terpengaruh oleh situs lain.

Lihat juga:  Cara Mengobati Dubur Sakit

kamu akan belajar Apa itu VPS

Jadi, itulah perbedaan antara alamat IP bersama dan alamat IP khusus. Sekarang, mari kita lihat keuntungan dari alamat IP khusus!

Keuntungan dari IP Khusus

Berikut adalah keuntungan dari alamat IP khusus:

1. Mempermudah Akses ke Website

Alamat IP khusus memungkinkan akses ke situs web tanpa menggunakan domain. Mungkin, Anda bertanya-tanya mengapa ini bisa disebut keuntungan. Jika Anda sudah memiliki nama domain, mengapa Anda harus mengakses situs web melalui alamat IP?

Bahkan, ada situasi di mana Anda terpaksa mengakses sebuah Website menggunakan alamat IP. Salah satunya adalah saat domain Anda masih dalam proses propagasi atau koneksi ke sebuah Website.

Jika alamat IP Anda digunakan oleh beberapa Website sekaligus, tentunya hal ini tidak bisa dilakukan.

2. Lebih Bebas Mengelola Server

IP khusus memberikan fleksibilitas dalam penggunaan jaringan.

Misalnya, game online biasanya menggunakan server VPS dengan IP khusus untuk kinerja yang lebih baik. Sehingga kinerja layanan tidak terganggu meskipun trafik tinggi.

Lihat juga:  Cara Mengobati Anyang Anyangan Terus Menerus

Selain itu, IP khusus juga memungkinkan Anda mengelola file situs web melalui FTP dan berbagi file dengan mudah.

3. Pertahankan Reputasi Alamat Email

Alamat IP khusus dapat meningkatkan reputasi alamat email situs web. Karena alamat IP hanya digunakan oleh satu domain atau Website, maka lebih mudah bagi Anda untuk mengontrol pengiriman email

Ini mencegah Anda dari risiko email dianggap spam oleh penerima. Berbeda dengan shared IP yang lebih rentan diblokir. Sebab, jika ada Website atau domain yang suka mengirimkan email spam, maka IP-nya bisa di-blacklist dan situs lain juga bisa terkena dampaknya.

4. Aktifkan Instalasi Sertifikat SSL

Salah satu cara untuk mengamankan situs web adalah dengan memasang sertifikat SSL. SSL adalah komponen yang mengenkripsi pertukaran data di dalam situs, sehingga informasi tersebut tidak bocor ke pihak lain.

Di masa lalu Anda harus memiliki alamat IP khusus untuk menggunakan sertifikat SSL. Namun, kini SSL dapat dipasang di beberapa situs web dengan alamat IP yang sama berkat SNI atau identifikasi nama server.

Lihat juga:  Cara Membuat Mata Besar Secara Alami

Namun, ada atau tidaknya teknologi SNI tergantung dari penyedia layanan hosting dan jenis web hosting yang ditawarkan. Selain itu, beberapa penyedia sertifikat SSL masih mengharuskan Anda memiliki IP khusus.

Tingkatkan Kinerja Situs Web dengan IP Khusus!

IP khusus adalah alamat IP khusus yang hanya digunakan untuk satu situs web atau perangkat. Penggunaannya cocok untuk situs e-commerce, toko online, Website keuangan, dan situs perusahaan yang membutuhkan berbagai data sensitif dan trafik yang tinggi.

Biasanya, alamat IP khusus hanya ditawarkan pada layanan hosting berkinerja tinggi seperti VPS. Walaupun harganya lebih mahal, IP address jenis ini memiliki beberapa kelebihan dibanding menggunakan shared IP.

Keuntungan dari alamat IP khusus meliputi: memudahkan pengguna untuk mengakses situs web bahkan tanpa domain, memberikan lebih banyak kebebasan dalam mengelola server, menjaga reputasi alamat email, dan menghindari masalah yang terjadi dengan IP bersama.

Jadi, Anda tidak ragu untuk meningkatkan kinerja situs web dengan IP khusus, bukan? Untungnya Niagahoster menyediakan VPS murah dengan web server terbaik, jadi bisa dapatkan dedicated IP dan hosting berkualitas mulai dari Rp 104.000/bulan.

Ayo dapatkan VPS Anda sekarang!