Temukan 15+ Kursus Digital Marketing Terbaik dan Termurah di Sini!

Memahami digital marketing merupakan salah satu skill yang sangat direkomendasikan kalau Anda mencari peluang karier menjanjikan saat ini. Sebab, di tengah ramainya industri teknologi masa kini, digital marketing adalah kebutuhan wajib hampir semua bisnis di sektor ini.

Namun yang perlu diingat, bidang ini terus berkembang dan menuntut pembelajaran tanpa henti. Karena itulah, Anda harus selalu mengikuti tren dan pelatihan digital marketing terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Sayangnya tidak semua kursus digital marketing tepat untuk Anda ikuti. Tapi tak usah khawatir. Kami akan memberi tahu berbagai rekomendasi kursus digital marketing terbaik. Mari temukan pelatihan digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

16 Kursus Digital Marketing Terbaik Sesuai Kebutuhan Anda

Ini dia berbagai kursus digital marketing terbaik untuk Anda:

1. Niagahoster Course

  • Biaya: Rp0 (Gratis)
  • Paling cocok untuk: pemula dan menengah
  • Kelebihan: materi disajikan dengan ringan dan durasi yang singkat
  • Kekurangan: platform tergolong baru sehingga variasi topik masih terbatas

Kalau Anda mau cari tempat kursus gratis dan pengajarnya orang Indonesia semua, coba deh tengok Niagahoster Course. Sesuai namanya, platform belajar online ini memang dikembangkan oleh Niagahoster.

Apa saja sih kemudahan mengikuti kursus digital marketing di Niagahoster Course?

Pertama, materi digital marketing di Niagahoster Course itu beragam dan dikemas secara ringan. Durasinya pun tidak terlalu lama, sekitar 30 menit hingga 2 jam. Jadi bagi pemula, materi digital marketing cukup mudah dipahami dan tidak menguras waktu.

Selain itu, Anda juga dapat memantau progress belajar. Meski Anda berhenti di pertengahan materi pun, progress tetap tersimpan. Fitur ini memungkinkan Anda mengawasi progress belajar dari waktu ke waktu. Hal ini tentu bagus untuk mengukur produktivitas belajar Anda.

Beberapa materi digital marketing yang tersedia yaitu WordPress Basics, membuat toko online dengan WooCommerce, beriklan dengan Facebook Ads, belajar SEO untuk pemula, dan banyak lagi.

2. Udemy

Ada 10000 hasil kursus digital marketing di Udemy

  • Biaya: Rp0 (Gratis) – sekitar Rp250.000
  • Paling cocok untuk: pemula dan menengah
  • Kelebihan: materi bervariasi, harga terjangkau bahkan gratis
  • Kekurangan: kualitas kursus berbeda-beda karena dibuat oleh ahli dengan tingkat pengalaman bervariasi
Lihat juga:  Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Untuk Anak Umur 12 Tahun

Udemy adalah platform e-learning yang cukup populer. Salah satu bidang materi yang menarik banyak peminat, tak lain adalah kursus digital marketing. Buktinya, ribuan peserta sudah mengikuti kelas digital marketing dari Udemy.

Tak hanya untuk pemula, Udemy juga menyediakan kursus pemasaran digital untuk tingkat menengah dan ahli. Topik yang ditawarkan mulai dari SEO, affiliate marketing, social media marketing, Google Ads, dan banyak lagi.

Anda juga bisa memfilter kelas berdasarkan durasi yang diinginkan, mulai dari satu jam hingga lebih dari 17 jam yang mungkin bisa Anda ikuti secara harian.

3. Coursera

Coursera menyediakan sekitar 667 kursus digital marketing

  • Biaya: Rp0 (Gratis) – sekitar Rp200.000
  • Paling cocok untuk: pemula hingga ahli
  • Kelebihan: menyediakan kursus dengan berbagai jenis sertifikat profesional
  • Kekurangan: keterbatasan fleksibilitas, seperti ada tenggat waktu penyelesaian kursus  dan jadwal kelas yang ketat

Mirip seperti Udemy, Coursera juga menyediakan berbagai kursus digital marketing berdasarkan tingkat pemahaman hingga durasi pembelajaran. 

Meski di Coursera jumlah kelas digital marketing lebih terbatas, tersedia berbagai jenis produk pembelajaran untuk mendapatkan sertifikat profesional, sertifikat kelulusan, sertifikat universitas, dan banyak lagi.

Artinya, Coursera cocok bagi Anda yang ingin mengejar pengalaman sebagai digital marketing specialist profesional di perusahaan tertentu. Sebab, Anda bisa mendapatkan kursus digital marketing bersertifikat, yang tentunya menambah kredibilitas Anda di mata perusahaan.

4. Purwadhika

Program Purwadhika untuk pelatihan digital marketing terdiri dari job connector bootcamp digital marketing, SEO, dan banyak lagi - dengan pilihan metode belajar on campus dan online

  • Biaya: Sekitar Rp1,2 juta
  • Paling cocok untuk: pemula hingga ahli 
  • Kelebihan: kursus komprehensif dan metode pembelajaran interaktif
  • Kekurangan: biaya kursus cukup mahal

Melihat namanya saja, mungkin Anda bisa menebak platform kursus digital marketing ini berasal dari Indonesia. Tepat sekali, Purwadhika adalah lembaga pendidikan yang mengadakan training seputar teknologi digital.

Uniknya, Purwadhika menawarkan beberapa metode belajar untuk materi digital marketing, yaitu on campus dan online. Artinya, Anda bisa belajar digital marketing secara offline di kampus rekanan Purwadhika, maupun lewat kelas online. 

Program yang disediakan pun juga macam-macam. Mulai dari search engine optimization, digital marketing ads, social media organic, dsb. Menariknya, seluruh program ini dirancang secara intensif untuk membantu Anda menjadi digital marketing specialist profesional.

5. Google Digital Garage

Salah satu kategori course di Google Digital Garage yaitu Digital Marketing

  • Biaya: Rp0 (Gratis)
  • Paling cocok untuk: pemula
  • Kelebihan: materi digital marketing cocok untuk belajar mengembangkan bisnis secara internasional
  • Kekurangan: jumlah dan variasi kursus terbatas dan kurang mendalam
Lihat juga:  Cara Memperbaiki Fungsi Ginjal Secara Alami

Google Digital Garage adalah platform belajar online dari Google. Tujuan program ini yaitu untuk membantu para pelajar, pemilik bisnis, dan perusahaan mengembangkan keterampilan digital dan teknik pemasaran mereka.

Tak heran, materi kursus digital marketing Google Digital Garage berfokus terhadap wawasan yang bisa Anda praktikkan langsung ke bisnis. Misalnya, pemasaran digital, mempromosikan bisnis lewat ads dan konten, dan banyak lagi.

Meskipun Anda bisa mengikuti kelasnya secara gratis, Google Digital Garage tetap menyediakan sertifikat bagi Anda yang berhasil menyelesaikan course.

6. Google Analytics Academy

homepage Google Analytics Academy

  • Biaya: Rp0 (Gratis)
  • Paling cocok untuk: pemula hingga ahli
  • Kelebihan: membahas Google Analytics secara lengkap dan mendalam
  • Kekurangan: topik hanya fokus ke Google Analytics

Google Analytics Academy adalah tempat di mana Anda bisa mempelajari A-Z tentang Google Analytics. Mulai dari pengetahuan untuk pemula, menengah, hingga yang sudah ahli.

Kenapa sih pelatihan digital marketing perlu dibarengi pemahaman Google Analytics?

Digital marketing erat kaitannya dengan Google Analytics. Dengan memahami cara menggunakan Google Analytics, Anda bisa mengukur tingkat keberhasilan digital marketing dan menggunakan data untuk meningkatkan penjualan online yang lebih efektif.

Di Google Analytics Academy, Anda bisa mempelajari semua itu dengan gratis. Kabar gembiranya lagi, Anda bisa mendapatkan Google Analytics certification setelah menyelesaikan course.

7. Google SkillShop

Halaman Telusuri pada website Google Skillshop

  • Biaya: Rp0 (Gratis)
  • Paling cocok untuk: pemula dan menengah
  • Kelebihan: platform belajar digital marketing resmi dari Google dengan berbagai kursus dan sertifikasi gratis
  • Kekurangan: kursus terbatas untuk produk Google saja

Satu lagi tempat pelatihan digital marketing dari Google, yaitu Google SkillShop. Lain dengan Google Analytics Academy, Google SkillShop menyediakan pilihan kelas dengan topik lebih luas terkait produk Google, yaitu: YouTube, Google Ads, Google Analytics, dan banyak lagi.

Seluruh pelatihan digital marketing ini bisa Anda akses secara gratis dan di akhir Anda juga mendapatkan sertifikat.

8. Facebook Blueprint

homepage Facebook Blueprint

  • Biaya: Rp0 (Gratis)
  • Paling cocok untuk: menengah dan ahli
  • Kelebihan: materi kursus sederhana dan memiliki visual menarik
  • Kekurangan: materi fokus pada produk Meta sehingga tidak terlalu menjelaskan topik digital marketing seperti SEO dan content marketing

Lain dari berbagai platform kursus digital marketing yang sudah Anda ketahui di atas, Facebook Blueprint lebih fokus ke penggunaan Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp.

Lihat juga:  Cara Memutihkan Gigi Yang Kuning Dengan Cepat Dan Alami

Tujuan adanya Facebook Blueprint adalah agar orang-orang memiliki pemahaman mendalam tentang berbagai channel marketing milik Meta ini, dan mampu mengoptimalkannya untuk bisnis.

Materi kursus pun didesain dengan praktis, yaitu lewat konten teks sederhana dan gambar yang menarik untuk memperkuat penjelasan.

9. HubSpot Academy

Kategori Digital Marketing pada website HubSpot Academy

  • Biaya: Rp0 (Gratis)
  • Paling cocok untuk: pemula hingga ahli
  • Kelebihan: pelatihan digital marketing berkualitas tinggi dan semuanya gratis
  • Kekurangan: tidak semua materi bisa diterapkan

HubSpot Academy adalah platform yang cukup populer untuk kursus digital marketing. Terutama untuk membangun pondasi pemahaman mengenai digital marketing.

Di HubSpot Academy, tersedia berbagai materi digital marketing dasar seperti digital marketing fundamentals, email marketing, social media marketing, inbound marketing, dan banyak lagi.

Di mata internasional, HubSpot Academy juga cukup terkenal. Karena itulah, sertifikat dari kursus digital marketing di HubSpot diakui berbagai industri, sehingga mampu menunjukkan pengetahuan dan keterampilan Anda dengan baik.

10. SEMrush Academy

Course Catalog digital marketing SEMRush Academy

  • Biaya: Rp0 (Gratis)
  • Paling cocok untuk: pemula dan menengah
  • Kelebihan: materi berkualitas tinggi dan didesain dengan visual yang menarik
  • Kekurangan: materi fokus ke teori sehingga tidak semua materi bisa diterapkan

Kalau Anda mencari platform gratis yang fokus untuk kursus digital marketing online, SEMrush Academy salah satunya. Secara spesifik, SEMrush memberikan kursus SEO, content marketing, marketing career, social media, sales, dan PPC.

Diajarkan langsung oleh berbagai pakar di bidang digital marketing, SEMrush cocok bagi Anda yang ingin mengetahui praktik nyata pemasaran digital. 

Bagusnya lagi, SEMrush juga menyediakan transkrip bahasa Inggris di setiap video pembelajarannya. Dengan begitu, Anda bisa mengikuti kursus dengan lebih mudah.

Oh ya, sertifikat SEMrush Academy juga diakui oleh berbagai perusahaan internasional, lho. Jadi jika Anda mau melamar sebagai digital marketing specialist atau semacamnya, sertifikat dari SEMrush bisa menambah nilai jual Anda.

11. Skillshare

kategori digital marketing pada website Skillshare

  • Biaya: Sekitar Rp30.000
  • Paling cocok untuk: pemula hingga ahli
  • Kelebihan: metode pembelajaran variatif dengan biaya terjangkau
  • Kekurangan: kursus kurang terstruktur sehingga urutan pembelajaran agak membingungkan, serta materi kurang mendalam

Kalau Anda mencari kursus digital marketing dengan biaya termurah, Skillshare adalah salah satunya. Setelah berlangganan, Anda bisa mengakses seluruh kursus dalam platform ini tanpa batasan.

Lihat juga:  Kisah Sukses Dealer Yamaha di Indonesia: Tips dan Trik untuk Meningkatkan Penjualan

Di Skillshare, ada sekitar 800 materi digital marketing course yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Materinya sendiri dibuat oleh Skillshare dan pengajar eksternal yang sudah dikurasi oleh staff Skillshare.

12. LinkedIn Learning

Course digital marketing pada LinkedIn Learning

  • Biaya: Sekitar Rp500.000
  • Paling cocok untuk: pemula hingga ahli
  • Kelebihan: materi dan visual konten berkualitas tinggi
  • Kekurangan: beberapa kursus kurang up-to-date dan tidak fokus membahas topik digital marketing secara mendalam

Siapa yang tidak kenal LinkedIn? Yap, media sosial yang dirancang untuk profesional ini memiliki platform belajar online bernama LinkedIn Learning. 

Kelebihan platform ini dibandingkan tempat pelatihan digital marketing lainnya adalah kontennya yang berkualitas tinggi. Tidak hanya isinya saja, tetapi juga visualnya. 

Selain diajar oleh pakar digital marketing, program buatan LinkedIn ini memberikan format media visual yang variatif, mulai dari infografis hingga animasi. Jadi, Anda akan merasakan pengalaman kursus digital marketing online yang mudah dipahami dan tidak membosankan.

Untuk mengakses platform ini, Anda bisa membukanya lewat akun LinkedIn masing-masing. Oh ya, Anda juga bisa mendaftarkan kelas untuk karyawan perusahaan juga, lho.

13. Moz Academy

Kategori digital marketing pada MOZ Academy

  • Biaya: Rp0 (Gratis) – sekitar Rp9 juta
  • Paling cocok untuk: pemula hingga ahli
  • Kelebihan: kurikulum terstruktur dan metode pembelajaran fleksibel
  • Kekurangan: kursus gratis terbatas dan biaya langganan cukup mahal

Mau menarik pelanggan ke toko online maupun website bisnis Anda? Mulailah mengasah skill search engine optimization Anda, salah satunya lewat Moz Academy. 

Moz Academy fokus memberikan pelatihan digital marketing untuk topik SEO. Baik keyword research, local seo, technical seo, dan banyak lagi. Anda juga bisa mengikuti pelatihan SEO online gratis lewat course 30 Days of SEO.

Singkat kata, Moz Academy cocok bagi Anda yang ingin mengembangkan skill teknis dalam bidang SEO.

1677728847 17 Temukan 15 Kursus Digital Marketing Terbaik dan Termurah di Sini

14. Hootsuite Academy

Homepage Hootsuite Academy

  • Biaya: Rp0 (Gratis) – sekitar Rp15 juta
  • Paling cocok untuk: pemula hingga ahli
  • Kelebihan: kurikulum pembelajaran terstruktur dan materi mendalam
  • Kekurangan: materi hanya fokus ke social media marketing dan biaya cukup mahal

Lebih spesifik daripada SEMrush Academy, Hootsuite Academy menyediakan pelatihan digital marketing khusus untuk social media marketing, seperti social selling, social marketing, hingga advanced social advertising.

Melalui berbagai course tersebut, Anda dapat meningkatkan kemampuan memanfaatkan media sosial untuk kepentingan perusahaan dan bisnis.

Jika Anda ingin memasuki dunia kerja sebagai social media specialist hingga social media manager, pertimbangkanlah platform belajar online ini.

Lihat juga:  Menjalankan Kampanye Adword yang Efektif untuk Bisnis Kecil

15. Digital Marketer

Homepage Digital Marketer

  • Biaya: Sekitar Rp15 juta
  • Paling cocok untuk: menengah dan ahli
  • Kelebihan: kursus fokus pada strategi pemasaran digital yang praktis dan relevan dengan industri, serta tersedia studi kasus
  • Kekurangan: biaya cukup mahal

Dari sisi biaya, Digital Marketer memang relatif lebih mahal dibandingkan platform kursus digital marketing lainnya. Alasannya, materi kursus di sini memang ditujukan untuk kalangan profesional atau perusahaan. Mulai dari entrepreneur, pemilik bisnis, hingga agensi.

Materi pelatihan yang Digital Marketer tawarkan yaitu content marketing, email marketing, copywriting, search  engine marketing, dan banyak lagi.

16. Simplilearn

kategori digital marketing pada Simplilearn

  • Biaya: Rp0 (Gratis) – sekitar Rp30 juta
  • Paling cocok untuk: pemula hingga ahli
  • Kelebihan: menyediakan kurikulum yang komprehensif dan metode pembelajaran beragam
  • Kekurangan: biaya langganan cukup mahal

Apakah Anda ingin menekuni bidang digital marketing dan mendapatkan sertifikasi online dari berbagai program universitas hingga master? Simplilearn mungkin platform belajar digital marketing yang cocok.

Program kursus pada Simplilearn mengajak Anda memahami dunia digital marketing melalui pengalaman praktik. Misalnya, melalui project real sehingga nantinya Anda siap untuk bekerja di perusahaan tertentu.

Sebagian besar kursus digital marketing di Simplilearn memang berbayar, tapi Anda bisa kok mencari yang gratisan. Sebab, Simplilearn juga menyediakan platform SkillUp. Di SkillUp by Simplilearn, Anda bisa belajar digital marketing secara gratis dan mendapatkan sertifikat.

Asah Skill Pemasaran dengan Kursus Digital Marketing Terbaik!

Sekarang, Anda sudah tahu apa saja kursus digital marketing terbaik yang sesuai kebutuhan Anda. Mulai dari yang termurah hingga termahal, jenis-jenis materi yang tersedia, hingga kursus digital marketing dengan bahasa Indonesia.

Jika disaring kembali, kalau Anda membutuhkan kursus digital marketing gratis dengan materi berkualitas, silakan coba platform online berikut:

  1. Niagahoster Course 
  2. Google Digital Garage
  3. Google SkillShop
  4. HubSpot Academy
  5. SEMrush Academy

Nah, agar proses pelatihan digital marketing Anda makin berkualitas, jangan lupa miliki website juga. Karena, website membantu Anda untuk:

  • Mengikuti kursus digital marketing sambil praktik.
  • Belajar menerapkan teknik SEO secara langsung.
  • Memiliki akses ke analytics website dan menggunakan tools-nya.
  • Sebagai portfolio sebagai digital marketing specialist profesional.
  • Memudahkan melakukan studi kasus lewat penggunaan website.

Apakah Anda ragu karena biaya membuat website itu mahal? Nggak usah khawatir. Niagahoster menyediakan berbagai Hosting murah terbaik untuk kebutuhan belajar Anda. Mulai dari Rp9 ribuan/bulan, Anda sudah bisa mendapatkan hosting untuk praktik digital marketing.

Yuk buat website Anda sekarang!