Kenali Jerawat PIE dan PIH serta Cara Mengatasinya

Arbo.web.id -PIE adalah singkatan dari Post-inflammatory Erythema atau bekas jerawat yang disebabkan oleh pelebaran dan kerusakan pembuluh darah selama fase inflamasi. Hal ini membuat munculnya bercak kemerahan atau merah muda pada kulit. Bekas jerawat PIE biasanya berwarna kemerahan, pink atau ungu.

Sedangkan PIH merujuk pada Hiperpigmentasi Post Inflamasi. PIH sendiri terjadi akibat produksi melanin yang berlebihan pada epidermis menyusul peradangan kulit. Kulit akan menggelap pada kulit setelah jerawat hilang.

Jerawat sebelumnya berasal dari komedo dan berkembang menjadi pustula atau jerawat yang berisi nanah. Pustula ini akhirnya pecah dan mengakibatkan bekas jerawat atau bekas jerawat. Bekas jerawat yang kemerahan atau menghitam pasti sangat mengganggu. Bekas jerawat PIE terjadi akibat memencet jerawat, penggunaan skin care dengan dosis terlalu tinggi, dan paparan sinar matahari, sedangkan bekas jerawat PIH disebabkan oleh peradangan jerawat, paparan sinar matahari, dan kelebihan melanin kulit.

Lihat juga:  Presiden Erdoğan menyetujui ratifikasi keanggotaan NATO, Presiden Niinisto: Penting bagi rakyat Finlandia

Jika Anda bermasalah dengan bekas jerawat, berikut cara merawat PIE dan PIH pada kulit wajah, melansir HighEnd, Kamis 2 Maret.

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIE

  • Hindari gesekan yang terlalu keras pada kulit
  • Pengurangan perawatan kulit dengan kemungkinan iritasi yang tinggi
  • Mengurangi penumpahan yang berlebihan
  • Hindari menggunakan perawatan kulit
  • Menggunakan skin care yang mengandung panthenol, ceramide, mugwort, centella asiatica, niacinamide, hyacross, green tea, dan azeclair

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIH

  • Secara teratur gunakan tabir surya berwarna dan gunakan kembali setiap 3 jam
  • Lakukan eksfoliasi kulit dengan rajin 2-3 kali per minggu
  • Hindari paparan sinar matahari dan lampu laptop dan ponsel
  • Menggunakan skin care yang mengandung AHA, BHA, PHA, retinol, alpha arbutin, vitamin C, niacinamide, dan azeclair
Lihat juga:  Perbaikan Jalan di Kudus Akibat Banjir Pakai Dana Tak Terduga

Setiap kulit tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda perlu melakukan perawatan kulit secara rutin selama 3-6 bulan. Perawatan ini tentunya juga akan membantu kulit Anda menjadi lebih kencang.

Advertisements