Apa itu Reksa Dana Pendapatan Tetap? -Rilis Berita

#Apa #itu #Reksa #Dana #Pendapatan #Tetap #Rilis #Berita


Apa itu Reksa Dana Pendapatan Tetap? – Reksa Dana merupakan salah satu jenis investasi yang kini digemari oleh masyarakat. Investasi ini disebut-sebut mampu memberikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan deposito. Reksa Dana adalah wahana atau perusahaan yang menghimpun dana dari masyarakat sebagai pemodal untuk menanamkan modalnya.

Apa itu Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa Dana Pendapatan Tetap adalah jenis Reksa Dana di mana investor menginvestasikan sedotaknya 80 persen aset mereka dalam obligasi atau surat utang. Obligasi dapat diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan.

Lihat juga:  Cara Mudah dan Menguntungkan Investasi Reksa Dana - Siaran Pers

Disebut Pendapatan Tetap karena sebagian besar uang investor direalisasikan dalam instrumen pendapatan tetap seperti yang disebutkan di atas. Dibandingkan dengan Reksa Dana Pasar Uang, risikonya lebih tinggi tetapi lebih rendah dari Reksa Dana Saham.

Manfaat Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa Dana merupakan salah satu jenis investasi yang tergolong aman. Keuntungan apa lagi yang dapat diperoleh investor Reksa Dana? Ada peningkatan keragaman dalam hal pengelolaan dana. Pemegang Reksa Dana dapat menjual propertinya berdasarkan harga Nilai Aktiva Bersih (NAB) pada hari yang sama saat Reksa Dana dibeli. Reksa Dana dikelola oleh Manajer Investasi yang resmi terdaftar dan diawasi oleh Dewan Jasa Keuangan (OJK).

Lihat juga:  30+ Nama Perseroan Terbatas Yang Baik Dan Menginspirasi

Perbedaan antara Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Deposito Berjangka

Dana Minimum yang Dibutuhkan

Berinvestasi melalui Reksa Dana apapun jenisnya lebih mudah karena jumlah minimal dana yang dibutuhkan lebih rendah. Hanya bermodalkan Rp. 100 ribu per orang bisa membuka Reksa Dana. Prinsip Reksa Dana sendiri adalah menghimpun dana dari setiap orang yang ingin berinvestasi di dotang yang sama.

Jumlah minimum yang harus dipenuhi seseorang sebelum membuka setoran ditentukan oleh bank. Jika seseorang dotak memiliki jumlah dana minimum, maka dia dotak dapat membuka deposit. Hal ini dapat membebani masyarakat yang ingin berinvestasi namun memiliki modal yang sangat sedikit.

Lihat juga:  Inilah Manfaat Situs Web Yang Paling Dibutuhkan Setiap Desa

Jangka waktu

Bisa bulanan atau tahunan. Proses penarikan sederhana dan dotak ada penalti. Dalam deposito, ada jangka waktu tertentu yang harus dipenuhi, misalnya 1 bulan, 3 bulan, hingga 1 tahun. Jika dana ditarik sebelum tanggal jatuh tempo, akan dikenakan denda sebesar yang ditentukan oleh bank.

paku

Deposito adalah jenis investasi dengan risiko hampir nol. Artinya, uang yang disimpan di bank sangat aman. Jika suatu saat terjadi sesuatu pada bank, maka akan ada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang akan mengembalikan seluruh uang nasabah.

Lihat juga:  Biografi Sandiaga Uno: Usahawan dan Ahli Politik Berjaya

dotak seperti Reksa Dana Pendapatan Tetap, risikonya sedang. Ada kemungkinan uang nasabah yang dikelola dalam bentuk obligasi akan mengalami kerugian yang tentunya juga berdampak pada investor.

Keputusan

Hasil atau keuntungan yang diperoleh seseorang melalui deposito berjangka bersifat tetap dan telah ditentukan sebelumnya. Apa pun yang terjadi, pelanggan mempertahankan keuntungan dan uang yang mereka investasikan akan mengembalikan jumlahnya setelah jangka waktu tertentu. Sementara itu, hasil investasi pada Reksa Dana Pendapatan Tetap, seperti Reksa Dana lainnya, bergantung pada selisih Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang jumlahnya fluktuatif setiap hari.

Lihat juga:  Cara Investasi Reksa Dana Online - Siaran Pers

Bagi Anda yang ingin berinvestasi, sangat penting untuk mengetahui sebanyak mungkin jenis investasi yang ada. Setiap instrumen investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pilih jenis investasi yang paling cocok untuk Anda, baik dari segi risiko maupun return. Berinvestasi memang melibatkan risiko, namun semakin besar risikonya, semakin besar keuntungan yang bisa dotapat.

Demikianlah pembahasannya Reksa Dana Pendapatan Tetap, Semoga artikel ini bermanfaat.


#Apa #itu #Reksa #Dana #Pendapatan #Tetap #Rilis #Berita