Ragam Aneka Minuman Segar yang Cocok untuk Menu Buka Puasa

Mau menyegarkan diri setelah puasa seharian? Berbagai macam minuman segar bisa kamu coba. Ada es kelapa muda, jeruk nipis, air kacang hijau, hingga infused water. Tambahkan sedikit gula atau madu untuk rasa yang lebih nikmat. Selain menyegarkan, minuman segar ini juga membantu mengembalikan cairan dan elektrolit yang hilang selama berpuasa.

Ragam Aneka Minuman Segar yang Cocok untuk Menu Buka Puasa

Ragam Aneka Minuman Segar yang Cocok untuk Menu Buka Puasa

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah bagi umat Muslim. Saat menunggu waktu berbuka, biasanya seseorang ingin segera melanjutkan aktivitas setelah seharian menjalankan ibadah puasa. Oleh sebab itu, minuman segar sangat dibutuhkan saat berbuka puasa.

Berikut adalah beberapa ragam aneka minuman segar yang cocok untuk menu buka puasa.

1. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda menjadi salah satu minuman segar yang populer saat buka puasa. Selain rasanya yang segar dan enak, es kelapa muda juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama saat berpuasa. Kandungan elektrolit dan kalium di dalamnya dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Cara membuatnya sangat mudah, yaitu dengan membelah kelapa muda dan mengambil dagingnya. Setelah itu, campurkan kelapa muda dengan es batu dan tambahkan gula secukupnya.

2. Es Buah

Es buah juga menjadi pilihan minuman segar yang cocok untuk menu buka puasa. Buah-buahan yang segar di dalamnya dapat memberikan energi dan kandungan serat yang dibutuhkan tubuh setelah berpuasa. Selain itu, es buah juga dapat membantu memperlancar pencernaan.

Cara membuat es buah sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan beberapa potongan buah seperti nangka, alpukat, pepaya, dan semangka, lalu tambahkan sirup dan es batu.

3. Jus Sayuran

Jus sayuran menjadi minuman yang pas untuk menyempurnakan menu berbuka puasa. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya dapat membantu tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan setelah berpuasa. Selain itu, jus sayuran juga dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan.

Cara membuat jus sayuran sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan sayuran seperti wortel, bayam, mentimun, dan tomat, lalu tambahkan air dan gula secukupnya.

4. Es Teh Manis

Es teh manis selalu menjadi minuman yang paling banyak diminum saat buka puasa. Rasanya yang segar dan manis sangat cocok untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. Selain itu, teh hitam yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu memperlancar metabolisme.

Cara membuat es teh manis sangat mudah, yaitu dengan merebus daun teh dan gula hingga larut, lalu dinginkan dan tambahkan es batu.

5. Sirup Markisa

Sirup markisa menjadi minuman segar yang cocok untuk menu buka puasa. Rasanya yang asam dan manis dapat memberikan kesegaran setelah berpuasa. Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Cara membuat sirup markisa sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan air, gula, dan daging buah markisa yang sudah diperas. Tambahkan es batu dan minuman segar sudah siap dinikmati.

FAQs

1. Bagaimana cara membuat minuman segar untuk buka puasa?
Untuk membuat minuman segar, kamu bisa mencoba beberapa resep minuman di atas, seperti es kelapa muda, es buah, jus sayuran, es teh manis, atau sirup markisa. Cukup mudah dan praktis untuk dibuat di rumah.

2. Apa manfaat minuman segar saat buka puasa?
Minuman segar seperti es kelapa muda, es buah, jus sayuran, es teh manis, dan sirup markisa dapat memberikan kesegaran dan energi setelah berpuasa. Selain itu, kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

3. Ada tidak alternatif minuman segar lain untuk buka puasa?
Selain lima minuman di atas, kamu juga bisa mencoba minuman segar lain seperti air kelapa, teh hijau, jus jambu biji, atau es dawet. Yang penting, pastikan minuman yang kamu siapkan segar dan sehat untuk tubuh.

Penutup

Dalam rangka memperkaya menu buka puasa, sederet ragam aneka minuman segar bisa dijadikan referensi. Selain air putih, minuman seperti es jeruk, es kacang hijau, kolak, es teler dan aneka jus buah segar bisa menjadi opsi yang menarik untuk mengatasi haus dan kehausan di bulan Ramadan ini. Selamat mencoba dan semoga berpuasa lancar hingga tiba waktu buka.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Ragam #Aneka #Minuman #Segar #yang #Cocok #untuk #Menu #Buka #Puasa arbo Ragam Aneka Minuman Segar yang Cocok untuk Menu Buka Puasa