Model Plafon PVC: Ketahui Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

Plafon PVC adalah alternatif yang populer untuk menghiasi langit-langit rumah. Tidak hanya terlihat modern dan elegan, tetapi juga tahan terhadap kelembaban dan korosi. Harganya juga lebih terjangkau daripada jenis plafon lainnya. Meskipun demikian, perlu diketahui juga kekurangan dari penggunaan plafon PVC. Oleh karena itu, kami akan membahas lebih lanjut tentang harga, kelebihan, dan kekurangan dari model plafon PVC ini.

Model Plafon PVC: Ketahui Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

Saat membangun atau merenovasi rumah, salah satu komponen penting yang tidak boleh diabaikan adalah plafon. Plafon rumah atau langit-langit atap tidak hanya berfungsi sebagai penutup agar cuaca panas atau dingin tidak langsung masuk ke dalam rumah, tetapi juga sebagai penambah keindahan interior ruangan.

Bicara bahan plafon rumah, sebenarnya ada banyak pilihan seperti triplek, papan GRC, plester. Material plafon Polyvinyl Chloride (PVC) merupakan material yang populer karena memiliki beragam desain yang dapat disesuaikan dengan konsep rumah Anda.

PVC sendiri merupakan material utama pipa air yang memiliki daya tahan yang kuat dan tidak cepat rusak. Meski lebih dikenal sebagai material pipa air, material yang digunakan untuk plafon tentunya berbeda. Untuk struktur bangunan seperti plafon, jenis PVC yang digunakan adalah material yang fleksibel.

Jika anda sedang mencari bahan plafon rumah, simak informasi kelebihan dan kekurangan, harga pvc dan inspirasi untuk rumah anda.

Keuntungan dan kerugian dari plafon PVC

Keuntungan PVC

PVC banyak digunakan untuk konstruksi rumah karena memiliki keunggulan seperti berikut ini.

  • anti pemerkosaan. Karena terbuat dari bahan berkualitas yang tidak mudah pecah, plafon PVC juga tahan terhadap rayap sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama.
  • Anti bocor. Jangan khawatir rumah bocor karena PVC terbuat dari bahan yang tahan air.
  • Instalasi mudah. Proses pemasangan PVC cukup sederhana, cepat dan tidak rumit karena bobotnya yang ringan.
  • Memiliki warna dan desain yang menarik. Dibandingkan material lain, PVC memiliki model dan pilihan warna yang lebih menarik.
  • Mudah untuk dibersihkan. Karena bahannya terbuat dari plastik, Anda hanya perlu menggunakan kain untuk membersihkan PVC.
  • Harga lebih terjangkau. PVC bisa menjadi alternatif plafon dengan budget minim.

Kekurangan PVC

Di luar kelebihannya, PVC juga memiliki kekurangan, sebagai berikut.

  • Sangat ringan. Meski memiliki kelebihan, bobot yang ringan juga bisa menjadi kekurangan. Ini akan menyebabkannya runtuh jika langit-langit dibebani dengan sesuatu yang berat.
  • PVC sulit untuk didaur ulang saat tidak digunakan. Bahan klorin juga berbahaya bagi kesehatan manusia jika berubah menjadi gas.
  • Mudah terbakar. Karena terbuat dari plastik, PVC mudah terbakar, sehingga harus dilindungi dari panas.

Harga Plafon PVC per meter

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Plafon PVC, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu harga Plafon PVC per meter sebagai perkiraan budget yang harus disiapkan. Harga bervariasi tergantung luas ruangan tempat plafon akan dipasang, biaya pemasangan di berbagai area dan pilihan merek plafon.

Sebagai rekomendasi, berikut merk plafon PVC yang bisa Anda temukan di pasaran.

  1. Lalu langit-langit

Sebagai salah satu merk PVC yang memiliki banyak pilihan motif. Merk ini memiliki beberapa ukuran seperti 20cm, 25cm, 30cm dan ukuran lainnya dengan ketebalan yang berbeda. Harga plafon Shunda sekitar 30.000 rubel per meter.

  1. Kangbang

Jika Anda sedang mencari desain plafon PVC yang unik seperti batik merek Kangbang bisa jadi pilihan. Harga merek ini mulai dari 26.000 rubel per meter.

  1. Upton

Merk PVC berikutnya adalah Upton. Merk ini banyak digunakan di rumah-rumah Indonesia karena harganya yang relatif murah, mulai dari 17.000 rubel per meter.

Harga Plafon PVC

Ada banyak merek PVC yang dapat Anda temukan di toko perangkat keras lokal Anda, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan rumah Anda. Namun, dikutip dari bursabuild.com, berikut rangkuman harga PVC per meter.

produk HARGA/M
Kemudian PVC Kingfon K-9252 Rp 24.600
Kemudian PVC K-9208 Kingfon Rp 24.600
Kemudian PVC PL 25.14 Rp 24.000
Kemudian PVC PL 25.15 Rp 24.000
Kemudian PVC NK 20.053 Rp40.000
PVC Kingfon K-9205 oleh Shunda Plafon Rp 27.000
Kemudian PVC PL 25.09 Rp 24.000
PVC Kingfon K-9109 oleh Shunda Plafon Rp 27.000
Kemudian PVC PL. 25.09 Rp 30.000
Kemudian PVC PL. 25.08 Rp 30.000
JAVAPHONE PVC Rp 16.000
HYFON PVC Rp 14.000
PVC elegan Rp 30.000
PVC Vinitec Rp 18.000
Langit-langit Cloud Pvc EVO Rp 13.000
Plafon gelombang EVO PVC GW Rp 13.000
Plafon PVC UPTON putih polos Rp 15.000
Debu Bintang EVO PVC Rp 13.000
EVO PVC empat baris Rp 13.000
Kayu Rumah PVC Nusa 14 Rp 17.000
Daftar PVC panjang 4M Rp 14.000
Baluchi PVC Rp 13.000
Wifi PVC

Harga ini hanya harga per meter plafon, belum termasuk biaya pemasangan. Padahal harga sepasang tergantung luas dan juga merek plafon yang digunakan. Namun, biaya pemasangan plafon adalah 50.000 hingga 100.000 rubel per meter.

Misalnya Anda memasang plafon dengan luas ruangan 15 m2 menggunakan plafon dengan panjang 3 meter dan lebar 20 cm, dan harga yang digunakan adalah 40.000 rubel. Berikut penilaiannya.

Plafon tidak diaspal: 3 mx 0,2 m = 0,62 m2

Persyaratan plafon: 15 m2 : 0,6 m2 = 25 lembar

Biaya plafon: 25 lembar x Rp40.000 = Rp1.000.000

Dari perkiraan tersebut, Anda perlu menambahkan biaya rangka, biaya pengiriman (jika ada) dan biaya pemasangan.

Model Inspirasi desain plafon PVC

Plafon PVC dapat digunakan di seluruh rumah. Jika Anda sedang mencari model plafon untuk ruang tamu, kamar tidur, dapur, dari minimalis hingga mewah, berikut inspirasinya.

Pola langit-langit kayu

Pola langit-langit kayu

Sesuai dengan namanya, desain plafon ini memiliki motif kayu tradisional yang cocok untuk rumah berkonsep minimalis. Berbeda dengan plafon kayu asli, model ini akan bertahan lebih lama karena tahan terhadap air dan rayap.

Model PVC mewah

Model PVC mewah

Untuk memberikan kesan mewah pada area ruang tamu, Anda bisa menggunakan plafon dengan lampu gantung yang cantik. Karena merupakan bahan yang fleksibel, PVC dapat dibentuk menjadi persegi, persegi panjang, dan lingkaran.

PVC putih biru

PVC putih biru

Plafon PVC juga bisa digunakan di kamar tidur. Anda bisa memadukan warna plafon seperti putih dan biru untuk kamar tidur anak. Desain plafon ini akan membuat ruangan lebih terang dan nyaman.

Sepatu bot PVC

Sepatu bot PVC

Plafon dengan desain coffered bisa menjadi focal point pada sebuah ruangan. Desain serupa disebut plafon, yang menjadikan area lebih unik dan estetis, yang banyak diminati di luar negeri.

Paduan putih dan kayu

Paduan putih dan kayu

Untuk menciptakan kesan rumah minimalis yang lebih modern, Anda bisa menggunakan plafon PVC yang memadukan kayu dan desain sederhana berwarna putih. Sisipkan kotak lampu di tengah plafon sebagai pemanis.

Langit-langit 3D untuk kamar anak-anak

Langit-langit 3D untuk kamar anak-anak

Model plafon selanjutnya adalah 3D yang akan meninggalkan kesan luas pada plafon ruangan. Anda dapat membuat model 3D yang memberikan efek luhur. Kombinasikan lampu-lampu kecil di sekitar langit-langit.

Kesan lapang dengan langit-langit putih sederhana

Kesan lapang dengan langit-langit putih sederhana

Menggunakan warna plafon yang serba putih akan menimbulkan kesan luas. Anda bisa menggunakan plafon PVC minimalis berwarna putih dengan model bergaris. Desain ini juga tidak terlalu berlebihan sehingga cocok untuk ruang tamu, ruang keluarga dan kantor. Aksen bergaris tidak akan membuat plafon terlihat monoton.

penutupan

Demikian informasi mengenai plafon PVC, mulai dari harga, kelebihan dan kekurangan, hingga inspirasi model untuk digunakan di rumah Anda. Pemilihan motif dan warna yang tepat akan membuat ruangan semakin nyaman untuk ditinggali.

in Conclusion

Dalam memilih plafon untuk rumah ataupun kantor, model plafon PVC menjadi salah satu pilihan yang cukup populer. Plafon ini memiliki kelebihan dalam hal harga yang cukup terjangkau, mudah dalam pemasangan, dan memiliki daya tahan yang baik. Namun, meskipun memiliki kelebihan, model plafon PVC juga memiliki kekurangan dalam hal tampilan yang cenderung lebih sederhana dan kurang elegan. Jadi, sebelum memutuskan untuk memasang plafon ini, pastikan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya dengan baik.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Model #Plafon #PVC #Ketahui #Harga #Kelebihan #dan #Kekurangannya arbo Model Plafon PVC: Ketahui Harga, Kelebihan dan Kekurangannya