Pentingnya Mengetahui Hal Ini Sebelum Memasang Plester Plafon Di Rumah!

Sebelum memasang plester plafon di rumah, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui. Memilih bahan yang tepat, menentukan ukuran plafon yang sesuai, serta mengatur pencahayaan yang baik adalah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Dengan memahami hal-hal tersebut, Anda bisa memastikan plafon rumah terlihat indah dan fungsional.

Sebelum Memasang Plester Plafon Di Rumah, Ketahui Hal Penting Ini!

Sebagai bagian dari konstruksi bangunan, plafon rumah atau yang lebih sering disebut plafon merupakan hal yang penting untuk diperhatikan saat membangun atau merenovasi rumah Anda. Seperti yang Anda ketahui, banyak material yang sering digunakan untuk plafon rumah, salah satunya plafon gypsum.

Plafon plester banyak dipilih untuk hunian minimalis dan mewah. Tidak hanya berfungsi sebagai pelindung dan mencegah cuaca panas atau dingin langsung masuk ke dalam rumah, tetapi juga mempercantik interior ruangan, karena banyak model plafon plester yang dapat disesuaikan dengan konsep hunian. Juga, apa pro dan kontra?

Pada artikel ini, lihat informasi tentang plafon plester untuk rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum

Keuntungan plafon gypsum di rumah

  • Memiliki banyak desain atau model

Rumah bergaya minimalis, industrial, modern, kontemporer atau klasik pun bisa menggunakan plafon plester karena memiliki banyak desain yang bisa sesuai dengan konsep rumah.

Gypsum juga memiliki warna dan ukuran yang berbeda-beda. Umumnya lembaran gypsum yang dijual berukuran 120 cm x 240 cm. Namun, banyak produsen membuat plester dengan lebar dan ketebalan berbeda sesuai kebutuhan Anda.

  • Harga plafon gypsum relatif murah

Salah satu keunggulan gypsum adalah harganya yang relatif murah untuk digunakan sebagai plafon. Karena memiliki variasi ukuran dan ketebalan, Anda bisa menyesuaikannya dengan budget yang ada.

Jika proses perbaikan memiliki keterbatasan waktu, Anda bisa memilih plafon jenis ini. Karena pemasangan plester cukup cepat. Tidak hanya itu, jika Anda mengalami kerusakan pada bagian tertentu, Anda dapat memperbaiki bagian yang rusak saja tanpa melakukan pembongkaran total.

Kurangnya plafon plester

  • Tidak tahan terhadap air

Dibandingkan jenis lainnya, plafon plester sangat rentan terhadap air. Jika ada kebocoran air dari atas biasanya menimbulkan noda pada permukaan plester. Seiring waktu, hal itu dapat menyebabkan langit-langit runtuh dan akhirnya runtuh.

Struktur gypsum yang rapuh membuatnya tahan terhadap benturan. Karena itu, Anda harus berhati-hati jika ingin membersihkan langit-langit rumah.

Salah satu kelemahan gipsum adalah mudah meleleh. Apalagi jika plester sering terkena air, akan terbentuk yang akan membuat plafon semakin kusam. Ini terjadi di area kamar mandi atau di area yang atapnya bocor.

Model plafon gypsum dan rekomendasi warna

Jika Anda sedang mencari inspirasi model atau warna untuk plafon rumah Anda, berikut beberapa rekomendasinya.

Menggabungkan tiga warna

Menggabungkan tiga warna

Jika langit-langit rumah Anda pada umumnya memiliki warna putih polos, bagaimana jika menggabungkan tiga warna untuk langit-langit Anda? Perpaduan warna putih, pink dan kuning akan membuat ruangan semakin ceria. Anda bisa membuat model tray ceiling yang bagian tengahnya menjadi lebih dalam dengan memadukan ornamen lampu atau kipas.

Plafon dapur minimalis sederhana

Plafon dapur minimalis sederhana

Jika Anda lebih menyukai konsep minimalis pada ruangan, maka plester putih polos bisa menjadi pilihan. Salah satu ruangan yang bisa menggunakan model plester sederhana ini adalah dapur. Jika Anda menggunakan kitchen set dan meja makan dari kayu, penggunaan plafon sederhana akan membuat ruangan lebih serasi. Agar lebih modern, Anda bisa menggunakan lampu strip LED dan lampu gantung.

Langit-langit coffered

Langit-langit coffered

Menggunakan plafon rumah dengan desain bingkai akan memberikan tampilan ruangan yang lebih unik. Sebagai sentuhan akhir, Anda bisa mengecat plester dengan warna-warna pastel seperti pastel pink, peach, tosca atau lainnya. Padukan dengan warna plafon putih sebagai kombinasi untuk memberikan warna yang lebih cerah.

Model plafon lingkaran

Model plafon lingkaran

Ruang tamu atau ruang keluarga akan semakin cantik dengan model plafon plester dengan desain melingkar. Anda bisa menambahkan lampu gantung beraksen emas untuk menambah kesan mewah yang serasi dengan dekorasi ruangan.

Desain langit-langit melengkung

Desain langit-langit melengkung

Model plafon plaster melengkung bisa menjadi focal point sebuah ruangan. Untuk melengkapi desain langit-langit, Anda bisa memadukannya dengan strip neon berwarna putih keemasan.

Perpaduan warna putih dan smoky blue yang manis

Perpaduan warna putih dan smoky blue yang manis

Salah satu keunggulan plafon plester adalah variasi warna yang bisa disesuaikan dengan tema ruangan. Seperti perpaduan warna putih dan smoky blue yang cocok untuk kamar anak anda. Tak hanya terlihat kalem, kombinasi warna ini membuat ruangan lebih bersih.

Warna nude untuk kamar tidur

Warna nude untuk kamar tidur

Penggunaan warna nude pada plafon kamar tidur dapat menambah kesan lapang dan hangat pada ruangan. Warna beige atau peach yang dipadukan dengan putih susu cocok untuk konsep kamar tidur minimalis. Agar tidak monoton, tambahkan lampu gantung kecil sebagai dekorasi.

Waspadai penyebab langit-langit plester yang runtuh

Penggunaan plester pada plafon berfungsi untuk mencegah masuknya angin dan air hujan. Namun seiring berjalannya waktu, plester bisa rusak bahkan hancur, yang bisa membahayakan penghuni rumah.

Ada beberapa penyebab plester plafon rumah mudah retak dan roboh, yaitu:

  • Instalasi salah

Pemasangan yang tidak pada posisi yang benar dapat menyebabkan plafon runtuh. Umumnya pemasangan plafon gypsum menggunakan sekrup atau bubuk/compound gypsum. Serbuk ini digunakan sebagai perekat pada sambungan, yang jika sambungannya tidak benar akan menyebabkan plafon runtuh.

  • Lokasi pemasangan salah

Tidak semua area rumah cocok untuk penggunaan plafon plester. Plafon jenis ini sebaiknya tidak digunakan di kamar mandi, area outdoor atau ruangan dengan kelembapan tinggi karena dapat membuat plafon lebih rapuh. Dampaknya bisa datang kemudian. Gunakan plester tahan air untuk area lembab.

  • Kebocoran pada genteng atau pipa air

Gypsum tidak kuat terhadap air. Material yang menyerap air menambah berat sehingga berpotensi runtuh secara tiba-tiba. Oleh karena itu, jika Anda melihat air turun dari plafon bahkan meninggalkan noda air, segera periksa apakah ada kebocoran pada genteng atau pipa air.

Alasan lain untuk langit-langit yang runtuh adalah plester yang retak. Plester yang retak tidak boleh dianggap enteng, karena itu pertanda ada sesuatu yang membebani struktur di atas plafon.

penutupan

Perawatan plafon rumah secara rutin adalah salah satu cara untuk menjaga keawetannya dan juga plester plafon. Debu dan benang tidak akan menempel di sudut langit-langit yang hitam, karena akan lebih sulit dibersihkan. Perbaiki atap yang bocor segera untuk mencegah atap runtuh di kemudian hari.

in Conclusion

Dalam memasang plester plafon di rumah, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui. Salah satunya adalah menghindari penggunaan bahan yang kurang berkualitas. Selain itu, pastikan juga bahwa area yang akan dipasang plester sudah bersih dan rata. Hal ini akan memastikan hasil akhir yang berkualitas dan tahan lama. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, rumah akan terlihat lebih indah dan nyaman untuk ditinggali.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Sebelum #Memasang #Plester #Plafon #Rumah #Ketahui #Hal #Penting #Ini arbo Sebelum Memasang Plester Plafon Di Rumah, Ketahui Hal Penting Ini!