Level Turnamen Bulutangkis: Ini Perubahannya

Level turnamen bulutangkis semakin berkembang seiring waktu. Bukan hanya ukuran lapangan atau jumlah game yang berubah, tetapi juga klasifikasi pemain dan hadiah uang. Di antara perubahan ini adalah format kompetisi yang berbeda untuk mempercepat game dan menarik penonton. Namun, meskipun adanya evolusi ini, tujuan akhir dari turnamen masih sama: mencari juara terbaik.

Level Turnamen Bulutangkis: Ini Perubahannya

YOGYAKARTA – Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah mengumumkan jadwal baru kalender turnamen bulutangkis tahunan periode 2023-2026. Format baru ini akan diikuti selama empat tahun, mulai tahun depan. Adakah perubahan menarik yang dilakukan di level kejuaraan bulutangkis?

BWF telah menambahkan lebih banyak turnamen di berbagai grup Tur Dunia mereka di berbagai tingkatan. Empat turnamen yang baru diumumkan akan diadakan di negara-negara seperti Jepang, Kanada, Finlandia, dan Australia mulai tahun 2023 dan seterusnya. Namun yang terpenting, ada juga beberapa sakelar lain di berbagai level liga.

Lihat juga:  Cara Mengobati Benjolan Di Leher Depan

Menurut kalender BWF, ada lima level dari berbagai jenis turnamen yang diadakan setiap tahunnya. Kelimanya adalah turnamen Super 1000, Super 750, Super 500, Super 300 dan Super 100 yang berlangsung setiap tahun. Selain itu, satu-satunya turnamen yang mengalahkan ini adalah Juara Dunia dan bulu tangkis Olimpiade. Jadi apa perbedaan utama antara keempat level ini? Mari kita lihat.

Tingkat Turnamen Bulu Tangkis

Kejuaraan Dunia BWF atau Olimpiadee

Di bagian atas “sistem kelas” BWF adalah Kejuaraan Dunia atau Olimpiade BWF yang terkenal. Olimpiade hanya terjadi setiap empat tahun sekali, jadi mereka hanya menghitung untuk tahun itu. Namun, Kejuaraan Dunia BWF diadakan setiap tahun. Selain itu, Piala Thomas, Uber, dan Sudirman semuanya termasuk dalam kelas satu dalam sistem turnamen bulu tangkis.

Pemenang turnamen ‘tingkat satu’ ini diberikan 13.000 poin dalam sistem peringkat, dengan runner up mendapatkan 11.000 poin dan tempat ketiga 9.200 poin. Namun, di Olimpiade, tempat ketiga (atau medali perunggu) menerima 10.100 poin dan tempat keempat mendapatkan 9.200 poin.

Lihat juga:  Cara Alami Mengecilkan Perut Berlemak

Super 1000

BWF World Tour edisi Super 1000 menampilkan beberapa kompetisi bulu tangkis paling bergengsi setiap tahunnya. Dari 2023-2026, hanya All England, Indonesia Open, China Open, dan Malaysia Open yang dianggap berada di level Super 1000. Kejuaraan Asia juga ada di level ini. Super 1000 dianggap sebagai ‘Grade 2, Level 1-2’ dalam kalender BWF tahunan dan memiliki kumpulan hadiah sebesar $1.000.000.

Pemenang turnamen Super 1000 diberikan 12.000 poin di Peringkat Dunia, dengan runner up masing-masing menerima 10.200 poin dan 8.400 poin. Turnamen ini diadakan dengan sangat hormat dan penting di bawah Final Tur Dunia BWF dan turnamen besar seperti Olimpiade.

Super 750

Turnamen Super 750 hanya satu level di bawah Super 1000 dan Level 2 (Level 3) dalam sistem bulutangkis. Akan ada 6 turnamen di bawah kelas Super 750 yang berlangsung pada 2023-2026, yakni China Masters, French Open, Denmark Open, Singapore Open, Japan Open, dan India Open.

Lihat juga:  Cara Mengobati Asma Dengan Bawang Merah

Bahkan, India Open telah ditingkatkan dari level Super 500 ke level Super 750 untuk lima tahun ke depan. Ini bisa jadi karena kemenangan India di Piala Thomas awal tahun ini. Pemenang turnamen di bawah level ini menerima 11.000 poin, dengan runner up menerima 9.350 poin dan tempat ketiga/keempat menerima 7.700 poin.

Super 500

Grade Super 500 adalah Grade 2 (Level 4) dari sistem Peringkat Turnamen BWF. Japan Open telah ditambahkan ke level ini untuk diadakan mulai tahun 2023 dan seterusnya sebagai kompetisi baru. Ini membantu meningkatkan turnamen Super 500 menjadi 9 sepanjang tahun.

Ini adalah Indonesia Masters, Thailand Terbuka, Finlandia Terbuka, Australia Terbuka, Kanada Terbuka, Hong Kong Terbuka, Korea, Jepang Terbuka, dan Malaysia Terbuka. Pada level ini, pemenang turnamen ini akan menerima 9.200 poin penilaian. Runner-up akan diberikan 7.800 poin dan ketiga / keempat 6.420 poin.

Super 300

Super 300 berisi beberapa turnamen bulu tangkis yang relatif kecil yang diadakan setiap tahun. Itu milik kategori Grade 2 (Level 5) dalam sistem klasifikasi turnamen dan memiliki 11 turnamen setiap tahun.

Lihat juga:  Cara Memperlancar Haid Secara Alami

India Terbuka baru telah diperkenalkan untuk level Super 300 ini untuk level 2023-2026 juga. Dalam kategori ini juga disertakan 10 turnamen lainnya di bawah level ini yang terdiri dari Thailand Masters, Spain Masters, US Open, Korea Masters, Germany Open, Hylo Open, Swiss Open, Taipei Open, New Zealand Open dan The new France Open.

Pemenang turnamen ini akan menerima 7.000 poin, dengan runner up menerima 5.950 poin dan juara ketiga/keempat menerima 4.900 poin.

Super 100

Turnamen Super 100 termasuk dalam kategori Tingkat 2 (Level 6). Turnamen ini biasanya menampilkan beberapa pemain bulu tangkis berperingkat lebih rendah dari seluruh dunia yang mencoba naik tangga di Peringkat Dunia BWF.

Tahun ini, ada enam turnamen yang akan diadakan di level ini. Odisha Terbuka, yang diadakan di Cuttack pada bulan Januari, diadakan di level ini. Namun, Akita Masters 2022 di Jepang telah dibatalkan karena pembatasan Covid-19. Saat ini, Canada Open dan Vietnam Open di bulan September akan digelar di kategori Super 100 serta Indonesia Masters Super 100 di bulan Oktober.

Lihat juga:  Cara Mengobati Benjol Akibat Benturan

Nah setelah mengetahui level turnamen bulutangkis, simak berita menarik lainnya di BIRsaatnya untuk merevolusi berita!

Kesimpulan

Level turnamen bulutangkis saat ini semakin meningkat dengan adanya inovasi dan peningkatan teknologi. Selain itu, level pemain semakin berkembang dengan adanya konsep training dan strategi yang lebih baik. Selain itu, tingginya minat masyarakat untuk olahraga bulutangkis menjadikan turnamen semakin berkualitas dan memacu semangat para pemain untuk terus berkembang. Oleh karena itu, turnamen bulutangkis mengalami perubahan yang positif dan semakin menarik untuk ditonton.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Level #Turnamen #Bulutangkis #Ini #Perubahannya arbo Level Turnamen Bulutangkis: Ini Perubahannya