13 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk, Ampuh Di Rumah

Nyamuk adalah serangga yang sangat mengganggu, Sobat. Selain menggunakan bahan kimia, ada cara alami untuk mengusir serangga ini dari rumah lho. Caranya dengan menempatkan tanaman pengusir nyamuk di berbagai sudut rumah.

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Beberapa tanaman pengusir nyamuk, seperti lavender dan mint, memiliki bau yang tidak disukai serangga pengisap dan penjilat ini.

Selain itu, masih banyak lagi tanaman pengusir nyamuk yang bisa ditempatkan di rumah Anda. Ini daftarnya.

1. Lavender

Percaya atau tidak, lavender merupakan tanaman pengusir nyamuk paling ampuh yang bisa Anda pilih.

Bau menyengat yang berasal dari minyak atsiri ini sangat tidak disukai oleh nyamuk dan hewan lain seperti kelinci.

Beberapa orang percaya bahwa minyak lavender yang ditemukan di daun menghambat kemampuan nyamuk untuk mencium. Tanaman ini sangat tangguh dan tahan kekeringan setelah ditanam.

Mereka juga membutuhkan sinar matahari penuh dan drainase yang baik. Meskipun bertahan di berbagai iklim, ia tumbuh paling baik bila ditanam di daerah hangat.

Lihat juga:  Cara Mengobati Alergi Kulit Pada Bayi

2. Marigold

Marigold (Foto Stok Arbo)

Abadi ini mudah tumbuh dan baunya juga mengusir nyamuk.

Tanaman pengusir nyamuk ini bisa ditanam di dalam pot sebagai pengusir serangga di rumah Anda.

Selain sebagai tanaman pengusir nyamuk di rumah, bunga marigold juga sering digunakan sebagai tanaman pagar kebun sayur. Karena selain bisa mengusir nyamuk juga bisa mencegah kutu daun, thrips, lalat putih, kumbang dan ulat tanduk tomat.

3. kemangi

Kemangi (Foto Stok Arbo)

Bau kemangi juga tidak disukai nyamuk. Jadi ibu-ibu bisa mencoba menempatkan tanaman ini di rumah untuk mengusir nyamuk.

Bagi nyamuk, tumbuhan ini merupakan racun yang sangat mematikan, bahkan bagi larva yang belum menjadi nyamuk sekalipun.

Jika ingin hasil yang efektif, Anda bisa menempatkan tanaman pengusir nyamuk di dekat genangan air. Hal ini dapat mencegah jentik nyamuk tumbuh di genangan air.

Selain itu, tanaman ini juga sangat mudah dirawat di daerah kering seperti Indonesia. Karena mereka hanya membutuhkan sedikit air untuk perawatannya.

4. Rosemary

Rosemary (Foto Stok Arbo)

Tanaman pengusir nyamuk ampuh lainnya adalah rosemary. Aroma tanaman herbal ini sangat tidak disukai oleh nyamuk. Untuk merawat rosemary bisa menggunakan pot atau di lapangan.

Lihat juga:  iPhone: Fenomena Ponsel Canggih yang Mengubah Gaya Hidup Kita

Mereka bekerja dengan baik di iklim panas dan kering. Untuk daerah yang sejuk dan lembap, sebaiknya tanam rosemary di dalam pot untuk mendapatkan hasil terbaik.

Selain itu, tanaman ini juga bisa dijadikan hiasan yang bagus di rumah. Jadi selain untuk mengusir nyamuk, rosemary juga bisa kamu gunakan sebagai ramuan dan juga bahan masakan.

5. Sereh

Serai (Foto Stok Arbo)

Sudah bukan rahasia lagi jika serai memiliki aroma yang menyengat dan tidak disukai oleh serangga termasuk nyamuk. Oleh karena itu, banyak orang menyebutnya sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Journal of Environmental Science Health menjelaskan bahwa kandungan dalam sereh dapat menghambat aktivitas reproduksi inang pada nyamuk.

Cara merawat tanaman ini juga tidak sulit Sobat, karena bisa ditanam menggunakan pot atau tanah yang luas. Selain itu, tanaman ini juga bisa tumbuh di iklim panas maupun dingin.

6. Catnip

Catnip (Foto Stok Arbo)

Tanaman pengusir nyamuk ini berasal dari keluarga mint dan bisa tumbuh subur dimana saja. Bahkan, mereka juga bisa tumbuh liar di mana saja.

Karena bisa menjadi rumput liar, merawat catnip juga sangat mudah, Sobat. Tapi, pastikan tanaman ini tidak menyerang pohon lain di sekitarnya.

Lihat juga:  Cara Memutihkan Perut Secara Alami

Journal of Medical and Veterinary Entomology menjelaskan bahwa catnip sangat dekat untuk mengusir berbagai spesies nyamuk Aedes dan Culek tropis dan spasial. Selain nyamuk, tanaman ini juga bisa mengusir lalat dan serangga lainnya.

7. Geranium

Geranium (Foto Stok Arbo)

Geranium memiliki bau yang sangat kuat yang tidak disukai nyamuk.

Tanaman pengusir nyamuk ini memiliki bau yang sama seperti serai dan lemon, sehingga nyamuk tidak suka mendekatinya.

Aroma yang kuat pada tanaman ini juga tidak disukai oleh serangga jenis lain. Tanaman ini tumbuh subur di daerah dengan iklim panas, cerah dan kering.

Namun, jika Anda berada di iklim yang lebih dingin, dapat ditanam dalam pot dan dipangkas lebih sering untuk kinerja yang lebih baik.

8. Bunga Balsam

Bunga Balsam (gardendesign.com)

Bunga balsam adalah tanaman yang dibenci nyamuk, tetapi disukai lebah dan kupu-kupu.

Tanaman ini juga dikenal sebagai Monarda atau hormint.

Jika ingin mendapatkan aromanya, Anda hanya perlu menumbuk beberapa helai daun.

Selain memiliki khasiat untuk mengusir nyamuk, warna bunga yang cantik juga bisa dijadikan sebagai hiasan di rumah lho Sobat.

Lihat juga:  Cara Membuka Tutup Botol Obat Actifed

9. Daun mint

Daun Mint (Foto Stok Arbo)

Mint merupakan pilihan tanaman yang sangat baik untuk mengusir nyamuk, lalat bahkan semut di rumah Anda. Semakin kuat baunya, semakin sedikit serangga yang masuk ke rumah Anda.

Tanaman pengusir nyamuk ini bisa ditanam di pot di teras. Sehingga akan memudahkan para ibu saat merawatnya. Selain itu, daun mint juga bisa dikeringkan dan digunakan sebagai pembasmi hama alami.

Daun mint juga memiliki banyak khasiat untuk mengusir nyamuk, tanaman ini juga bisa menjadi penyedap rasa pada makanan dan minuman lho.

10. Buah Ageratum

Bunga Ageratum (Foto Stok Arbo)

Tumbuhan yang dikenal sebagai bunga benang ini mengandung zat kimia bernama kumarin.

Bahan ini dibenci oleh nyamuk, jadi ketika Anda memasukkannya ke dalam rumah akan mengusir serangga pengisap dan penjilat.

Selain bermanfaat untuk mengusir nyamuk, tanaman ini juga memiliki tampilan yang cantik lho Sobat.

Bunga benang terdiri dari beberapa warna, biru, pink, putih dan ungu.

11. Bijaksana

Sage (Foto Stok Arbo)

Jika Anda memiliki halaman belakang, jangan lupa menanam Sage. Karena tanaman yang satu ini memiliki bau yang dapat mengusir nyamuk dari rumah Anda.

Selain itu, tanaman Sage kering juga bisa menjadi pestisida alami bagi beberapa tanaman.

Lihat juga:  Cara Cepat Mengobati Bisul

Anda hanya perlu mengeringkan beberapa daun sage lalu menggilingnya dan menggunakannya sebagai semprotan untuk mengusir serangga tanaman.

12. Pennyroyal

Pennyroyal (Foto Stok Arbo)

Jika Anda mengira tanaman pennyroyal hanya enak rasanya jika diolah menjadi teh, sepertinya Anda perlu berpikir ulang. Karena tanaman sati ini bisa menjadi pengusir nyamuk alami dan juga pembasmi hama tanaman.

Ibu-ibu yang menginginkan hasil yang lebih efektif, ada baiknya menempatkan tanaman ini di rumah.

Eits, tapi ini tidak berlaku untuk ibu hamil. Karena ada beberapa penelitian yang mengatakan pennyroyal tidak baik untuk ibu hamil.

13. Bawang putih

Bawang putih (gardendesign.com)

Tanaman akar ini juga tidak disukai oleh nyamuk. Karena aromanya yang cukup kuat membuat nyamuk tidak suka mendekat.

Selain itu, allium memiliki bentuk bunga yang sangat indah sehingga bisa dijadikan sebagai hiasan di rumah.

Sobat, sudah mengetahui tanaman pengusir nyamuk yang efektif untuk rumah. Jadi Anda bisa mengurangi penggunaan aerosol anti nyamuk untuk membuat Anda lebih sehat. Semoga artikelnya bermanfaat, Sobat.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Jenis #Tanaman #Pengusir #Nyamuk #Ampuh #Rumah arbo 13 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk, Ampuh Di Rumah