Kelompok Doa Ibu Hamil, Amalan untuk Kesehatan Ibu dan Janin!

Saat hamil, ibu pasti merasa khawatir dengan kondisi janin di dalam perutnya, untuk itu penting mengamalkan doa ibu hamil untuk memohon kemudahan dan keselamatan dalam kehamilan.

Kehamilan merupakan anugerah terindah bagi seorang wanita setelah menikah.

Karena kehamilan ini merupakan fase selanjutnya setelah menikah. Tak hanya bagi sang istri, hal ini juga akan menjadi kabar baik bagi sang suami.

Meski mengasyikkan, ibu hamil juga akan mengalami serangkaian perubahan fisik dan emosi.

Salah satunya adalah perubahan kaki akibat harus menampung berat badan ibu dan janin.

Sebuah studi dari University of Iowa yang diterbitkan dalam American Journal of Physical Medicine & Rehabilitation menunjukkan bahwa selama kehamilan, lengkungan kaki menjadi rata dan menjadi lebih panjang dan lebar.

Islam memberikan petunjuk bagaimana agar rasa sakit diterima sebagai bentuk rasa syukur dan tidak berubah menjadi keluhan yang hanya akan membebani kehamilan.

Sehingga untuk kebaikan janin dalam kandungan, ada banyak doa ibu hamil yang bisa dipanjatkan.

Sebenarnya tidak ada doa khusus untuk ibu hamil. Namun doa untuk mendapatkan keturunan yang sholeh, sehat, dan cerdas juga bisa dilakukan dengan bersedekah.

Salah satunya adalah dengan membaca beberapa doa yang dianjurkan untuk ibu hamil karena akan memberikan manfaat.

Simak beberapa doa untuk ibu hamil berikut ini ya Sobat.

Doa Ibu Hamil dari Al Quran

Sebagai tuntunan bagi umat Islam, Al-Quran juga memiliki doa untuk ibu hamil agar ibu hamil menemukan ketenangan, dan selalu dalam lindungan-Nya selama masa kehamilan.

Lihat juga:  Cara Mengobati Anak Kucing Yg Sakit Mata

Allah telah menetapkan empat hal untuk janin, yaitu: rezeki, kematian, amal baik dan kebahagiaan atau kesengsaraan di kemudian hari.

Oleh karena itu, agar anak yang dikandung dalam keadaan sehat dan terhindar dari godaan setan, ibu hamil dianjurkan untuk selalu membaca doa ibu hamil.

Berikut beberapa bacaan yang bisa dilafalkan oleh ibu hamil.

1. Membaca Surat Yasin

Selain bisa dibaca kapan saja, ibu hamil juga bisa membaca surat Yasin setiap selesai sholat Maghrib sebagai waktu khusus.

Keutamaan surat ini adalah menjaga kesehatan isinya. Keadaan janin diharapkan akan dijauhkan dari godaan setan dan kejahatan manusia.

Selain itu, dengan membaca doa ibu hamil yang terdapat pada surat Yasin, diharapkan bayi menjadi pribadi yang tenang.

Karena salah satu manfaat membaca surat yasin adalah ketenangan jiwa akan anda temukan.

2. Membaca Ayat Kursi

Ayat kursi adalah ayat yang paling mulia dalam Al Quran. Ayat kursi mengandung keesaan dan kekuasaan Tuhan.

Dengan membaca ayat kursi akan mempengaruhi iman dan menjadi salah satu amalan yang baik.

Dan ini bisa di amalkan oleh ibu hamil sebagai doa.

Wanita hamil dapat membaca ayat kursi sebagai sholat subuh dan magrib, atau sebagai doa setelah sholat wajib. Ayat Kursi juga bisa dikatakan sebagai doa sebelum tidur.

3. Baca Surah Al-Fatihah

Surat Al-Fatihah merupakan surat pertama dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan yang luar biasa. Salah satunya adalah sebagai obat berbagai penyakit.

Lihat juga:  Cara Membuat Kotak Obat Dari Bahan Bekas

Surat Al-Fatihah biasanya dipraktikkan sebagai doa setelah shalat wajib, yaitu dengan membacanya sebanyak 7 kali.

Surat ini juga bisa menjadi salah satu doa untuk ibu hamil.

Caranya, setelah membaca surat ini kemudian tiup pada kedua telapak tangan dan usapkan pada perut. Hal ini agar rasa sakit yang dialami ibu hamil bisa berkurang.

4. Membaca Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah

Kehamilan membuat wanita lebih lemah dari biasanya.

Ayat terakhir Surat Al-Baqarah yaitu ayat 286 berisi tentang permohonan ampunan dan perlindungan kepada Allah.

Membacanya akan menjadi doa bagi calon ibu agar ibu dan anak dalam kandungan terjaga dengan baik.

Ayat terakhir surat Al-Baqarah:

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ Ya Tuhan kami, berilah kami kemenangan atas orang-orang kafir

Illā wus’ahā, Lahā ma kasabat wa ‘alaihā pestasabat, rabbanā la tu`ākhiżnā dalam nasīna au ṣrang lAṣapatus’ wa la la la la la la la la lAalin ‘fu ‘annā, wagfir lanā, war-ḥamnā, anta maulānā fanṣurnā ‘alal-qaumil-kāfirīn

“Wahai Tuhan kami, jangan hukum kami jika kami lupa atau kami telah melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, jangan beri kami beban yang berat seperti Engkau membebani orang-orang sebelum kami.”

“Wahai Tuhan kami, jangan beri kami beban yang tidak dapat kami pikul. Maafkan kami, maafkan kami, dan kasihanilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka bantulah kami menghadapi orang-orang kafir” (QS Al-Baqarah ayat 286).

Lihat juga:  Cara Mengobati Gigi Ngilu Dan Gusi Bengkak

5. Membaca Surat Al-Hasyr

Saat hamil, banyak dianjurkan amal shalih, salah satunya adalah membaca Surat Al-Hasyr.

Wanita hamil bisa membacanya sebagai doa setelah melakukan sholat Maghrib sebanyak 7 kali. Kemudian, tiup pada telapak tangan dan usapkan pada perut.

Keutamaan surat ini adalah sebagai penyembuh dari segala macam penyakit dan jauh dari godaan setan terkutuk.

Dengan mengamalkannya, ibu hamil akan selalu terlindungi dari segala bahaya dan dijauhkan dari godaan setan.

6. Baca Surah Ali-Imran

Surat Ali-Imran juga bisa menjadi doa ibu hamil lainnya yang bisa dibaca kapan saja. Doanya adalah: “Rabbi inni nazartu laka mā fi batni muḥarraran fa taqabbal minni, innaka antas-sami’ul-‘alim,”.

Artinya: “Ya Tuhanku (Allah), sesungguhnya aku bernazar kepada-Mu anak dalam kandunganku untuk menjadi hamba yang sholeh dan berbakti (di Baitul Maqdis). Oleh karena itu, terimalah (sumpah) itu dari saya. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (QS. Al-Imran: 35).

Doa Ibu Hamil dengan Dzikir

Ilustrasi doa

Selain surat Al Quran, ibu hamil juga bisa membaca zikir sebagai doa selama masa kehamilan. Dzikir yang dianjurkan untuk dibaca selama kehamilan, yaitu:

  1. Lafadz istighfar yang dibaca sebanyak 3 kali yaitu: “Astaghfirullaahal ‘adziim,”.
  2. Lafadz tasbih yang dibaca sebanyak 33 kali, yaitu: “Subhaanallaah,”.
  3. Bacaan dzikir yang dibaca sebanyak 33 kali, yaitu: “Laa hawla walaa quwwata illa billah,”.

Doa Ibu Hamil Setelah 4 Bulan

Doa Ibu Hamil (Arbo Stock Photo)

Setelah usia kehamilan mencapai 4 bulan, sudah ada jiwa pada bayi yang dikandung oleh ibu.

Karena janin sudah berdetak kencang, ibu dianjurkan membaca doa ibu hamil yang artinya :

Ya Tuhan, simpan tanganku di hatiku dan ketahuilah bahwa Engkau adalah penyembuh, tidak ada penyembuhan, kecuali penyembuhan bibir bibir. Ya Tuhan, keluarkan dari rahimku saat aku lahir, mudah dan aman. Ya Allah, jadikanlah itu benar, lengkap, berakal, terampil, dan ilmu yang bekerja. Ya Allah, panjangkan umurnya, perbaiki tubuhnya, perbaiki akhlaknya, lancarkan lidahnya, dan perbaiki suaranya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an, shalawat atas Muhammad saw. , dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Lihat juga:  Cara Alami Mengobati Mata Buram

Allahummahfazh adalah sumber bathnii. Wasyfihi adalah pedang. Anta asy-syaafii laa syifaa’an illa syifaa’uka syifaa’an laa yughaadiru saqamaa. Semoga Tuhan menunjukkan kepada kita kebaikan dan nama iman. Allahumma akhrijhu mimbathnii waktu dunia sahlan watasliimaa.

Allahummaj’alhu shohiihan kaamilaw wa’aaqilan hadziqon ‘aliman ‘aamilaa. Allahumma thowwil ‘umrohu washohhih jasadahu wahasan khuluqohu wafshoh lisaanahu wa ahsin shoutahu liqirooatil haditsi walquraani bibarakati muhammadin shollallahu ‘alaihi wa sallam. Alhamdulillahi robbil ‘alamin

Itu berarti: “Ya Allah, semoga Engkau melindungi bayiku ini selama masih dalam kandunganku, Berikanlah dia kesehatan bersamaku. Sesungguhnya Engkau Maha Penyembuh. Tiada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak akhiri dengan penyakit lainnya. Ya Allah, bentuk dia di dalam rahim ibunya dalam bentuk yang indah dan perbaiki hatinya dengan iman kepada-Mu dan Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari rahim ibunya pada saat kelahirannya dengan mudah di a kondisi aman dan dalam bentuk yang indah dan sempurna. Ya Allah, jadikan dia anak yang sehat dan sempurna, cerdas, bertakwa, dan mau mengamalkan ilmunya. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan badannya, perbaiki akhlaknya, jadikan dia lancar dan halus suaranya membaca Al-Qur’an dan Al-Hadits dengan shalawat Nabi Muhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

Lihat juga:  Cara Mengatasi Sakit Lambung Secara Alami

Doa Ibu Hamil dari Suami

Doa Ibu Hamil

Menurut NU Online, ada doa khusus ibu hamil yang sering dibaca para suami, yaitu:

“Allahummahfadz waladi mâ dâma fi bathni zaujati wasyfihi anta asy-syâfi lâ syifâ`an illâ syifâuka syifâ`an lâ yughâdiru saqaman. Allahumma shawwirhu fi bathni zaujati shuratan hasanatan watsabbit qolbahu iman bika wa bi-Rasûlika.

Allahumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allahumma ij’alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan hâdziqan ‘âmilan. Allahumma thowwil ‘umrohu wa shahih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirooatil hadîtsi wal qur`ânil ‘adzîm bibarokati Muhammadin sallallahu ‘alaihi wasallam. Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin.”

Itu berarti: “Ya Allah jagalah anakku selama dalam kandungan istriku, sembuhkanlah dia, sesungguhnya Engkaulah yang dapat menyembuhkan, tiada kesehatan melainkan kesehatan-Mu, kesehatan yang tidak terganggu oleh penyakit. Ya Allah bentuklah dia di dalam perut istriku dengan baik, tegakkan dalam hatinya keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu.

Ya Allah, keluarkan dia dari rahim istriku pada saat kelahirannya dengan mudah dan selamat. Ya Allah jadikanlah dia utuh, sempurna, berakal, berakal, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan badannya, perbaiki penampilannya, dan lancarkan lidahnya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Besar, dengan berkat Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.”

Nah, itulah salah satu kumpulan doa ibu hamil yang bisa didoakan Bunda dan Ayah.

Kumpulan doa ibu hamil ini sebaiknya dibaca pada waktu mustajab yaitu sepertiga malam terakhir yaitu hari Jum’at antara adzan dan iqomah, dan saat hujan turun.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Kelompok #Doa #Ibu #Hamil #Amalan #untuk #Kesehatan #Ibu #dan #Janin arbo Kelompok Doa Ibu Hamil, Amalan untuk Kesehatan Ibu dan Janin!