Bukti Allah Maha Pemberi Rezeki (Ar-Razzaq) Dengan Dalilnya

Allah Maha Pemberi Kelangsungan Hidup (Ar-Razzaq) merupakan salah satu Asmaul Husna yang berarti “yang memberi rezeki tanpa batas”. Kebesarannya terlihat pada segala sesuatu di alam semesta, termasuk manusia dan makhluk hidup lainnya. Hal ini dapat didukung oleh dalil Al-Qur’an surah Az-Zariyat ayat 58 yang menyatakan bahwa Allah menyediakan makanan bagi semua makhluk hidup-Nya.

Buktikan bahwa Allah adalah Pemelihara (Ar-Razzaq) dengan bukti-buktinya

Allah adalah pemberi makanan bagi semua makhluk hidup di dunia, namun kita harus terus berusaha dan berdoa untuk mendapatkan rezeki yang pasti.

Takdir setiap orang pasti berbeda-beda, karena Tuhan telah menetapkan tingkatan bagi setiap orang di dunia ini. Kita tidak perlu khawatir hidup susah karena Allah maha pemberi makan dan makanan tidak pernah tertukar apalagi jika kita mau bekerja keras, tawakal dan tentunya berdoa.

Selagi kita masih di dunia ini, tidak perlu khawatir karena Allah telah menjamin rezeki kita. Kekayaan tidak hanya terwujud dalam harta dan benda, tetapi juga meliputi kenikmatan lain yang dapat kita rasakan dalam hidup, seperti kesehatan, kebahagiaan, keharmonisan keluarga, dll.

Makna Ar-Razzaq dalam Asmaul Husna

Dalam Asmaul Husna atau Nama Allah, kita akan membahas salah satu Asmaul Husna yang berhubungan dengan rezeki, yaitu Ar-Razzaq atau Pemberi Harta Terbaik. Asmaul husna ini menunjukkan sifat kebaikannya yang sempurna terhadap manusia.

Bukan hanya harta dan barang, makanan adalah segala sesuatu yang Allah SWT berikan kepada manusia dan makhluk hidup lainnya. Ar-Razzaq mengandung makna kesalehan dimana Allah SWT menyediakan bekal makanan bagi setiap makhluk hidup.

Allah adalah pemberi persembahan, baik persembahan umum maupun persembahan khusus dengan arti yang berbeda:

Makanan umum adalah makanan yang diberikan oleh Allah SWT kepada makhluk hidup, seperti harta, pekerjaan, perumahan, makanan, kesehatan, kendaraan, dll.

Lihat juga:  Cara Mengobati Benjolan Di Kepala Murai Batu

Berbeda dengan sesaji umum, sesajen khusus mencakup kenikmatan manfaat yang berkelanjutan di kehidupan ini dan selanjutnya, jadi tidak semua orang mendapat persembahan khusus, tetapi mereka yang percaya.

Untuk mendapatkan makanan yang istimewa, kita harus selalu bersyukur dan berterima kasih atas apapun makanan yang kita dapatkan. Dengan begitu, rezeki memberikan manfaat yang berkesinambungan dan memberikan keberkahan dalam hidup.

Percayalah pada nikmat Allah

Allah adalah rezeki dari semua makhluk hidup termasuk manusia di dunia ini. Orang yang berhasil meraih kesuksesan dunia atau menjadi kaya biasanya mengalami perjuangan yang berat melalui kerja keras dan tingkat konsistensi yang tinggi.

Semakin banyak upaya yang kita lakukan, semakin baik peluang kita untuk mendapatkan makanan yang berlimpah. Meski begitu, tidak mampu secara finansial bukan berarti mereka tidak bisa bekerja karena mata pencahariannya sudah diatur.

Kita tidak pernah bisa memprediksi kapan dan di mana kekayaan akan datang, karena mungkin dimediasi melalui pekerjaan atau orang lain. Dari mana pun makanan itu berasal, pada dasarnya Allah yang menyediakannya dengan berbagai cara.

Terkadang, tanpa diduga, makanan datang saat kita membutuhkannya karena Allah paling tahu kebutuhan kita. Jadi, jangan pernah menyerah untuk mengambil makanan, karena usaha kita tidak pernah sia-sia.

Bukti Allah Maha Pemberi Harta

1. Kesempatan untuk hidup setiap hari

Kita tidak pernah tahu berapa tahun atau berapa nyawa yang bisa kita jalani di dunia ini. Tidak perlu menunggu sampai tua untuk menemui ajal, banyak orang yang masih muda sudah kembali kepada Allah untuk mati, maka usia adalah rahasia yang sudah mapan.

Umur panjang merupakan kekayaan yang sangat berharga karena dengan hidup kita dapat menikmati karunia Allah yang melimpah, kita tetap dapat bersama orang yang kita cintai, melakukan berbagai aktivitas dan lain sebagainya.

Banyak orang yang tidak menyadari rezeki dari Allah yang seperti ini, meski kita masih bisa hidup di dunia ini, kita akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa.

2. Oksigen Tak Terbatas

Bukti lain bahwa Allah maha pemberi kekayaan adalah oksigen yang tidak terbatas. Tahukah Anda bahwa oksigen di rumah sakit dijual dengan harga premium padahal kita bisa bernafas sebanyak-banyaknya saat kita sehat.

Bayangkan jika Allah SWT menuntut untuk membayar oksigen yang harus kita hirup seumur hidup kita, maka kita tidak akan mampu membayarnya. Allah juga tidak membatasi kita untuk menghirup oksigen sebagai kebutuhan pokok makhluk hidup.

Lihat juga:  Cara Mengatasi Vertigo Secara Alami

Kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena kaya nutrisi berupa oksigen bersih.

3. Matahari dan bulan selalu menyinari bumi

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana kehidupan di bumi bisa hidup tanpa cahaya matahari dan bulan. Cahaya matahari menyinari bumi pada pagi dan sore hari, dan cahaya bulan menyinari bumi pada malam hari.

Tanpa kedua sinar ini, bumi akan menjadi sangat gelap sehingga kita tidak dapat melihat apa pun. Sebenarnya, ketika kedua jenis cahaya ini meredup atau menghilang, banyak bencana akan terjadi, tetapi Allah memberikan kekuatan matahari dan bulan untuk bersinar.

Bayangkan berapa biayanya jika kita harus membayar penerangan matahari dan bulan.

4. Sehat setiap hari

Kesehatan adalah aset yang luar biasa, karena sakit tentu tidak nyaman. Saat tubuh masih sehat, kita bisa melakukan berbagai aktivitas dengan lancar, menikmati makanan enak, berpikir jernih dan lain sebagainya.

Jika nyeri dirasakan hanya pada satu bagian tubuh, maka mengganggu fungsi tubuh lainnya dan mengganggu aktivitas yang seharusnya dilakukan. Tidak hanya itu, karena sakit kita harus berobat, jadi kita bayar.

Keberuntungan ini bisa kita nikmati secara cuma-cuma dan Allah tidak membutuhkan uang sepeser pun. Oleh karena itu, menjaga kesehatan adalah ikhtiar agar terpelihara dari Allah.

5. Anggota tubuh lengkap

Beberapa orang mungkin memiliki anggota tubuh yang tidak lengkap, baik sejak lahir atau suatu peristiwa. Penyandang disabilitas fisik seringkali memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain, jadi bersyukurlah.

Terutama mereka yang anggota tubuhnya masih utuh harus lebih banyak bersyukur kepada Tuhan. Memiliki anggota tubuh yang lengkap merupakan bukti bahwa Allah adalah pemberi rejeki.

6. Semoga sukses setiap hari

Setiap hari, Allah selalu memberikan makanan kepada manusia yang ingin berusaha mendapatkan makanan tersebut. Dalam situasi sulit pun tidak perlu khawatir karena Allah telah menjamin kemudahan berupa makanan yang diberikan setiap hari.

Kekayaan bisa datang kapan saja, di mana saja, dan terkadang kita tidak pernah ragu akan datangnya. Di sini, makna rezeki tidak hanya merujuk pada harta benda, tetapi juga makna rezeki yang lebih luas, seperti kebahagiaan dan kesehatan.

Hidup di dunia tidak perlu pusing mencari nafkah, asalkan bekerja keras pasti akan datang.

Lihat juga:  Cara Membesarkan Mata Secara Alami Dan Permanen

7. Sumber daya air yang melimpah

Selain oksigen, kebutuhan utama kita sebagai makhluk hidup adalah air bersih, baik untuk minum, mandi, memasak atau keperluan lainnya. Air bersih yang banyak adalah salah satu bukti bahwa Allah adalah pemberi rezeki kepada siapa saja.

Di Indonesia kita dapat menemukan sumber mata air yang bersih dan dapat diminum, sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya. Padahal, jika kita sangat membutuhkan air, Allah akan menurunkan hujan di musim kemarau.

Bayangkan jika kita kekurangan air bersih dan kita tidak tahu berapa biaya untuk membelinya.

8. Temui teman baru setiap hari

Bukti lain bahwa Allah SWT adalah pemberi adalah kesempatan untuk bertemu orang baru setiap hari. Ada populasi yang sangat besar di planet ini, jadi kami bertemu orang baru setiap hari.

Sebelum Anda menyadarinya, bertemu orang baru adalah berkah karena kita bisa bersosialisasi, saling membantu, bekerja sama, dan banyak lagi. Silaturahmi pun menjadi lebih luas sehingga bisa membuka pintu penghidupan.

Kesulitan bertemu orang baru dapat mengganggu aktivitas seperti berjualan, menjalankan bisnis, dan bercerita.

9. Indonesia memiliki banyak sumber daya alam

Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan alam yang luar biasa. Indonesia kaya akan sumber daya alam, antara lain gunung, pantai, danau, sawah, dataran tinggi, dataran rendah, hutan, dll.

Melimpahnya sumber daya alam memudahkan kita sebagai warga negara untuk memenuhi kebutuhan kita. Misalnya pergi ke laut untuk mencari ikan, pergi ke hutan untuk mencari sayuran, pergi ke danau untuk mencari air, dan sumber air lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Sumber daya alam Indonesia yang kaya merupakan kekayaan luar biasa yang mungkin tidak dapat diakses oleh orang-orang dari negara lain. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita selalu bersyukur kepada Allah SWT yang telah menganugerahi Indonesia dengan sumber daya alam.

10. Akal dan pemikiran manusia

Bukti terakhir yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah akal dan pikiran. Manusia memiliki keistimewaan dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya, yaitu memiliki akal dan budi yang memungkinkan kita melakukan berbagai aktivitas seperti yang kita lakukan saat ini.

Bayangkan jika kita diciptakan tanpa akal dan pikiran, kehidupan akan berantakan dan banyak kesulitan akan datang. Oleh karena itu, kita patut bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat berupa akal dan pikiran manusia.

Lihat juga:  Cara Agar Haid Cepat Selesai Secara Alami Dalam 2 Hari

Mendebat bahwa Allah adalah pemberi rezeki

Ada banyak bukti bahwa Allah adalah pemberi rejeki, jadi kita tidak punya alasan untuk tidak mempercayainya. Sebagai manusia, terkadang kita tidak menyadari makanan lain yang Tuhan berikan sepanjang hidup kita.

Untuk pemahaman yang lebih jelas tentang makanan yang diberikan oleh Allah SWT, kita harus merujuk pada dalil dalam Al-Qur’an dan Hadits.

Surah Al-’Ankabut (29): 60

وَكَأَيِّنْ مِنْ دَابَّةٍ لَا تَحْمِلُ رِزْقَهَا اللَّهُ يَرْزُقُهَا وَإِيَّاكُمْ ۚ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya:

Dan berapa banyak binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Surah Az-Zariat (51): 58

إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

Artinya:

Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.

Malaikat Pemberi Rezeki

Pada dasarnya Allah SWT telah menetapkan tingkat nafkah yang akan kita peroleh, meskipun usaha dan kerja keras dapat membuka pintu rezeki lebih luas lagi. Ada seorang malaikat yang diberi amanah oleh Allah untuk membagikan makanan kepada semua makhluk hidup.

Malaikat itu bernama Malaikat Mikael yang bisa membagikan makanan dari arah yang tak terduga. Allah menciptakan malaikat ini untuk berbagi makanan di luar dugaan, jadi tidak perlu khawatir saat berada dalam situasi sulit.

Meski telah ditetapkan, kita masih bisa mencuri hati bidadari Mikael, dan membiarkannya membuka pintu persembahan yang lebih besar melalui amalan persembahan persembahan. Ada beberapa cara agar kamu bisa jatuh cinta dengan bidadari Mikail dan mendapatkan rezeki tak terduga, berikut caranya.

1. Selalu bersyukur

Sudah banyak bukti bahwa Allah maha pemberi rejeki, maka kita harus selalu mensyukuri segala nikmat yang dilimpahkan. Tanpa kita sadari, Tuhan telah menganugerahi kita banyak kebahagiaan, mulai dari oksigen, air bersih, tempat tinggal yang nyaman, dan sebagainya.

Rezeki sebanyak apapun yang kita miliki, jika kita tidak bersyukur, maka akan kekurangan, selamanya akan kekurangan. Lain halnya jika kita menerima dengan rasa syukur apa yang Allah berikan, maka semua makanan akan mencukupi kebutuhan kita.

Syukur adalah cara membuka pintu rezeki lebih luas lagi. Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mengungkapkan rasa terima kasih, yaitu:

  • Ucapkan hamdallah atau Alhamdulillah.
  • Bersyukur atau tingkatkan keimanan kepada Allah SWT dengan hati.
  • Terima kasih atas perbuatan baiknya, atau jauhi larangannya dan patuhi perintahnya.
Lihat juga:  Cara Mengobati Bisul Pada Bayi Secara Alami

2. Bertobat

Sebagai manusia biasa, kita pasti pernah melakukan kejahatan, baik kecil maupun besar. Setiap orang mungkin memiliki masa lalu yang kelam, namun Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, maka sudah selayaknya kita meminta ampunan-Nya.

Meskipun kita memiliki usia dan waktu, jangan lewatkan kesempatan untuk meminta pengampunan dan pertobatan yang tulus. Pertobatan bukan sekedar mengakui dan menyadari kesalahan yang dilakukan, tetapi bagaimana kita bisa menjadi orang yang lebih baik.

Malaikat Mikail menyukai orang yang selalu bertaubat dengan sepenuh hati, yaitu menyadari kesalahannya, tidak mengulanginya, dan menggantinya dengan kebaikan kepada orang tua, keluarga, sahabat atau orang lain.

3. Ikhtiar dan Tawakar

Allah adalah pemberi nafkah bagi semua manusia, bukan hanya umat Islam, karena memberi nafkah berarti keadilan. Jika ingin mendapatkan pintu rezeki yang lebih luas, maka jangan lupa untuk bekerja keras, dan tentunya juga harus menaruh amanah.

Maju adalah berusaha dengan sungguh-sungguh, karena peraturan yang telah ditetapkan tidak akan datang dengan sendirinya. Malaikat Mikail akan melihat betapa kerasnya perjuangan manusia mencari rezeki dan amanah.

Tawakal artinya pasrah, bersabar setelah berbisnis. Pasrah bukan berarti pasrah begitu saja, tapi pasrah setelah berusaha semaksimal mungkin menjemput rezeki, karena sesungguhnya Allah lebih tahu apa yang kita butuhkan.

4. Cinta memberi

Cara membuka pintu makanan yang terakhir adalah suka memberi atau berbagi makanan dengan hati yang tulus. Harta yang kita peroleh ada haknya kepada orang lain, maka kita harus memberikannya kepada yang membutuhkan.

Meskipun memberi pada prinsipnya adalah berbagi makanan dan pakaian dengan orang lain, diyakini bahwa makanan dan pakaian yang dibagikan melalui pemberian tidak akan pernah habis. Tepatnya, Allah akan menambah rezeki sepuluh kali lipat.

Padahal, ini 10 kali lipat dari janji Allah, sehingga masih memungkinkan untuk mendapatkan rezeki yang lebih banyak. Kekuatan memberi terkadang memungkinkan kita mendapatkan rezeki yang tak terduga.

Sedekah dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan yang memiliki keterbatasan dana, karena sedekah bukanlah sekedar bentuk harta. Nyatanya, tersenyum telah menjadi selebaran yang sangat murah dan mudah.

Bukti keberadaan Allah sebagai Maha Pemberi Rezeki (Ar-Razzaq) sangatlah jelas terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Allah memberikan rezeki kepada semua makhluk-Nya, baik yang beriman maupun yang tidak. Bukti ini didukung oleh banyak ayat dalam Al-Quran, seperti QS. Al-Qashash (28:82) yang menyatakan bahwa Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas. Sebagai hamba yang beriman, kita harus selalu bersyukur atas rezeki yang diberikan-Nya dan berusaha memanfaatkannya dengan baik.

#Bukti #Allah #Maha #Pemberi #Rezeki #ArRazzaq #Dengan #Dalilnya arbo Bukti Allah Maha Pemberi Rezeki (Ar-Razzaq) Dengan Dalilnya