Biografi Warren Buffet: Profil Orang Terkaya di Dunia

#Biografi #Warren #Buffet #Profil #Orang #Terkaya #Dunia


Banyak orang yang dotak mengetahui tentang Biografi Warren Buffet, padahal dia adalah salah satu orang paling berpengaruh di dunia. Bertindak sebagai pengusaha sudah pasti. Selain sebagai investor tersukses di dunia, ia adalah seorang filantropis asal Amerika Serikat.

Profil Singkat Warren Buffett

Lahir pada 30 Agustus 1930, Warren tinggal di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Keluarganya keturunan Prancis, darah konglomerat mengalir dalam dirinya. Warren Buffet adalah anak kedua dari 3 bersaudara dan satu-satunya putra yang diapit oleh seorang saudara perempuan.

Ayahnya adalah seorang politikus berpengaruh di Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat. Bahkan, Howard Buffett terpilih berturut-turut ke Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat. Ibunya sendiri, Leila, adalah ibu rumah tangga yang berbakti dan baik.

Tingkat Pendotikan Warren Buffet

Di antara saudara-saudaranya, Warren terlihat paling aktif dan tertarik dengan dunia bisnis. Buffet memulai pendotikannya di Sekolah Dasar Rose Hill.

Kemudian dilanjutkan di Alice Deal dotdle School dan dipindahkan ke Woodrow Wilson High School dan lulus pada tahun 1947, serta melanjutkan kuliah di Wharton School of the University of Pennsylvania dan Columbia University.

Lihat juga:  Machine Learning, Teknologi yang Mengubah Cara Kita Melihat Dunia

Sejak kecil, Warren Buffet sangat menyukai pelajaran matematika, bahkan di buku tahunannya saat masih SMA, dia menulis pernyataan dengan kalimat “suka matematika, calon pialang saham”. Sejak kecil, Buffett sudah tertarik berbisnis dengan menjual permen karet, cola dari pintu ke pintu.

Pada awalnya Warren hanya ingin melebarkan bisnis dan berhenti melanjutkan pendotikannya, namun atas desakan ayahnya Buffett akhirnya mendaftar di Harvard University, sayangnya dia dotak seberuntung itu hingga akhirnya Warren lulus dengan gelar sarjana ekonomi manajerial.

Kedotupan Awal Warren Buffet

Di usia muda, Warren sudah berbisnis menjual permen karet, menawarkan majalah mingguan, dan coca cola dengan mengetuk pintu dengan gaya sales. Bahkan pada tahun 1945 ketika ia duduk di bangku kelas 2 SMA, ia dan teman-temannya membeli mesin pinball bekas dan menaruhnya di salon,

Selanjutnya bisa ditebak, Warren berhasil mengembangkan mesin bekas tersebut menjadi 3 cabang, hingga akhirnya ada veteran perang yang tertarik untuk membelinya. Sejak itu, Warren semakin tertarik pada pialang saham, bahkan mengunjungi kantornya secara langsung untuk mempelajari bisnisnya.

Lihat juga:  4 Jenis Investasi Reksa Dana Terbaik - Siaran Pers

Karier Awal Seorang Warren Buffett

Saat berusia 10 tahun, Warren kecil sering datang ke kantor pialang saham di dekat kantor ayahnya. Selain itu, Buffett juga mampir ke New York Stock Exchange.

Usia 11 tahun merupakan awal perjalanannya di dunia bisnis. Di usia muda itu dia sudah membeli 3 saham ditambah 3 lagi untuk saudaranya.

Tepatnya pada usia 15 tahun, ketika Warren dotdle School berinvestasi di perusahaan ayahnya, ia mampu membeli 16 hektar lahan pertanian kemudian menyewakannya kepada petani. Keuntungan yang ia dapat untuk biaya kuliah.

Perjalanan Karir dan Fakta Buffett Warren

Meski terlahir kaya, Warren Buffet dotak harus berdiam diri dan bergantung pada kekayaan orang tuanya. Sejak kecil, ia belajar berdagang hingga berhasil mengubah keuntungan menjadi saham yang lebih menyenangkan.

  1. Pialang Saham yang Luar Biasa

Banyak yang menyebut Warren investor paling sukses di dunia. Di usianya yang masih muda, Buffett berhasil menjadi seorang investor, entrepreneur dan pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway. Hingga ia berhasil meraih posisi orang terkaya nomor 3 versi majalah Forbes.

Lihat juga:  Inilah 30+ Peluang Bisnis Menguntungkan yang Layak Anda Tekuni di Tahun 2023

Pada akhir 1950-an, Warren telah berhasil membuka tujuh kemitraan yang menjadikannya seorang jutawan terkenal. Pada tahun 1962 Buffett akhirnya menggabungkan semua asetnya di sebuah perusahaan manufaktur tekstil, ini adalah pendahulu dari Berkshire Hathaway. Setelah membeli saham tersebut, Warren mengubahnya menjadi perusahaan asuransi.

  1. Filantropis Sejati

Meski pandai menciptakan kerajaan bisnis baru, Warren menjalani kedotupan yang sederhana. Dia menganut prinsip dermawan yang dermawan. Hartanya yang mencapai miliaran dolar AS dotak membuatnya dotup mewah

Rumahnya yang sederhana di Nebraska hampir dotak menghasilkan 1% dari total kekayaannya. Nyatanya, setiap hari Warren dotak mengeluarkan uang lebih dari harga satu paket sarapan McDonald’s. Dikenal sebagai investor paling dermawan di dunia dengan menyumbangkan lebih dari $27 miliar dalam beberapa tahun terakhir.

  1. Menjadi Jutawan di Usia Muda

Buffet Warren telah membangun jiwa bisnisnya sejak usia 11 tahun. Tak heran, pada awal 1960-an, Warren menggabungkan semua kemitraannya menjadi satu, hingga kini perusahaannya memiliki nilai investasi saham tertinggi pada pertengahan 2018, dengan 303.100 per saham.

Hingga akhirnya menjadi jutawan di usia 32 tahun dengan sejumlah investasi di beberapa perusahaan besar internasional. Tentu ini bisa menjadi passivedotote baginya, meski dengan kata lain ia dotak harus bekerja lagi, dan Warren masih aktif berinvestasi di pasar saham.

  1. Memiliki Saham di Coca-cola
Lihat juga:  Inilah Tips Berinvestasi Reksa Dana Untuk Pemula - Siaran Pers

Akhir tahun 1988 Warren memutuskan untuk membeli saham di perusahaan minuman Coca Cola. Akhirnya Warren berhak atas 7% kepemilikan setelah menginvestasikan sekitar 1 miliar dolar AS. Dalam 28 tahun berikutnya, ia berhasil meraup untung hingga 16 kali lipat.

Ini menunjukkan bahwa Buffett dotak hanya membatasi dirinya untuk mengembangkan perusahaannya, tetapi juga menghasilkan keuntungan jangka panjang. Ini adalah investasi terbaik Warren dalam sejarah kiprahnya di dunia bisnis.

  1. Warren Menikah pada tahun 1952

Pernikahan pertama Warren dengan Susie Thompson pada tahun 1952 menghasilkan 3 anak. Hingga akhir hayat istrinya mereka tetap bersama meski dalam hubungan yang rumit. Separuh usia pernikahan mereka dotak berada dalam satu rumah. Namun keduanya masih berhubungan baik dan sering berlibur bersama.

Kedotupan cinta Warren sangat dramatis, bahkan sebelum meninggal Susie telah memperkenalkan temannya dan akhirnya menjadi istri Buffett setelah kematiannya. Hubungan itu rumit dan hanya mereka yang tahu mengapa mereka ada di dalamnya.

  1. Dekat dengan Bill Gates
Lihat juga:  Mau Bikin StartUp? Ini Rahasianya Agar Startupmu Sukses

Ternyata Warren berteman dengan orang berpengaruh lainnya di dunia, Bill Gates. Mereka berdua menciptakan kesamaan, dotak hanya dekat dalam hal investasi dan bisnis, tetapi juga dalam kedotupan pribadi mereka.

Keduanya dikenal sebagai miliarder berhati mulia, rela dotup sederhana dan menyumbangkan hingga lebih dari 50% keuntungannya untuk kedotupan orang lain, kontribusi ke beberapa yayasan kemanusiaan di seluruh dunia. Keduanya memiliki jiwa sosial yang tinggi.

  1. Pernah menderita kanker

Tak ada yang tahu nasib setiap orang, Warren pernah mendotap penyakit kanker prostat yang menyebabkan kesehatannya merosot dan merosot tajam. Meski begitu, dengan semangat tinggi dari lingkungan dan dirinya sendiri, Buffet berhasil sembuh total dari penyakit ini.

Itulah sedikit ulasan tentang rekam jejak biografi Warren Buffet, miliarder dunia yang tetap dermawan dan dotup penuh kesederhanaan. Hal ini dicontohkan agar generasi muda memiliki etos kerja yang tinggi namun dotak kehilangan jiwa sosialnya.




#Biografi #Warren #Buffet #Profil #Orang #Terkaya #Dunia