OPPO Reno8 vs OPPO Reno8 T: Perbandingan Spesifikasi

GadGet – Beberapa waktu lalu, OPPO Reno8 melakukan debut resminya di pasar global. Versi standarnya adalah mid-ranger yang luar biasa, dengan desain cantik dan spesifikasi seimbang. Beberapa bulan kemudian, awal bulan ini, muncul varian lain dari lini tersebut: OPPO Reno8 T . Ini adalah satu lagi ponsel kelas menengah yang diluncurkan di pasar global dan merupakan ponsel bernilai-untuk-uang yang menarik karena kemampuannya. Jika Anda ingin mengetahui ponsel mana yang terbaik, berikut perbandingan spesifikasi utama OPPO Reno8 dan OPPO Reno8 T (versi 4G).

Membentuk

Desain kedua ponsel ini tidak terlalu mirip, meski termasuk dalam seri yang sama. OPPO Reno8 memiliki desain plastik namun sangat elegan, termasuk modul kamera persegi panjang yang sedikit menonjol dari penutup belakang, sedangkan Reno8 T memiliki punggung kulit dengan modul kamera bulat. Reno8 T memiliki dimensi dan bobot yang kurang lebih sama dengan Reno8, dengan dimensi 160,8 x 73,8 x 7,8 mm dan berat 180g. Di sisi lain, Reno8 berukuran 160,6 x 73,4 x 7,7mm dan berat 179g. Kedua ponsel memiliki bingkai plastik, tetapi Reno8 T hadir dalam varian khusus dengan bagian belakang berbahan kulit. Ada juga varian dengan kaca belakang.

Lihat juga:  XL Axiata dan PLN Icon Plus Kolaborasi untuk Adopsi Teknologi Baru dan Digitalisasi

Layar

Seperti disebutkan sebelumnya dalam tabel spesifikasi, ponsel ini memiliki layar AMOLED 6,4 inci serupa dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel, kecepatan refresh 90 Hz, dan sertifikasi HDR10+, serta pemindai sidik jari dalam layar. Namun Reno8 T memiliki panel yang sedikit lebih lebar dengan diagonal 6,43 inci. Kecerahan puncaknya sama, pada 800 nits. Jika Anda harus memutuskan ponsel mana yang terbaik untuk Anda, maka sebaiknya jangan melihat tampilannya, lebih baik fokus pada fitur lainnya. Perhatikan bahwa OPPO Reno8 T adalah satu-satunya yang memiliki speaker stereo.

Lihat juga:  Cara Personalize Smartphone Jadi Lebih Mudah dengan One UI 5.1 di Galaxy S23 Series 5G

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Reno8 dibekali chipset Dimensity 1300 dari Mediatek, sedangkan Reno8 T dibekali chipset Helio G99, juga dari Mediatek. Dimensity 1300 adalah chipset yang lebih bertenaga dengan delapan inti pada 3 GHz, sedangkan Helio G99 memiliki delapan inti pada 2,2 GHz. Lebih lanjut, MediaTek Dimensity 1300 juga dilengkapi dengan konektivitas 5G, yang tidak dimiliki oleh Mediatek Helio G99. Namun, Reno8 T memiliki opsi penyimpanan yang lebih besar, dengan penyimpanan internal 256GB dan slot microSD, dibandingkan dengan maksimum 256GB Reno8 (tanpa penyimpanan yang dapat diperluas). Versi standar dikirimkan dengan Android 12 (meskipun telah diperbarui ke Android 13), sedangkan OPPO Reno8 T dikirimkan dengan Android 13 dan ColorOS 13.

Lihat juga:  Ethereum Shanghai Upgrade Sebentar Lagi, Ini Prediksi Indodax Soal Ethereum Ke Depan

Kamera

Departemen kamera adalah keunggulan OPPO Reno8. Ini memiliki pengaturan tiga kamera di bagian belakang, dengan sensor utama 50 MP, lensa ultrawide 8 MP, dan sensor kedalaman 2 MP. Di sisi lain, Reno8 T memiliki pengaturan tiga kamera dengan sensor utama 100 MP, lensa makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP. Kedua ponsel memiliki kamera depan 32MP yang sama untuk selfie. Meski Reno8T memiliki resolusi lebih tinggi untuk sensor utama, nyatanya kamera utama versi vanilla memiliki performa lebih baik hanya karena sensornya lebih baik. Selain itu, versi standar adalah satu-satunya dengan kamera ultrawide dan ini merupakan nilai tambah lainnya.

Lihat juga:  "Tips untuk Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa ala Halodoc"

Baterai

Reno8 T memiliki kapasitas baterai lebih besar yakni 5000 mAh, dibandingkan Reno8 yang berkapasitas 4500 mAh. Dan itulah alasan mengapa ia mampu memberikan masa pakai baterai lebih lama dengan sekali pengisian daya. Namun, kecepatan pengisian daya Reno8 T lebih lambat dengan kemampuan pengisian cepat 33W, sedangkan Reno8 memiliki kemampuan pengisian cepat 80W.

harga

OPPO Reno8 tersedia di pasar global dengan banderol harga Rp4,5 juta, sedangkan Anda hanya membutuhkan Rp4 juta untuk mendapatkan satu unit OPPO Reno8 T. Namun, yang pertama sedikit lebih unggul. Mana yang akan Anda pilih?