Bayi Tarnik: Pengertian, Prosedur, dan Manfaat untuk Kesehatan

Halo Arbo Web, Anda mungkin pernah mendengar tentang Baby Tarnik. Baby Tarnik adalah sebuah terapi yang menjanjikan bagi bayi yang baru lahir. Dalam prosedurnya, bayi direndam dalam air dingin, kemudian dipijat dan digerakkan dengan lembut. Teknik Baby Tarnik ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan bayi secara signifikan. Ini adalah teknik yang unik dan menjadi semakin populer di kalangan orangtua yang peduli kesehatan bayi mereka. Yuk, simak lebih lanjut!

Bu, pernahkah Anda mendengar tentang bayi tarnik? Praktik ini merupakan salah satu Sunnah Nabi Muhammad SAW saat menyambut bayi yang baru lahir.

Bayi Tahnik bahkan diiklankan sebagai kekebalan bawaan, karena secara medis diketahui bahwa tindakan mereka mencakup manfaat dan kesehatan bagi bayi.

Dari Abu Musa: “Anakku lahir, dan aku pergi bersamanya kepada Rasulullah, lalu dia memberinya nama Ibrahim, membasuhnya dengan kurma, dan berdoa memohon berkahnya.” (HR Bukholi – Muslim).

Dalam Islam, ada delapan praktik yang terkait dengan kelahiran bayi. Tiga laku saat lahir adalah membaca adzan, iqama dan tafnik.

Empat latihan pada hari ketujuh setelah melahirkan: memberi nama, aqiqah, mencukur rambut dan memberi sedekah. Salah satu kebiasaan setelah hari ketujuh adalah sunat.

Di bawah ini adalah informasi tentang bayi tafnik dalam Islam. Yuk kita simak, Bu!

Apa itu bayi tarnik?

Tahnik bayi merupakan salah satu ajaran (Sunnah) nabi SAW saat menyambut bayi yang baru lahir.

Tahnik bayi dilakukan dengan menggigit kurma sampai halus, kemudian menggigitnya dengan ujung jari dan menempelkan serta menggosoknya dengan sedikit rotasi atau pijatan di atap mulut bayi.

Dalil-dalil praktik tafnik bayi ini sangat banyak, di antaranya adalah Sahihadith, yang dituturkan oleh Imam Muslim.

عَنْ عَائِشَةَ : أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُؤْتَى بِالصِّبْيَانِ فَيُبَرِّكُ عَلَيْهِمْ وَيُحَنِّكُهُمْ

“Dari istri Nabi, Aisha, Nabi (saw) mempersembahkan beberapa bayi, dan Nabi berdoa dan membersihkan mereka untuk berkat-berkat mereka.”

Tafnik bayi dilakukan oleh Nabi SAW pada sesama anak untuk tujuan kesehatan, memaksa anak untuk mengambil prebiotik dari metode tafnik.

Tata Cara Bayi

Tahnîk dilakukan pada bayi dengan melunakkan satu atau lebih biji kurma atau permen dengan mulut pentanik dan menekan atap mulut bayi

Jika memungkinkan, buka mulut bayi sampai sebagian kentang tumbuk mencapai perut.

Dianjurkan untuk membuatnya mentah dalam tam (kurma kering), dalam lutab (kurma basah) jika tidak ada, atau dalam makanan manis yang tidak terbakar, seperti anggur kering (kismis) atau madu jika tidak ada. Hal ini ditularkan oleh ulama Syafiiyyah dan Hanabira [Lihat al-Majmû’ 4/434 dan Fathul Bâri, 9/588].

Ibnu Hajar (semoga Allah mengasihaninya) berkata:

“Lebih penting lagi, rawnîk dilakukan dengan kurma kering (tamr), dan jika tidak mudah mendapatkan kurma kering (tamr), gunakan kurma basah (ruthab). Jika tidak ada tanggal, Anda bisa menggantinya dengan manis. Tentu saja, madu lebih penting dari apapun.” (Faturbari 9/588)

Imam al-Mawardi (semoga Allah mengasihaninya) berkata,

“Menurut ulama yang mengizinkan bayi memesan, yang terpenting menurut mereka adalah menggunakan kurma. Ini pendapat para ulama Syafiiyah dan Hanavira.” (Al-Inshav Lil Mawaldi, 4/104)

Kesimpulannya adalah bahwa bayi tahnik diperbolehkan dalam segala hal yang memiliki rasa manis alami yang dapat merangsang bayi untuk bergerak dan melatihnya untuk dapat mengisap susu ketika ibu mengeringkannya.

Mereka yang mempraktekkan tafnik bayi bisa laki-laki atau perempuan, seperti yang dinyatakan oleh Ibnu al-Qaim (semoga Allah mengasihaninya) menyatakan, Imam Ahmad bin Hanbal pernah memiliki anak dan orang yang mentah adalah perempuan.

Manfaat baby toughnik untuk kesehatan

Kurma yang digunakan pada balita tafnik memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan ibu, lho, yang kecil.

Buah kurma sebagai bahan baku yang digunakan adalah buah-buahan dengan kandungan yang baik untuk bayi.

Kurma mengandung karbohidrat, yang, ketika dikunyah dan dicampur dengan air liur, berubah menjadi glukosa. Jika kadar gula glukosa dalam darah bayi yang baru lahir sangat rendah.

Kurma diakui sebagai “makanan sehat jantung” oleh American Heart Association karena rendah kolesterol dan mengandung lemak jenuh.

Hal ini dikarenakan kurma mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang Si Kecil secara sehat.

Kurma memiliki tekstur lengket dan agak keras, jadi sebelum menggunakannya pada baby taniks, Anda harus melumasi kurma terlebih dahulu.

Kurma adalah buah yang layak dimasukkan dalam superfruits karena kandungannya yang sangat baik. Nutrisi yang terkandung dalam buah kurma tumit adalah:

  • Tiamin: 0.05 mg
  • Riboflavin: 0,02 mg
  • Niasin: 0.51 mg
  • Asam folat: 2,45 μg
  • Vitamin K: 4,93 μg
  • Vitamin A: 149 IU
  • Beta-karoten: 89 μg
  • Seng: 0,44 mg
  • Zat besi: 0.9 mg
  • Lutein: 23 μg
  • Zeaxanthin: 86,34μg
  • Fosfor: 33,88 mg
  • Magnesium: 14,34 mg

Memberikan kurma kepada Si Kecil menggunakan tahnik bayi juga merupakan cara untuk mematangkan organ limfatik, baik secara lokal maupun sistemik.

Sistem limfatik Ini adalah kelenjar getah bening yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

Tahnik bayi ini juga dapat membantu bayi prematur. Hal ini dikarenakan kondisi bayi sangat membutuhkan solusi cepat.

Saat ini, banyak rumah sakit memberikan glukosa kepada bayi dan anak-anak untuk menghirupnya segera setelah lahir, dan kemudian mulai menyusui ibu.

Nah, itu adalah informasi ibu tentang bayi Tafnik, dan ini juga merupakan keajaiban kenabian nabi SAW.

Namun, itu sebelumnya tidak diketahui baik pada masanya maupun hingga saat ini, kecuali setelah banyak penelitian tentang abad kedua puluh.

Baby Tarnik adalah sebuah terapi yang memanfaatkan teknik pijat khusus pada bayi yang dilakukan oleh ahli terapi yang berpengalaman. Terapi ini tidak hanya memberikan rasa nyaman bagi sang bayi, namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti memperkuat sistem imun dan meningkatkan kualitas tidur. Dalam prosedurnya, terapis akan memijat lembut dan mengurut-urut secara hati-hati di sekitar jaringan kulit bayi. Dengan cara ini, aliran darah dan oksigen dapat meningkatkan kualitas serta pertumbuhan bayi secara alami. Bagi para orangtua yang ingin memberikan perawatan yang terbaik bagi bayi mereka, Baby Tarnik merupakan solusi yang patut di pertimbangkan. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

#Baby #tarnik #definisi #prosedur #dan #manfaat #untuk #kesehatan arbo Baby tarnik: definisi, prosedur dan manfaat untuk kesehatan