Apakah rumah itu disewakan atau dijual? Waspadai pertimbangan untung dan rugi

Memutuskan apakah rumah harus disewakan atau dijual memerlukan pertimbangan yang matang. Pembeli dan penyewa memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Penyewaan memungkinkan pendapatan yang stabil, sementara penjualan dapat memberikan profit besar. Pertimbangkan juga faktor waktu, biaya perbaikan, dan potensi pasar sebelum membuat keputusan akhir.

Apakah rumah itu disewakan atau dijual? Waspadai pertimbangan untung dan rugi

Rumah adalah jenis investasi real estat yang menguntungkan, terutama jika Anda memiliki lebih dari satu rumah. Namun, rumah yang tidak ditempati juga membutuhkan biaya yang besar. Jadi tidak jarang Anda bingung apakah akan menyewakan atau menjual rumah Anda?

Keputusan untuk menyewakan/menyewakan atau menjual rumah tentunya memiliki pro dan kontra. Pertimbangkan pertimbangan antara menjual dan menyewa rumah sebelum Anda membuat keputusan akhir.

Pertimbangan rumah untuk disewakan atau disewakan

Dibandingkan menjual rumah, menyewa rumah terkadang menjadi pilihan yang lebih mudah dan cepat. Meskipun keuntungan langsungnya tidak banyak, biaya sewa bulanan atau tahunan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, menyewa rumah juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendiversifikasi penghasilan Anda.

Lihat juga:  Cara Mengobati Biang Keringat Di Selangkangan

Namun harus kita akui bahwa menyewa rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya, seperti:

Keuntungan menyewa rumah

  1. permintaan yang tinggi

Rumah disewakan banyak diminati terutama yang berada di lokasi strategis seperti dekat jalan tol, pusat perbelanjaan, stasiun, gedung perkantoran, dll. Jika lokasi rumah Anda cukup strategis, peluang menjual rumah untuk disewakan lebih cepat.

  1. Harga sewa rumah bisa naik

Permintaan pasar yang tinggi dapat terus menaikkan harga sewa rumah. Umumnya harga sewa apartemen per tahun sekitar 5% dari harga rumah. Misalnya, jika rumah itu bernilai Rp 500 juta, Anda bisa menyewanya seharga Rp 25 juta per tahun. Angka ini bisa meningkat sekitar 10%-15% tergantung kondisi lingkungan rumah Anda.

  1. Tidak ada biaya perawatan

Keuntungan lain dari menyewa rumah adalah Anda tidak perlu khawatir dengan biaya perawatan setiap bulan. Seperti yang Anda ketahui, jika rumah tidak ditempati maka akan jarang dirawat sehingga rumah akan cepat rusak. Namun, jika rumah tersebut disewakan, biaya pemeliharaan dan listrik ditanggung oleh penyewa.

  1. Rumah bisa dijual
Lihat juga:  Cara Mengobati Gegar Otak

Jika Anda tidak lagi berencana menyewakan rumah, masih ada opsi untuk dijual di masa mendatang, terutama saat Anda membutuhkan uang. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan penghasilan bulanan dan menghasilkan banyak uang saat Anda menjualnya.

  1. Dapatkan penghasilan tambahan

Rumah kontrakan akan menghasilkan pendapatan tambahan setiap bulan atau setiap tahun, tergantung pada sistem pembayaran yang disepakati. Anda dapat menggunakan jumlah yang diterima untuk investasi atau biaya hidup tambahan.

Kurangnya sewa

Namun, di balik kelebihannya, ada juga kerugian dari menyewa rumah. Salah satu kekurangannya adalah masa sewa yang agak singkat. Beberapa penyewa dapat menandatangani kontrak jangka panjang, tetapi tidak sedikit juga yang menyewa untuk jangka pendek, seperti satu hingga dua tahun.

Tuan tanah juga harus lebih selektif dalam memilih penyewa yang baik. Hal ini disebabkan karena rumah sewa sering mengalami kerusakan karena penyewa tidak bertanggung jawab dan menganggap bahwa rumah tersebut bukan milik pribadi sehingga tidak menjaga kondisi dan kualitas bangunan.

Lihat juga:  Cara Membuat Sabun Batang Alami

Pertimbangkan rumah untuk dijual

Saat bingung mau menyewa atau menjual rumah, tak sedikit yang memilih untuk menjualnya. Banyak pendapat yang dimiliki oleh orang yang menjual rumah, salah satunya adalah mereka membutuhkan uang dalam jumlah yang besar.

Seperti yang Anda ketahui, harga jual rumah seringkali mengalami kenaikan setiap tahunnya, apalagi jika rumah tersebut berada di kawasan yang strategis. Dibandingkan dengan menyewa, Anda bisa mendapatkan dana baru dalam jumlah besar saat menjual rumah.

Rumah dijual juga memudahkan Anda karena tidak perlu merawat dan merawat rumah saat tidak ditempati, termasuk menghemat lebih banyak biaya listrik yang harus Anda bayarkan setiap bulan. Uang hasil penjualan rumah juga bisa Anda gunakan sebagai bentuk investasi lain, mulai dari membeli rumah lagi, membuka usaha atau menambah deposit.

Namun perlu diingat bahwa menjual rumah bukanlah hal yang mudah, apalagi jika Anda tidak menggunakan jasa agen perumahan. Sebagai pemilik rumah, Anda perlu mengetahui harga jual rumah, memahami spesifikasi rumah, dan mampu bernegosiasi agar bisa menjual rumah dengan harga tinggi.

Lihat juga:  Berikut Merupakan Cara Cara Pengawetan Bahan Makanan Secara Alami Adalah

Kelemahan lain untuk menjual rumah Anda adalah Anda perlu melakukan promosi offline dan online dengan benar untuk menjual rumah Anda dengan cepat.

Menjual apartemen menggunakan agen real estat

Tantangan menjual rumah yang menyita waktu sebenarnya bisa diminimalisir dengan menggunakan jasa agen properti. Tidak hanya membantu menjual rumah Anda, ada beberapa keuntungan menjual rumah Anda melalui agen perumahan, seperti:

  • Agen real estat memiliki spesialisasi mereka sendiri, sehingga mereka memiliki pemahaman yang baik tentang lingkungan dan harga rumah. Ini akan membantu Anda karena rumah dijual dengan harga terbaik.
  • Saat menjual rumah, Anda harus mengurus dokumen seperti BPHTB, PBB, PPH dan bea balik nama yang memakan waktu, tenaga dan uang. Namun, jika Anda menggunakan jasa agen perumahan, mereka dapat membantu prosesnya.
  • Agen properti merekomendasikan renovasi rumah untuk mempercantik rumah Anda. Tentu saja, hal ini dapat meningkatkan harga rumah Anda.
  • Seorang agen real estate bertindak sebagai perantara untuk mencocokkan keinginan pembeli dan penjual untuk menyelesaikan transaksi jual beli rumah.
  • Jasa agen properti profesional memiliki promosi penjualan offline dan online sehingga dapat menjangkau berbagai calon pembeli.
Lihat juga:  Cara Cek Hamil Alami

penutupan

Keputusan untuk menyewakan atau menjual rumah tentunya kembali kepada Anda sebagai pemilik. Namun, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan serta kelebihan dan kekurangan yang mungkin Anda alami.

in Conclusion

Dalam memutuskan apakah akan menyewakan atau menjual rumah, ada pertimbangan untung dan rugi yang harus diwaspadai. Meski menyewakan dapat memberikan pendapatan tetap, perbaikan dan biaya sewa ulang harus diperhitungkan. Sementara itu, menjual rumah dapat memberikan keuntungan besar, tetapi harus mempertimbangkan waktu penjualan, biaya komisi, dan lain-lain. Penting untuk mempertimbangkan dengan hati-hati sebelum mengambil keputusan untuk menjual atau menyewakan rumah.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Apakah #rumah #itu #disewakan #atau #dijual #Waspadai #pertimbangan #untung #dan #rugi arbo Apakah rumah itu disewakan atau dijual? Waspadai pertimbangan untung dan rugi