Apa Saja Manfaat Domain untuk Bisnis? Ini Dia 5+ Jawabannya! 

“Setelah membeli domain, apa yang bisa dilakukan, ya?” Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas di benak Anda. Padahal, ada banyak manfaat domain yang bisa kamu rasakan lho!

Selanjutnya, fungsi domain adalah untuk ubah 16 digit IP Address menjadi alamat website yang mudah ditulis dan diingat. Maka tak heran, nama domain digunakan untuk berbagai hal.

Ingin tahu keuntungan memiliki domain sendiri? Ini dia artikel lengkapnya!

7 Manfaat Domain Yang Harus Anda Ketahui

Setelah Anda membeli domain, apa yang Anda lakukan? Inilah tujuh hal yang mungkin Anda nikmati setelah membeli domain:

  1. Membangun Personal Branding
  2. Buat Email Secara Profesional
  3. Membuat Blog yang Menarik
  4. Menautkan Domain Khusus
  5. Membuka Toko Online Anda Sendiri
  6. Tingkatkan Performa SEO Situs Web
  7. Mendapatkan Keuntungan Dari Penjualan Domain

Langsung saja, mari kita rasakan keuntungan membeli domain pertama Anda!

1. Membangun Personal Branding

Manfaat domain yang pertama adalah membangun personal branding yang efektif. Dengan domain yang Anda miliki, Anda dapat menambahkan merek pribadi Anda melalui situs web portofolio.

Situs web portofolio akan menampilkan citra profesional diri Anda. Tidak hanya dalam bentuk menjelaskan keahlian Anda, website portofolio juga bisa digunakan untuk menampilkan karya terbaik Anda.

Misalnya, jika Anda seorang desainer grafis, karya desain Anda dapat ditampilkan di halaman galeri di situs web Anda. Tentunya website portofolio Anda membutuhkan layanan web hosting sebagai media penyimpanannya.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

Jadi, apakah domain itu penting?

Tentu saja. Selain menggunakan hosting, Anda juga perlu menyiapkan nama domain. Domain dapat dibandingkan sebagai identitas website untuk memudahkan pengunjung menemukan situs Anda.

Memiliki nama domain untuk branding yang kuat memudahkan Anda untuk diakui sebagai seorang profesional. Apalagi di era digital sekarang ini, personal branding sangat penting untuk mendapatkan pelanggan baru dan relasi bisnis.

Sebaiknya Anda segera menentukan domain yang ingin digunakan untuk keperluan branding ini. Ketika nama domain milik orang lain, Anda harus siap menggunakan nama yang berbeda.

Intinya siapa cepat pasti bisa!

2. Buat Email Profesional

Manfaat memiliki domain selanjutnya adalah membuat alamat email profesional.

Saat melakukan korespondensi bisnis melalui email, tentunya Anda ingin terlihat profesional bukan? Namun, menggunakan email seperti [email protected] atau [email protected] sepertinya kurang bonafide.

Apalagi jika Anda sedang dalam tahap membangun bisnis dengan relasi baru. Selain kurang menarik, Anda akan kesulitan bersaing dengan kompetitor yang sudah menggunakan email profesional.

ilustrasi manfaat domain untuk membuat email dengan nama domain sendiri

Oleh karena itu, membuat email profesional dengan domain Anda sangatlah penting.

Misalnya, jika nama domain Anda adalah digitalnews.com, akan lebih menarik bagi relasi Anda jika menggunakan email [email protected].

Lantas, apa saja langkah-langkah membangun email dengan custom domain name? Jangan khawatir, Anda bisa mampir ke panduan cara membuat email dengan domain sendiri yang sudah kami siapkan.

3. Buat Blog yang Menarik

Manfaat lain dari memiliki domain sendiri adalah membangun blog yang menarik. Oleh karena itu, penting untuk memilih dan membeli nama domain yang unik dan sesuai dengan topik yang Anda sukai.

Lihat juga:  Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Blog adalah jenis situs web yang berisi konten yang diperbarui. Konten yang Anda buat bisa berupa teks, file audio, video, atau gabungan dari berbagai media tersebut.

Selain digunakan sebagai sarana untuk berbagi ide dan pengalaman pribadi, atau untuk melatih kemampuan menulis, Anda bisa mendapatkan uang dari blogging.

Tahukah Anda bahwa membuat blog itu mudah? Dengan mengikuti pedoman yang tepat, blog impian Anda bisa menjadi kenyataan dalam waktu singkat. Silakan baca panduan lengkap kami tentang cara membuat blog.

4. Koneksi Domain Kustom

Manfaat lain dari domain adalah digunakan sebagai domain khusus di berbagai layanan, seperti Blogger. Selain itu, layanan dari Google ini sempat menjadi primadona bagi banyak blogger di Indonesia.

Apakah Anda salah satunya?

Sayangnya, Blogger memasukkan subdomain blogspot.com ke dalam nama blog yang unik. Contoh: entrepreneurship.blogspot.com.

Nama domain di atas tentu terkesan kurang personal bukan? Bandingkan jika nama blog Anda adalah entrepreneurship.com.

ilustrasi manfaat membeli domain sebagai custom address di blogger

Juga, jika Anda sudah memiliki nama domain, Anda dapat membuat domain khusus untuk blogger Anda. Singkatnya, Anda mengganti nama blogspot yang panjang dengan nama domain Anda sendiri.

Tujuan membuat custom domain adalah agar blog Anda lebih fleksibel dalam hal memilih nama yang unik, lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari, dan terlihat profesional.

Ada beberapa langkah untuk membuat domain blogger kustom. Kami memiliki cara mengubah domain Blogspot untuk Anda praktikkan.

5. Membuka Toko Online Sendiri

Kegunaan domain selanjutnya adalah sebagai alamat toko online. Apalagi jika domain tersebut menunjukkan identitas bisnis, menggunakannya untuk membuka website e-commerce merupakan langkah yang tepat.

Lihat juga:  Gambaran Tentang Hate Speech di Facebook dan Upaya Mengatasinya

Misalnya, jika nama domain Anda adalah prettycraft.com, Anda dapat menggunakannya untuk menjual kerajinan secara online.

Mengapa domain itu penting untuk toko online? Tujuan dari memiliki domain adalah agar website toko online anda dapat diakses dengan mudah oleh calon pembeli.

Apalagi mengingat potensi e-commerce Indonesia sangat besar! Bahkan pada tahun 2025, transaksi pasar online di Indonesia diprediksi mencapai 82 miliar dollar AS.

Dengan memasarkan produk Anda secara online, potensi keuntungan yang Anda dapatkan bisa meningkat. Apalagi jika pelanggan Anda berasal dari seluruh dunia.

ilustrasi keuntungan memiliki domain sendiri untuk membuka website toko online

Untuk membangun website toko online, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Mulailah dengan menentukan strategi untuk memilih nama domain bisnis.

Lalu, saatnya memilih platform. Salah satu platform yang paling umum dan sangat direkomendasikan adalah WordPress. Menggunakan WordPress, Anda dapat menginstal WooCommerce, sebuah plugin yang akan membuat toko online Anda lebih fungsional.

Selanjutnya, Anda tinggal menyesuaikannya agar toko online Anda terlihat menarik. Jangan lupa untuk terus mengembangkan toko online Anda agar lebih menguntungkan.

Penasaran ingin mempraktekkannya secara langsung? Silakan mampir ke panduan kami tentang cara membuat situs web toko online.

6. Meningkatkan Performa SEO Website

Bisakah domain yang Anda pilih memengaruhi peringkat situs web dalam hasil pencarian? Bisa, asalkan Anda memilih ekstensi domain yang tepat. Lho, ini kenapa?

Pertama, setiap ekstensi domain itu unik. Dengan ekstensi yang tepat, Anda dapat meningkatkan branding situs web Anda. Misalnya, jika Anda ingin membuka kursus privat, kami sarankan Anda memilih domain courseprivat.edu.

Lihat juga:  Cara Mengobati Gusi Yang Terluka

Kedua, tingkatkan CTR atau Click Through Ratio. Jika Anda memilih jenis domain yang terkenal, seperti .com, maka peluang CTR-nya tentu lebih tinggi dibandingkan .surf misalnya.

Ketiga, bidik hasil pencarian lokal. Jika Anda menargetkan audiens dari negara tertentu, pilih jenis domain yang mewakili negara tersebut, misalnya .id untuk pengunjung dari Indonesia.

Jika Anda penasaran bagaimana kegunaan domain untuk SEO, Anda bisa mengunjungi artikel kami yang berjudul Pengaruh Ekstensi Domain.

7. Hasil Penjualan Domain

Manfaat domain yang terakhir untuk bisnis adalah mendapatkan keuntungan dari jual beli domain. Jika ditanya, “Bisakah Anda menjual kembali nama domain?” Jawabannya iya!

Anda mungkin tidak berpikir bahwa domain bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Bahkan, sebuah nama domain bisa memiliki nilai jual yang berkali-kali lipat melebihi harga belinya.

Misalnya, jet.com adalah domain termahal di dunia saat ini. Domain tersebut dibeli oleh Walmart, sebuah perusahaan ritel di Amerika, seharga 3,3 miliar dolar AS pada tahun 2016. Wow!

Fenomena seperti ini sering terjadi dalam bisnis jual beli domain. Apa yang terjadi pada fb.com dan lasvegas.com. Singkatnya, memiliki nama domain berpotensi memberi Anda banyak keuntungan jika Anda memperhatikan tren investasi domain.

ilustrasi manfaat domain untuk jual beli domain di sedo.com

Ada banyak cara untuk menjual nama domain. Anda bisa menjualnya langsung ke pembeli atau menggunakan jasa pihak ketiga. Salah satu website yang menyediakan layanan jual beli domain adalah Sedo.

Sedo adalah domain pasar yang dikenal oleh banyak pebisnis. Anda bisa menyimak artikel cara jual domain di sedo jika anda berminat untuk jual beli domain.

Lihat juga:  Contoh Sk Kepala Sekolah Tentang Pembagian Tugas Guru

Baca juga: Beli Domain Untuk Investasi

Cara membeli Domain di Niagahoster

Anda sudah mengetahui berbagai manfaat dan kegunaan domain. Lalu, bagaimana cara mendaftarkan domain? Berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih penyedia layanan domain terpercaya dengan akreditasi resmi, seperti Niagahoster. Lalu, buka halaman Domain murah Niagahoster untuk mulai mendaftarkan nama domain.

Halaman <a href=Domain murah Niagahoster untuk membeli domain” class=”wp-image-74612″ data-lazy- src=”https://niagaspace.sgp1.digitaloceanspaces.com/blog/wp-content/uploads/2023/03/01124811/1-halaman-domain-murah-niagahoster-1024×527.webp”/>

2. Periksa apakah nama domain yang Anda inginkan masih tersedia. Di bagian ini, pastikan Anda sudah mendengar tips memilih nama domain yang tepat.

pilih nama domain yang tersedia untuk didaftarkan

3. Jika nama domain Anda masih bisa dibeli, segera lengkapi registrasi domain dan lakukan pembayaran.

menyelesaikan pendaftaran domain dan pembayaran di halaman pembelian

4. Setelah membayar domain, konfirmasikan kepemilikan domain melalui email yang dikirimkan kepada Anda.

5. Anda sudah bisa menggunakan domain Anda untuk berbagai hal yang kami jelaskan di atas. Menikmati!

Anda sudah memahami manfaat membeli domain, bukan?

Ada banyak manfaat domain untuk bisnis yang bisa Anda rasakan. Selain untuk membangun branding dan membuat email profesional, domain juga dapat digunakan untuk membangun toko online dan meningkatkan peringkat SEO.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memiliki nama domain sendiri? Jika demikian, pastikan Anda membeli domain dari penyedia terkemuka, seperti Niagahoster. Mengapa Anda harus membeli domain di Niagahoster?

Pertama, Niagahoster adalah sebuah layanan penyedia domain terpercaya dengan akreditasi ICANN. Kedua, Berbagai ekstensi domain tersedia bagi Anda untuk memilih. Ketiga, harganya murah banget, mulai Rp 14 ribu hanya!

Oh ya, kalau sudah punya domain dari layanan lain, bisa transfer domain ke Niagahoster dengan biaya yang terjangkau. Jadi tunggu apa lagi, segera amankan domain impian Anda!