8 Cemilan Ramadan Cokelat Paling Banyak Dicatat

Ramadan di Indonesia identik dengan berbuka puasa bersama keluarga dan teman-teman. Biasanya, sambil menunggu waktu maghrib tiba, kita akan menikmati cemilan. Salah satu cemilan favorit yang tidak bisa dilewatkan adalah cokelat. Berikut ini adalah 8 cemilan cokelat yang paling populer selama Ramadan di Indonesia.

8 Cemilan Ramadan Cokelat Paling Banyak Dicatat

Cemilan ramadhan yang paling banyak dicari sebagai meja buka puasa adalah es buah, es pisang ijo, es cendol, jajanan pasar, kurma, gorengan, kolak dan cilok.

Selama bulan suci Ramadhan, semua umat Islam dianjurkan untuk berpuasa seperti yang tercantum dalam rukun Islam. Jadi semua akan bersiap untuk berpuasa dan berbuka puasa. Ini adalah salah satu item menu paling populer Cemilan ramadhan.

Jajanan ini sering juga disebut dengan takjil, artinya makanan atau minuman yang diperjualbelikan sebelum berbuka puasa. Berbuka puasa dengan kurma hukumnya sunnah, namun umat Islam juga bisa memilih menggunakan menu lain.

Umumnya masyarakat mencari makanan yang memiliki rasa manis, seperti daun bawang, es pisang ijo, buah-buahan, kolak nightshade manis, kolak pisang, sop buah, dan lain-lain. Ada juga yang lebih suka makanan gurih seperti gorengan, martabak, mie goreng atau bihun goreng.

Jajanan Ramadhan Paling Dicari

Setelah menahan lapar dan dahaga sepanjang hari, mereka pasti akan berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang enak dan menyegarkan. Nah itulah beberapa jajanan yang paling banyak dicari di bulan Ramadhan dan bisa jadi pilihan kamu juga.

1. es buah

Dibandingkan menahan lapar, menahan dahaga tentu akan lebih sulit bagi orang yang berpuasa. Apalagi jika cuaca sedang panas dan menghangat di siang hari.

Lihat juga:  Cara Obati Kista Secara Alami

Oleh karena itu, minuman segar merupakan godaan terberat di bulan Ramadhan.

Ini adalah es krim buah populer yang terbuat dari berbagai potongan apel, dengan tambahan es, sirup, susu, dan topping lainnya, seperti keju.

Buah yang umum adalah buah naga, melon, melon, nanas, apel, sirsak, jeruk, kelapa, blewah, dan alpukat.

Pelanggan dapat memilih buah mana yang ingin ditambahkan. Harga produk es krim ini cukup murah, mulai dari Rp 5.000 yang dikemas dalam kemasan ukuran cup plastik.

Perpaduan warna buah di gelas terlihat jelas menambah dahaga.

Penjual es buah sangat mudah ditemukan di sepanjang jalan selama bulan suci Ramadan. Namun, mereka menjual karena waktu pembayaran sudah dekat.

Minat pelanggan untuk membeli takjil selalu tinggi dan itu termasuk dalam salah satu kategori menjalankan makanan ringan Ramadhan

2. Es Pisang Hijau

Cemilan ramadhan yang juga rasanya manis dan menyegarkan yaitu pisang es hijau. Makanan khas Makassar ini sangat populer dan banyak dicari serta dipilih untuk memuaskan menu makanan cepat saji. Seperti namanya, es krim pisang hijau terbuat dari pisang sebagai bahan utamanya.

Ada berbagai jenis pisang, biasanya pisang ambon, raja, atau kepok, yang sudah matang dan rasanya manis. Truk tersebut kemudian dicampur dengan tepung beras, air dan santan yang berwarna hijau dan berbau pandan.

Kemudian, pisang ijo akan disajikan dengan polenta gurih, sirup, es batu, dan susu kental manis. Namun saat ini banyak kreasi es krim pisang ijo yang tidak menambah polenta dalam penyajiannya.

Hal ini tidak masalah, asalkan bahan utamanya tidak bisa diubah, dan harganya bisa dibuat lebih hemat lagi. Sama halnya dengan es buah, es pisang ijo juga dijual mulai Rp5.000 per porsi. Dengan harga yang murah, biasanya makanan ini dikemas dalam gelas plastik.

Perpaduan rasa antara pisang, sirup, susu, dan es dapat dengan cepat menghilangkan dahaga orang yang berpuasa. Maka tak heran jika bulan suci Ramadan ini juga banyak dicari dan dijual.

Lihat juga:  Cara Mengobati Gigi Yang Berlubang

3. Itu Cendol

Es cendol juga tidak pernah mati seperti papan yang patah. Cemilan ramadhan Terbuat dari tepung beras yang dibentuk menjadi potongan-potongan berwarna hijau. Anda cendol dengan sirup gula, susu, kelapa dan bahan pelengkap lainnya sesuai selera (misalnya durian).

Perpaduan rasa gurih dan manisnya pas di lidah dan melepas dahaga. Selain di Indonesia, es cendol juga populer di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, dan Singapura.

Betapa mudah dan cepatnya makanan ini. Nah jika anda merasa bisa, anda bisa menjadikan es cendol sebagai ide jualan saat bulan puasa.

Meski banyak yang menjual papan yang sama, namun pembelinya juga sangat banyak.

Modal usaha yang dibutuhkan juga tidak banyak, mulai dari Rp 100.000 dan memproduksi beberapa gelas es cendol.

Agar lebih hemat, Anda bisa menyimpannya di dalam gelas plastik kecil agar lebih bermanfaat dan mudah dibawa pelanggan.

Harga jual es cendol per gelasnya bervariasi, mulai dari Rp 5.000. Jika ingin menjual lebih banyak, Anda bisa mengubah ukuran gelas menjadi lebih besar sedikit, atau menambahkan topping lain, seperti sagu mutiara atau durian.

4. Kolak

Kompot makanan yang terbuat dari ubi, pisang, atau kentang tumbuk. Oleh karena itu, sebaiknya pembeli memperhatikan penjual jenis kompot apa saja yang tersedia, agar tidak salah beli. Makanan ini disajikan dengan kuah santan yang manis dan gurih.

Jika dimakan, perpaduan semua bahan tersebut menjadi sangat nikmat dan menyegarkan. Pada kolak rasa manis cenderung didominasi oleh bahan utama seperti pisang. Hal ini agar yang mencicipinya mendapatkan rasa manis yang pertama.

Kepala untuk pembuatan rakitannya cukup murah yaitu kurang dari Rp. 50.000 dan sudah bisa digunakan oleh satu keluarga.

Lihat juga:  Cara Mengobati Sakit Perut Bagian Bawah Secara Alami

Namun, jika ingin menjadikannya sebagai ide jualan, maka Anda bisa menyediakan sekitar Rp 200.000. Cara menyusunnya seperti ini.

  • Rebus air dengan gula merah sampai endapan benar-benar larut dan saring untuk menghilangkan endapan
  • Rebus air dan daun pandan, gula pasir, larutan gula merah, santan, dan garam secukupnya
  • Potong pisang, ubi jalar, atau buah dan gunakan dalam kolak utama
  • Masukkan bahan utama ke dalam larutan gula lalu aduk dan masak hingga matang

5. Cilok

Cemilan ramadhan selanjutnya kita tanya bagaimana Terbuat dari tepung tapioka dan berbagai bahan tambahan, tak hanya populer di bulan puasa, tapi juga di bulan-bulan lainnya. Di tenggorokan, harga produk sangat tinggi.

Cilok memiliki bentuk bulat dengan tekstur lebih kenyal dibandingkan jajanan Jawa Barat lainnya seperti cimol dan cireng. Untuk menikmati cilok, kebanyakan orang menyajikannya dengan bumbu seperti sambal, kecap dan bumbu kacang.

Umumnya, pelanggan diberi kesempatan untuk menambah bumbu sendiri sesuai selera masing-masing. Hal ini dikarenakan sebagian orang suka didominasi oleh rasa pedas, dan sebagian lagi tidak. Harga cimol dalam satu porsi cukup murah, mulai dari Rp 5.000.

Orang yang sedang berpuasa dan tidak ingin berbuka puasa dengan makanan manis biasanya memilih cilok. Selain enak, sajian ini juga bisa bikin perut kenyang, karena akan ada beberapa lingkaran cilok dalam satu bagian.

6. goreng

Pastinya gorengan sudah tidak asing lagi dengan jeroan yang sering dikonsumsi setiap hari. Semua hal tersebut juga banyak dicari di bulan Ramadhan baik sebagai santapan berbuka puasa maupun sebagai lauk saat makan nasi.

Dengan merogoh kocek Rp 5.000, pelanggan bisa mendapatkan 4 potong gorengan. Berbagai jenis gorengan yang biasa dijual, seperti pisang goreng, ubi goreng, perkedel jagung, perkedel sayur, nasi kepal, perkedel, tahu isi, tempe mendoan, pisang millen, dan lain sebagainya.

Lihat juga:  Cara Mengobati Fordyce Spot Di Bibir

Untuk memulai usaha, modal utama yang perlu disiapkan adalah sekitar Rp 300.000. Nilai ini bisa berkurang atau bertambah tergantung dari banyaknya gorengan yang terjual. Agar lebih efektif, Anda bisa membuat porsi kecil di awal penjualan.

Cemilan ramadhan Ini paling baik dilakukan saat masih panas, jadi penjual gorengan biasanya membawa wajan saat menjualnya. Dengan cara ini, pelanggan akan menerima makanan yang tidak keras, tidak keras, dan tidak dingin, yang dapat mengurangi kelezatannya.

Pengemasan gorengan juga cukup praktis yaitu hanya menggunakan kantong plastik. Saat membeli, penjual akan menambahkan beberapa biji cabai atau larutan cabai yang dikemas dalam kantong plastik kecil.

7. Tanggal

Satu lagi makanan yang identik dengan bulan Ramadhan. Sebagian orang sengaja membeli kurma sebagai sajian pertama saat berbuka puasa. Oleh karena itu, jangan heran jika saat bulan puasa hari ini cenderung lebih mahal dari biasanya.

Ini berbanding lurus dengan permintaan Paus saat itu. Tetapi penting bahwa tanggal pembelian berkualitas baik dan rasanya enak. Anda bisa membeli dari situs yang sudah memiliki lisensi yang jelas atau sudah berpengalaman.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah (di bawah harga eceran), karena kualitas season berpotensi tidak bagus. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa pada kemasannya. Hindari membeli hari kadaluwarsa.

Selain dikonsumsi langsung, bumbu juga bisa digunakan dalam berbagai jenis makanan dan minuman. Makanan dengan kurma utama, seperti kue kurma, kurma botol, atau kurma goreng. Tapi dia minum seperti susu kurma, teh kurma, jus kurma, dan minuman kurma.

8. Pasar Jajan

Berbeda dengan gorengan, jajanan tradisional merupakan kumpulan kue basah yang biasa diperjualbelikan menjelang buka puasa. Cemilan ramadhan Bola-bola ini, klepon, kue putu, pani-cule, batu, getuk, lagani, dan lainnya.

Harga per kilo kue biasanya Rp 1.000 – Rp 2.000. Cara pengemasannya juga cukup praktis yaitu dengan plastik bening atau wadah lainnya. Jajanan pendirian biasanya memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang manis. Saat dipukul, terasa dan penuh dengan kelembutan.

Lihat juga:  Cara Merawat Kulit Tubuh Secara Alami

Jajanan pasar digandrungi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa hingga orang tua. Untuk menarik perhatian pelanggan, jajanan ini sengaja dibuat dengan berbagai warna yang cantik, misalnya kue lapis yang menggunakan kombinasi dua warna atau lebih.

Untuk berbisnis di pasar makanan, penjual harus menawarkan produk yang beragam sehingga pembeli memiliki banyak pilihan. Karena itu, keahlian khusus mengambil lebih banyak hidangan setiap hari. Namun, jika Anda tidak mampu membelinya, Anda juga dapat membeli dari penjual lain.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa memesan kue dalam satu loyang. lalu potong sesuai ukuran atau bentuk yang diinginkan. Jika ingin menjual dengan harga murah, buatlah potongan kecil, begitu pula sebaliknya.

Setelah menahan lapar dan dahaga seharian, umat muslim yang berpuasa tentu ingin berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang enak dan segar. Nah, itu saja Cemilan ramadhan yang paling banyak dicari adalah es buah, es pisang ijo, es cendol, jajanan pasar, lontar, gorengan, dan lain sebagainya.

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, cemilan cokelat selalu menjadi favorit bagi pecinta makanan manis. Berdasarkan catatan, 8 cemilan cokelat paling populer dijadikan pelengkap saat berbuka puasa. Mulai dari bolu cokelat, brownies, hingga donat cokelat, semuanya memuaskan hasrat rasa manis ketika berpuasa. Terlepas dari manisnya, tetap perlu diingat bahwa segala sesuatu harus dimakan dengan bijaksana. Selamat berpuasa dan menikmati 8 cemilan cokelat yang nikmat!

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Cemilan #Ramadan #Cokelat #Paling #Banyak #Dicatat arbo 8 Cemilan Ramadan Cokelat Paling Banyak Dicatat