16 inspirasi desain taman vertikal cantik dan sederhana

Taman vertikal semakin populer di kalangan pecinta alam kota, menciptakan lingkungan yang menyegarkan dan elegan dengan banyak tanaman. Inspirasi desain taman vertikal cantik dan sederhana hadir dalam bentuk rumah tangga skala besar dan kecil. Ini mencakup perabotan taman seperti ram, tas tangan, dan tempat duduk, serta teknologi taman berteknologi tinggi yang menggunakan sensor dan irigasi otomatis. Ingin menambahkan sentuhan hijau yang segar di dalam ruangan atau memperindah halaman? Ini 16 inspirasi desain taman vertikal cantik dan sederhana untuk Anda coba.

16 inspirasi desain taman vertikal cantik dan sederhana

Salah satu cara agar rumah terlihat bagus dan indah adalah dengan memiliki taman. Namun, bagaimana jika akomodasi Anda tidak memiliki ruang yang tersedia? Padahal, kunci rumah minimalis adalah memanfaatkan lahan yang ada dengan sebaik-baiknya. Salah satu alternatif untuk memiliki taman di lahan sempit adalah taman vertikal.

Lihat juga:  Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami

Ide ini cukup unik mengingat taman identik dengan rerumputan besar atau tanaman hijau. Taman vertikal tidak membutuhkan banyak lahan untuk menghemat tempat. Jika pada awalnya hanya sebagai solusi untuk lahan yang terbatas, kini vertical garden menjadi tren untuk memperindah bangunan, termasuk rumah hunian.

Memilih konsep dan desain taman vertikal sebaiknya disesuaikan dengan selera dan keunikan desain rumah Anda. Selain itu juga harus disesuaikan dengan budget saat pemilihan material dan luas vertical garden. Jika Anda masih bingung memilih desain taman vertikal, berikut beberapa inspirasi untuk Anda.

Taman vertikal kayu palet

Taman vertikal kayu palet

Apakah Anda memiliki banyak palet bekas di rumah? Anda bisa menggunakannya untuk membuat taman vertikal dengan membentuk alas kayu bekas yang estetik. Lalu isi dengan tanaman hias dalam pot kecil.

Taman vertikal botol bekas

Taman vertikal botol bekas

Pemanfaatan botol daur ulang untuk vertical garden juga bisa menjadi alternatif selanjutnya. Potong botolnya sedikit untuk memberi ruang bagi tanaman. Ikat dengan tali atau kawat agar lebih kuat. Selain mempercantik rumah, Anda juga bisa berkontribusi mengurangi sampah dengan cara mendaur ulangnya.

Lihat juga:  Cara Mengobati Badan Pegal Pegal

Gantung paralel

Gantung paralel

Paralon juga cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuatan vertical garden. Cara membuatnya juga mudah, cukup potong tabung besar menjadi dua, isi dengan tanaman kesukaanmu, lalu gantung vertikal. Keunggulan lainnya, selain sederhana, perawatan vertical garden Paralon juga lebih mudah dan praktis karena bentuknya yang compact.

Pipa taman vertikal

Pipa taman vertikal

Taman vertikal berbentuk tabung juga mulai populer karena bentuknya yang ramping namun tinggi sehingga bisa menampung banyak tanaman. Penanam pipa ini dibuat dengan membuat lubang di sekelilingnya lalu menanam tanaman favorit Anda.

Taman pedesaan segitiga

Taman pedesaan segitiga

Ide taman vertikal lainnya adalah dengan menggunakan tangga lipat yang sudah tidak terpakai. Konsep ini memberi rumah nuansa pedesaan dan kesan hidup yang alami. Anda bisa menempatkan tanaman yang bagus di sisi tangga lalu meletakkannya di sudut ruangan.

Taman vertikal di tangga rumah

Taman vertikal di tangga rumah

Anda juga bisa mendekorasi tangga outdoor atau indoor untuk membuat taman vertikal. Pada umumnya jenis tanaman yang sering digunakan adalah tanaman rambat atau tanaman dalam pot kecil yang diletakkan di sisi tangga. Siapkan area khusus untuk taman ini, jangan sampai tangga Anda terlihat sempit karena taman vertikal ini.

Lihat juga:  Cara Menyuburkan Rahim Secara Alami

Tiang tinggi untuk membuat taman vertikal

Tiang tinggi untuk membuat taman vertikal

Jika rumah Anda memiliki pilar atau kolom besar di tengah ruangan atau teras, Anda bisa mendekorasinya dengan membuat taman vertikal. Namun, berhati-hatilah dalam memilih jenis tanaman. Jangan sampai keberadaan tiang-tiang tersebut dianggap mengganggu dan menjadi nilai estetika rumah. Berikan tanaman merambat berbagai warna untuk mempercantik rumah Anda.

tanaman hijau

tanaman hijau

Tanaman hijau juga bisa diaplikasikan pada atap rumah Anda. Menggunakan tanaman dengan daun yang menjuntai dari atap dapat memberikan nuansa teduh pada rumah Anda. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa digunakan seperti Lee Kwan Yew (Vernonia Elliptica) atau curtain ivy.

Merambat

Merambat

Tanaman rambat juga cocok untuk taman vertikal di rumah Anda. Tanaman ini bisa Anda gunakan di banyak ruang untuk menciptakan kesan teduh dan sejuk. Media yang digunakan tanaman rambat bisa sebagai gantungan di kawat atau bahkan di pagar rumah anda.

Fasad kulit sekunder

Fasad kulit sekunder

Desain ini cocok untuk hunian dengan tema taman. Bentuk taman vertikal yang luas dan menutupi dinding ibarat kulit kedua rumah Anda. Selain mempercantik, konsep ini bisa menyejukkan rumah Anda. Meski membutuhkan anggaran yang cukup besar, namun hasilnya akan sepadan dengan uang yang dikeluarkan.

Lihat juga:  Cara Mengobati Blister

Pagar hijau

Pagar hijau

Taman vertikal dapat digunakan di banyak titik di rumah Anda. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika pagar dibuat vertikal bisa untuk membuat taman. Bahkan pada desain taman ini, Anda bisa menggunakan tanaman khusus berbentuk pintu masuk yang sering dijumpai di pintu masuk taman kota Anda.

Taman vertikal dalam bingkai foto

Taman vertikal dalam bingkai foto

Menggunakan bingkai foto untuk taman vertikal juga merupakan ide bagus. Anda dapat memasukkan tanaman favorit Anda dan menampilkannya sebagai foto atau gambar. Bingkai motif kayu sangat cocok untuk konsep taman vertikal ini. Harga dan produksi juga lebih murah dibandingkan dengan konsep vertical garden lainnya.

Taman vertikal batu alam

Taman vertikal batu alam

Menggabungkan taman vertikal dengan batu alam juga sangat cocok untuk ruang tamu Anda. Batu alam dengan corak yang khas dipadukan dengan tanaman hijau yang asri menciptakan hiasan cantik yang menyejukkan mata.

Manfaatkan tembok di dekat kolam

Manfaatkan tembok di dekat kolam

Anda bisa memilih tanaman tropis untuk dijadikan bagian dari taman vertikal di dinding tepi kolam renang. Tumbuhan yang disusun secara vertikal tidak hanya mewakili suasana tropis, tetapi juga menjadi latar estetika saat berenang.

Media Tanam Bambu

Taman vertikal dengan bambu

Anda tidak hanya dapat menggunakan langit-langit atau botol, Anda juga dapat menggunakan bambu sebagai penanam karena akan sangat menarik untuk rumah Anda. Menggunakan bambu akan memberikan nuansa alami yang dapat disimpan di ruang luar atau untuk menambah estetika ruang tamu.

Lihat juga:  Cara Mengecilkan Perut Secara Alami

Dapur yang lebih bagus dengan taman vertikal

1679051750 530 16 inspirasi desain taman vertikal cantik dan sederhana

Dapur merupakan area yang sering digunakan sehari-hari. Untuk menciptakan kesan asri dan sejuk, Anda bisa membuat taman vertikal yang terletak di dekat kitchen set. Anda bisa menanam sawi, pakkoi, selada atau sayuran lainnya. Pastikan area taman vertikal mendapat sinar matahari cadangan.

penutupan

Menemukan desain taman vertikal untuk rumah Anda? Semoga artikel ini bisa memberi Anda inspirasi untuk membuat taman vertikal. Memiliki taman di rumah tidak hanya memperindah rumah Anda, tetapi juga meningkatkan nilai jual kembali rumah tersebut.

in Conclusion

Dengan kemajuan teknologi dan keprihatinan terhadap lingkungan, desain taman vertikal menjadi hal yang semakin populer di kalangan orang-orang yang ingin memiliki hijauan di dalam rumah mereka. Dalam artikel ini, kami telah memberikan 16 inspirasi desain taman vertikal yang cantik dan sederhana, dari penggunaan tanaman menjalar hingga taman vertikal dengan kantong plastik daur ulang. Semoga inspirasi ini dapat membantu Anda dalam menciptakan taman vertikal yang indah dan berkelanjutan di rumah.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#inspirasi #desain #taman #vertikal #cantik #dan #sederhana arbo 16 inspirasi desain taman vertikal cantik dan sederhana