11 inspirasi desain taman untuk rumah minimalis

Desain taman bisa menjadi bagian penting dalam menunjang keindahan rumah minimalis. Berikut 11 inspirasi desain taman yang dapat menjadi acuan dalam menciptakan taman yang indah dan menawan. Dari taman vertikal hingga taman air, semuanya menampilkan kesan modern dan elegan. Yuk, coba terapkan pada rumah minimalismu!

11 inspirasi desain taman untuk rumah minimalis

Untuk membuat rumah semakin nyaman, pemilik kerap menambahkan dekorasi untuk memberikan nuansa baru. Namun, kenyamanan rumah juga harus diimbangi dengan aspek kesehatan, salah satunya dengan memiliki taman di rumah.

Lihat juga:  Cara Alami Untuk Melancarkan Haid

Menurut Kompas.com, Horticulture Initiative and Plant Life Balance bekerja sama dengan para ilmuwan di RMIT University di Melbourne, mengatakan bahwa memiliki tanaman di dalam ruangan memiliki dua manfaat utama, meningkatkan kualitas udara dan kesejahteraan. Menempatkan satu tanaman di ruangan berukuran 4×5 meter membersihkan udara hingga 25%, dan lima tanaman hingga 75%.

Oleh karena itu, peran taman dalam rumah sangatlah penting. Tidak perlu membayangkan taman yang luas. Memanfaatkan sudut rumah atau lahan yang sempit, tidak menutup kemungkinan untuk memiliki taman di rumah.

Taman rumah tropis di bawah tangga

Taman rumah tropis di bawah tangga

Di bawah tangga bisa dijadikan tempat untuk membuat taman kecil yang juga berguna untuk estetika rumah. Anda bisa memilih salah satu tanaman tropis seperti kaktus karena bisa tumbuh lama tanpa air. Tanaman ini cocok bagi yang tidak mau repot, karena perlu disiram hanya sekali atau dua kali dalam seminggu.

Lihat juga:  Cara Mengobati Gatal Dan Bengkak Akibat Gigitan Serangga

Taman yang menyatu dengan ruang tamu

Taman yang menyatu dengan ruang tamu

Tanaman tinggi di tengah rumah bisa menjadi focal point ruangan. Jika Anda memiliki rumah berukuran besar, desain taman seperti ini bisa menjadi pilihan. Pilih taman dengan konsep ruang terbuka tanpa sekat agar tidak terasa berat. Taman di tengah rumah juga merupakan area hijau yang membuat rumah Anda semakin asri.

Taman vertikal untuk ruang sempit

Taman vertikal untuk ruang sempit

Taman vertikal (vertical garden) merupakan model taman rumah berikutnya yang cukup menarik. Taman jenis ini cocok untuk hunian yang tidak memiliki sisa lahan untuk dijadikan taman. Dengan media dinding, Anda bisa menanam berbagai tanaman hias, mulai dari anggrek, bunga lili paris, daun gading, dan lainnya. Gunakan pot heksagonal yang unik untuk menarik perhatian.

Taman minimalis di sudut ruangan

Taman minimalis di sudut ruangan

Lihat lagi di sudut rumah Anda, adakah ruang yang bisa dijadikan taman kecil? Jika memungkinkan, pilih sudut dengan atap terbuka agar sinar matahari dapat menembus tanaman Anda.

Lihat juga:  Cara Mengobati Ablasio Retina

Taman kecil di dapur

Taman kecil di dapur

Jika Anda tidak memiliki lahan lain untuk membuat taman, menambahkan tanaman pada dapur Anda juga akan menambah keindahan rumah Anda. Pilih tanaman yang mudah dirawat. Anda bisa menebarkan tanaman di beberapa tempat di dapur, misalnya di dekat meja makan, wastafel, kulkas, atau digantung di langit-langit.

Taman minimalis di samping rumah

Taman minimalis di samping rumah

Taman yang ditanam di samping rumah akan membuat rumah Anda lebih nyaman dan asri dengan memanfaatkan area yang tersisa. Anda bisa menanam beberapa tanaman berukuran kecil hingga sedang, lalu melapisinya dengan keramik. Tambahkan kursi dan meja kopi kecil untuk bersantai di pagi hari sambil melihat tanaman baru.

Rak tanaman di dapur

Rak tanaman di dapur

Taman rumah tidak hanya luas. Anda bisa memanfaatkan rak untuk menyimpan tanaman dalam pot kecil di area dapur. Anda bisa menanam bumbu atau rempah-rempah sehingga bisa digunakan dalam masakan.

Lihat juga:  Menikmati Suasana Lebaran di Tengah Pandemi

Taman kecil di sudut rumah

Taman kecil di sudut rumah

Sebidang tanah di sudut rumah bisa dimanfaatkan untuk taman yang sejuk. Sebagai dekorasi, Anda bisa memasang rerumputan hias dan beberapa tanaman hijau beserta ornamen pohon.

Tanaman gantung di tengah rumah

Tanaman gantung di tengah rumah

Bagi yang menyukai desain interior bohemian, Anda bisa menggunakan tanaman gantung di tengah rumah sebagai referensi. Gunakan macrame untuk menggantung pot kecil. Tidak hanya membuat rumah Anda lebih bersih, tanaman gantung juga akan membuat rumah Anda lebih estetis.

Tanam pot sebagai partisi

Tanam pot sebagai partisi

Dinding sebagai pembatas antara satu ruangan dengan ruangan lainnya tentunya akan meninggalkan kesan yang lebih sempit. Jika rumah berkonsep open space, untuk membedakan ruangan, Anda bisa menjadikan tanaman sebagai partisi. Sekat ruangan dengan pot tanaman gantung yang juga bisa berfungsi sebagai dekorasi serbaguna.

Gabungkan taman dengan toilet

Gabungkan taman dengan toilet

Rumah minimalis merupakan tantangan tersendiri untuk membuat taman di rumah. Area yang sering dilupakan saat membuat taman adalah toilet. Dengan memperkenalkan satu atau dua tanaman besar dan bebatuan di sudut kamar mandi, area tersebut akan terlihat lebih alami dan bersih.

Lihat juga:  Rahasia Bahagia dengan Suami yang Sukses

penutupan

Jika Anda berencana membuat taman di rumah, pastikan untuk memperhatikan cahaya yang bisa masuk ke dalam rumah. Ini karena tanaman membutuhkan cahaya untuk bertahan hidup. Juga pertimbangkan proporsi atau skala ruang. Pilih tanaman yang sesuai dengan ukuran ruangan. Semoga inspirasi di atas dapat membantu Anda menemukan desain taman untuk rumah Anda.

in Conclusion

Dalam dunia desain taman untuk rumah minimalis, terdapat 11 inspirasi yang sangat menarik dan bisa diterapkan. Inspirasi tersebut antara lain menggunakan elemen air, taman kering, taman vertical, dan rooftop garden. Selain itu, penggunaan paving, konsep zen garden, dan taman minimalis juga menjadi pilihan yang sangat menarik. Selamat mencoba dan semoga artikel ini memberikan inspirasi baru untuk merancang taman rumah minimalis yang indah, nyaman dan menenangkan.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#inspirasi #desain #taman #untuk #rumah #minimalis arbo 11 inspirasi desain taman untuk rumah minimalis