10 Tips untuk Menjaga Kesehatan Payudara agar Tetap Sehat

Kesehatan payudara penting untuk dikendalikan sejak dini agar terhindar dari resiko penyakit payudara, salah satunya kanker payudara. Berikut adalah 10 cara menjaga kesehatan payudara yang dapat dilakukan dengan mudah dan terjangkau.

10 Cara Menjaga Kesehatan Payudara agar Tetap Sehat

Berbicara tentang kesehatan, tentunya ada banyak bagian tubuh yang harus kita perhatikan. Salah satunya adalah payudara dan ada banyak hal yang harus diperhatikan. Tetapi, apakah kamu tahu cara menjaga kesehatan payudara agar terhindar dari risiko dan kemungkinan yang tidak diharapkan termasuk kanker?

Mengingat pentingnya menjaga kesehatan bagian tubuh satu ini, apakah kamu tertarik untuk mencari cara alami menjaga kesehatan payudara? Yuk intip berbagi cara yang bisa kaum hawa lakukan agar kesehatan payudara tetap terjaga melalui artikel Online satu ini.

Cara Menjaga Kesehatan Payudara

Seperti apa bentuk payudara ideal versi kamu? Payudara adalah bagian tubuh yang dapat memproduksi air susu ibu yang penting bagi bayi. Ini menjadi salah satu alasan pentingnya wanita harus tahu bagaimana cara menjaganya serta makanan untuk menjaga kesehatan payudara.

Seperti halnya bagian tubuh lain, payudara juga harus tetap sehat agar bisa terhindar dari berbagai risiko penyakit, seperti:

  • Kanker payudara
  • Kista payudara
  • Penyakit jinak atau non-kanker
  • Benjolan
  • Nyeri payudara atau mastalgia
  • Ruam payudara
  • Perubahan payudara fibrokistis atau benjolan non-kanker
  • Perubahan puting
  • Infeksi payudara

Bagi yang hendak menjaga kesehatan payudara, tentunya tidak ada kata terlambat. Berikut adalah berbagai cara menjaga kesehatan payudara agar terhindar dari kanker dan penyakit lain:

1. Gunakan Bra yang Pas dan Nyaman

Salah satu cara menjaga payudara agar terhindar dari penyakit adalah dengan menggunakan bra yang pas dan nyaman. Menurut informasi yang didapatkan, tidak kurang dari 80 persen wanita menggunakan ukuran bra yang salah. Karena penuruan atau penambahan berat badan, ukuran bra yang digunakan oleh seseorang bisa berubah.

Lihat juga:  Ketahui biaya jaminan saat mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Tahukah kamu kalau bra yang tidak sesuai dapat menyebabkan payudara menjadi lebih cepat kendur? Bra, terutama bra khusus untuk olahraga bisa kehilangan elastisitasnya dan menjadi aus. Hal tersebut dapat menyebabkan bra tersebut tidak lagi dapat berfungsi dengan benar. Jadi, bukan tidak mungkin payudara meregang tidak bisa dicegah.

Nah, apabila menggunakan sport bra, sebaiknya ganti setiap 6 bulan sekali. Tujuannya untuk memastikan bra tetap dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi, penggunaan bra yang tepat akan membuat wanita tetap merasa nyaman serta menjaga kesehatan payudara. Bra tersebut akan berguna dalam mengurangi goncangan atau gesekan yang mungkin terjadi pada payudara.

2. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Nah, apabila kamu seorang wanita dan ingin cara merawat payudara agar sehat secara alami, mengapa tidak mulai dengan menjaga berat badan agar tetap ideal? Hal tersebut juga dapat membantu payudara tetap kencang. Mungkin masih banyak wanita yang tidak tahu kalau perubahan berat badan yang terlalu cepat bisa mengurangi elastisitas kulit di area dada yang dapat menyebabkan payudara mulai kendur.

Agar berat badan tetap terjaga, tidak turun maupun naik dengan cepat dan dramatis, kamu bias menerapkan gaya hidup sehat yang juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain menerapkan pola makan sehat, lakukan olahraga, dan pastikan tidur dengan cukup. Tidak hanya itu, sebaiknya kamu juga menghindari diet ekstrim guna mencegah penurunan berat badan drastis.

Masih ingin mendapatkan tips dan cara cara merawat payudara agar tetap kencang dan besar secara alami?

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pola hidup sehat melibatkan konsumsi atau menjaga asupan gizi. Itu artinya, sebagai salah satu cara menjaga kesehatan payudara, makanan yang kamu konsumsi harus sehat dan bergizi.

Kunci kesehatan tubuh termasuk bagian payudara adalah dengan mengonsumsi makan dengan gizi seimbang. Nah, kamu bisa menambahkan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian ke dalam piring makan. Dengan begitu, kamu selangkah lebih maju dalam menjaga kesehatan payudara dengan cara yang tepat.

Masih bingung dalam memilih jenis makanan yang tepat dalam menjaga kesehatan payudara? Kamu bisa menambahkan beberapa makan di bawah ini ke dalam menu diet sehat harian:

  • Sayuran seperti brokoli, kubis, bunga kol, bayam, selada air, kale, dan lainnya
  • Ikan berminyak seperti salmon, mackerel, tuna, salmon, dan lainnya
  • Protein nabati dari kacang-kacangan untuk mengganti protein dari daging

Selain beberapa jenis makanan di atas, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang tinggi asam lemak omega 3 dan antioksidan. Akan lebih baik jika dikombinasikan dengan vitamin, nutrisi, dan mineral agar semua organ tubuh tetap terjaga.

Lihat juga:  7 Menu Berbuka Puasa Sederhana yang Mudah Disiapkan untuk Orang yang Super Sibuk

4. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Untuk melengkapi cara merawat payudara agar sehat dan terhindar dari kanker yang kamu lakukan, kamu juga bisa mulai berolahraga. Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga adalah kebiasaan baik yang akan memberikan dampak positif bagi tubuh.

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Apabila kamu bertanya bagaimana cara merawat kesehatan payudara, salah satu caranya adalah dengan menghindari rokok dan alkohol. Mengapa? Perempuan yang merokok memiliki risiko yang lebih besar mengalami berbagai masalah kesehatan dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Beberapa masalah kesehatan tersebut diantaranya adalah gangguan kesuburan, hormon, penyakit jantung, kepadatan tulang, kanker payudara, dan kanker serviks. Jadi, agar payudara tetap terjaga kesehatannya, sebaiknya hindari rokok.

Begitu pula dengan minuman beralkohol. Banyak penelitian yang dilakukan terkait penyalahgunaan alkohol yang dapat memperbesar risiko kanker. Konsumsi alkohol berlebih memberikan dampak tidak baik termasuk pada kesehatan payudara.

Menurut penelitian, perempuan yang mengonsumsi alkohol lebih dari 45 gram atau tiga jenis minuman per hari mempunyai risiko kanker payudara 1,5 lebih besar dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi alkohol.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari merokok dan konsumsi alkohol yang dapat merugikan kesehatan tubuh termasuk pada bagian payudara.

6. Pengatur Posisi Saat Tidur

Mengatur posisi tidur juga menjadi hal penting yang harus kamu lakukan dalam menjaga kesehatan tubuh di area payudara. Itu artinya, salah satu cara menjaga kesehatan payudara adalah dengan memastikan bahwa kamu tidur dengan posisi yang tepat.

Posisi tidur menghadap ke samping yang terlalu sering bisa membuat payudara menjadi kendur. Kebiasaan tersebut juga menjadi salah satu penyebab timbulnya kerutan di wajah.

Nah, apabila ingin menjaga kesehatan payudara agar tetap kencang dan minim risiko masalah atau penyakit, sebaiknya pilih posisi telentang saat tidur. Dengan begitu, tubuh akan menopang payudara dengan lebih baik dan bagian tubuh satu ini tidak akan mudah mengendur.

Penurunan hormon estrogen pada wanita di masa menopause juga menjadi penyebab lain payudara mengendur. Sebagai solusi, wanita tersebut bisa menggunakan obat pengganti hormon. Akan tetapi, tindakan tersebut hanya dapat dilakukan dengan pengawasan dan anjuran dokter.

7. Gunakan Pelempap Pada Area Payudara

Masih belum tahu cara merawat payudara agar kencang yang tepat? Salah satu langkah tepat dalam menjaga kesehatan payudara adalah dengan memastikan area payudara tetap lembap dan terhidrasi. Kamu bisa menggunakan pelembap di area tersebut.

Kulit di bagian dada tergolong tipis dan sensitif sehingga menjaga kelembapannya menjadi sangat penting. Kamu bisa memilih produk pelembap berbentuk krim yang memiliki kandungan seperti asam hialuronat dan mentega kakao. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter ahli atau dokter spesialis di bidang tersebut. Dengan begitu, kamu bisa memastikan setiap langkah dalam merawat kesehatan payudara dilakukan dengan baik dan benar.

Lihat juga:  Cara Mengobati Batuk Bayi Umur 1 Bulan

Sehingga tujuan untuk merawat kesehatan payudara bisa tercapai. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisir terjadinya risiko munculnya masalah kesehatan di bagian payudara termasuk kanker.

8. Lakukan Pemeriksaan Sadari Secara Rutin

Pernah mendengar istilah SADARI dalam hal menjaga kesehatan payudara? SADARI adalah singkatan untuk pemeriksaan payudara sendiri dimana hal tersebut dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan payudara bagi para wanita. Ini bahkan menjadi langkah penting yang harus wanita lakukan sedini mungkin. Tujuannya untuk membantu menemukan sesuatu yang tidak biasa, misalnya apabila tiba-tiba merasa ada benjolan di bagian payudara.

Waktu terbaik untuk melakukannya adalah ketika mengoleskan lotion atau pada saat mandi. Jadi, cara satu ini bisa kamu lakukan setiap bulan. Belum tahu bagaimana caranya? Pemeriksaan SADARI bisa kamu konsultasikan dengan ginekolog, dimana kamu juga bisa menanyakan langkap tepat dalam melakukannya.

Bagi wanita berusia 40 tahun ke atas, sebaiknya mulai mengunjungi ginekolog secara rutin, yaitu satu kali setiap bulannya.

9. Kelola Stres dengan Baik

Cara menjaga kesehatan payudara lain yang bisa kamu coba adalah memastikan bahwa stres dapat dikelola dengan baik. Menurut beberapa penelitian, ada hubungan antara kondisi psikologi seseorang dengan risiko kanker pada wanita. Dengan gejala stres dan tekanan hidup yang tinggi, mereka berisiko tinggi mengalami kanker payudara. Tidak hanya itu, stres juga berkaitan dengan beberapa kondisi kesehatan lain termasuk penyakit kronis.

Untuk bisa mengelola stres dengan baik, coba lakukan olahraga atau meditasi secara rutin. Kamu juga bisa melakukan hal-hal positif yang dapat membuat merasa lebih baik. Jadi, tidak ada waktu untuk merasa stres secara berlebihan.

10. Lakukan Pemijatan Payudara Secara Rutin

Pernahkah kamu memijat payudara? Ternyata, kebiasan tersebut bisa menjadi cara lain dalam menjaga payudara tetap sehat. Sebaiknya lakukan pemijatan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. Memijat bagian tubuh satu ini dapat merangsang getah bening di sekitar area payudara ke arah yang berbeda. Cairan getah bening mampu membantu mengurangi risiko terjadinya beberapa jenis penyakit.

Pemijatan bisa dilakukan selama beberapa menit ke arah jantung setelah mengoleskan lotion khusus. Selain dapat membantu kinerja getah bening, memijat payudara juga dapat membantu seseorang menjadi lebih rileks sehingga bisa mengatasi dan terhindar dari stres.

Ciri-ciri Payudara Sehat

Menjaga kesehatan payudara sama pentingnya dengan menjaga bagian tubuh lain agar tetap sehat. Perubahan pada bagian tubuh tersebut bisa menjadi tanda adanya masalah atau penyakit. Untuk menghilangkan kekhawatiran dan ketakutan akan terjadinya penyakit pada bagian payudara, sebaiknya kenali ciri-ciri payudara sehat dan cara menjaga kesehatan payudara yang tepat.

  • Payudara yang sehat tidak memiliki benjolan
  • Tidak mengeluh rkan cairan kecuali cairan ASI bagi ibu menyusui dan cairan yang muncul sebelum masa menopause karena terjadinya perubahan hormon
  • Kulit payudara tidak mengalami perubahan, artinya kulit tidak kering, pecah-pecah, kemerahan, gatal bersisik, maupun berkerut
  • Tidak terasa sakit kecuali menjelang siklus menstruasi yang kemudian berhenti setelah siklus tersebut berakhir
  • Tidak terjadi perubahan yang mengkhawatirkan
Lihat juga:  Cara Diet Alami Dan Sehat

Payudara juga termasuk normal dan sehat apabila kamu menemukan beberapa hal berikut:

  • Adanya rambut di sekitar puting
  • Ukuran payudara satu dengan lain sedikit berbeda
  • Posisi payudara satu lebih rendah dari payudara lain
  • Payudara terasa lukan sebelum maupun selama menstruasi

Risiko Tidak Menjaga Kesehatan Payudara

Masih penasaran akan pentingnya merawat kesehatan payudara? Dengan melakukan beberapa cara menjaga kesehatan payudara yang baik dan benar, kamu bisa meminimalisir terjadinya risiko yang berhubungan dengan kesehatan payudara.

Sebagian besar wanita mungkin sudah tahu bahwa kanker payudara merupakan salah satu risiko yang dapat muncul akibat tidak terjaganya kesehatan bagian tubuh satu ini. Pada kenyataannya, payudara bukan hanya satu-satunya risiko yang bisa muncul akibat payudara tidak sehat.

Ada beberapa kemungkinan dan risiko lain yang dapat terjadi apabila kamu tidak menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan payudara. Beberapa jenis penyakit payudara yang juga merupakan risiko yang bisa timbul karena tidak terjaganya kesehatan payudara diantaranya adalah tumor, kista, dan hiperplasia.

Beberapa Hal yang Harus Dihindari Saat Menjaga Kesehatan Payudara

Yakin bahwa cara menjaga kesehatan payudara yang dilakukan sudah baik dan benar? Demi menjaga payudara agar tetap sehat, beberapa diantara wanita mungkin melakukan kesalahan yang kemudian dapat menyebabkan kondisi kurang baik pada bagian tubuh satu ini.

Saat menjalankan cara menjaga kesehatan payudara agar terhindar dari kanker dan risiko penyakit lain, ada beberapa hal yang harus kamu hindari, seperti:

Hindari Melakukan Botox di Bagian Payudara

Botox merupakan cara untuk mengencangkan payudara dengan menyuntikan cairan khusus ke otot dada. Akan tetapi, beberapa peneliti menyebutkan bahwa belum ada bukti khasiat botox dalam mengencangkan payudara.

Botox juga berpotensi menimbulkan risiko yang bisa mengganggu kesehatan payudara. Risiko botox payudara bisa berupa reaksi alergi, infeksi, maupun komplikasi yang lebih parah. Jadi, untuk menjaga payudara tetap sehat, sebaiknya hindari botox, terlebih jika masih menemukan solusi tepat lain dalam menjaga kekencangan payudara.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Gusi Bengkak Secara Alami

Waxing Rambut di Sekitar Puting

Seperti yang sudah dikatakan bahwa adanya rambut di sekitar puting merupakan hal normal. Jadi, payudara yang sehat mungkin memiliki rambut di sekitarnya. Namun, jika pada akhirnya kamu ingin dada terlihat mulus tanpa bulu atau rambut bahkan di area payudara, apakah akan melakukan waxing?

Puting payudara merupakan area yang dikenal begitu sensitif. Jadi, sebaiknya tidak mencukur rambut atau melakukan waxing di area tersebut. Bila memang diperlukan, sebaiknya kunjungi profesional atau dokter ahli agar bisa menghilangkan rambut di sekitar puting dengan aman dan minim risiko. Itu artinya, tidak dianjurkan melakukan waxing sendiri ya ladies.

Menggunakan Bra yang Tidak Sesuai Saat Berlari

Saat hendak berlari, sebaiknya pertimbangkan dahulu pemilihan bra yang tepat. Bra yang akan digunakan harus mampu menopang payudara agar tidak terjadi kerusakan jaringan ikat di bagian dada. Dengan begitu, risiko seperti payudara turun bisa diminimalisir. Sebaiknya gunakan bra khusus yang akan mendukung aktivitas berlari yang hendak kamu lakukan.

Bra dengan cup terpisah juga bisa kamu pertimbangkan karena dapat menopang payudara dengan baik.

Melakukan Diet Ketat

Menjaga berat badan tetap dalam kondisi ideal memang bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan payudara secara alami. Akan tetapi, tidak disarankan untuk melakukan diet ketat karena pada dasarnya tubuh memerlukan asupan gizi yang cukup.

Saat melakukan diet ketat, tubuh akan kehilangan banyak lemak sementara payudara terdiri atas lemak. Apabila ingin menjalankan diet, sebaiknya lakukan diet sehat dengan berkonsultasi dengan sang ahli. Lengkapi usaha tersebut dengan melakukan olahraga secara rutin.

Menggunakan Plester Pada Payudara

Bagi sebagian wanita, plester pada payudara tampak sebagai solusi untuk bisa memperbaiki bentuk payudara saat mereka memakai pakaian dengan garis leher rendah atau saat memilih pakaian dengan bagian punggung terbuka. Akan tetapi, hal tersebut mungkin dapat mengganggu kesehatan payudara.

Bagaimana bisa? Plester yang kamu gunakan di bagian payudara mungkin bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Hal tersebut akan semakin diperparah dengan kenyataan bahwa mereka merupakan pemilik kulit sensitif. Selain gatal dan luka, peradangan juga merupakan reaksi yang bisa timbul apabila tidak cocok dengan penggunaan plester pada payudara.

Dengan melakukan beberapa cara menjaga kesehatan payudara di atas, kamu bisa terhindar dari risiko terjadinya masalah kesehatan pada payudara termasuk kanker. Apabila masih bingung dan ragu dalam memulai beberapa cara menjaga kesehatan payudara yang sudah kamu kumpulkan, temui dokter ahli dan profesional yang dapat membantu kamu dalam memulai usaha dalam menjaga kesehatan payudara.

Kesimpulan

Dalam menjaga kesehatan payudara, perhatian dan tindakan yang tepat sangatlah penting dilakukan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan payudara, seperti menjaga pola hidup sehat, memeriksakan payudara secara rutin, serta menghindari faktor-faktor yang dapat memicu kanker payudara. Dengan memerhatikan gaya hidup sehat dan memeriksakan payudara secara rutin, kita dapat menjaga payudara agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Cara #Menjaga #Kesehatan #Payudara #agar #Tetap #Sehat arbo 10 Cara Menjaga Kesehatan Payudara agar Tetap Sehat