Tugas Staf Tata Usaha Sekolah

Tugas Staf Tata Usaha Sekolah – Assalamu’alaikum wr. wb.

Selamat datang pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang tugas staf tata usaha sekolah yang sering dianggap sepele. Padahal, tugasnya sangatlah penting untuk kelancaran administrasi dan pengelolaan dana sekolah. Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini, staf tata usaha sekolah memegang peranan yang sangat vital dalam mengurusi berbagai keperluan administrasi sekolah. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

Terima kasih atas perhatiannya.

Tugas Staf Tata Usaha Sekolah

Setiap institusi pendidikan pasti membutuhkan kehadiran Staf Tata Usaha (TU) untuk mengurus administrasi sekolah. Begitu pula dengan sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Profesi TU memang sangat penting untuk menyelenggarakan dan memperlancar operasional sekolah.

Lihat juga:  Cara Mengobati Darah Kental Secara Alami

Menjadi staf tata usaha memang bukan pekerjaan yang mudah. Namun masih banyak orang yang tidak begitu paham dengan tugas-tugas yang dilakukan oleh staf TU. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang tugas-tugas staf tata usaha sekolah.

Administrasi Umum

Tugas utama staf TU adalah mengurus administrasi umum dan pendukung operasional sekolah. Mulai dari mencatat kehadiran siswa dan guru, mengarsipkan dokumen-dokumen penting sekolah, hingga mengkoordinasikan acara sekolah dan melakukan tugas-tugas administratif lainnya.

Staf TU juga bertugas untuk mengurus pendaftaran siswa baru. Mulai dari mempersiapkan formulir pendaftaran, menjadwalkan tes seleksi hingga mengirimkan surat kelulusan.

Keuangan Sekolah

Staf TU juga memiliki tugas-tugas terkait keuangan sekolah. Mereka bertanggung jawab atas pengelolaan kas sekolah, seperti pencatatan penerimaan dan pengeluaran dana, membuat laporan keuangan bulanan dan tahunan, mengatur gaji karyawan, hingga mengurus pengajuan dana ke pemerintah dan sponsor.

Lihat juga:  Tugas Dan Tanggung Jawab Petugas Kebersihan Sekolah

Pelaporan dan Pengarsipan

Pengarsipan dokumen sangat penting untuk mengelola administrasi sekolah, Staf TU bertanggung jawab untuk mengarsipkan semua dokumen penting, seperti ijazah siswa, akta kelahiran, transkrip nilai, dan dokumen lainnya. Memastikan proses pengarsipan dokumen berjalan baik, sehingga informasi yang dibutuhkan dapat diakses dengan mudah ketika diperlukan.

Selain mengarsipkan dokumen-dokumen penting, staf TU juga harus membuat laporan data-data yang berkaitan dengan administrasi sekolah seperti data kehadiran ketidakhadiran siswa serta data siswa yang pindah sekolah.

Pengurusan Persuratan

Staf TU juga ikut andil dalam membantu kegiatan sekolah dengan membuat surat, memo, undangan, dan dokumen-dokumen lainnya. Mereka juga bertugas membuat laporan kegiatan sekolah dan mempersiapkan semua dokumentasi tentang kegiatan. Semua dokumen yang dibuat oleh TU harus diketik dengan rapi, kemudian dicetak dan didistribusikan kepada pihak-pihak terkait.

Lihat juga:  Cara Alami Menyembuhkan Sakit Mata

Perawatan Sarana dan Prasarana

Staf TU juga bertanggung jawab atas perawatan sarana dan prasarana sekolah seperti, menjaga kebersihan lingkungan sekolah, mengatur penjadwalan pemakaian ruang kelas serta fasilitas sekolah yang ada, mempersiapkan kebutuhan aksesoris peralatan pembelajaran dan bahan-bahan administrasi.

Kepegawaian

Bagi sekolah besar, Staf TU juga bertanggung jawab atas manajemen data karyawan. Mereka memastikan bahwa payroll dan tunjangan karyawan diurus dengan baik, membuat laporan kepegawaian secara berkala, serta mengatur absensi dan libur karyawan.

Pembuatan Jadwal Pelajaran

Staf TU juga bertanggung jawab untuk membuat jadwal pelajaran setiap semester. Menetapkan jadwal pelajaran yang tepat sangat penting untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Seorang staf TU harus mampu mengatur jadwal pelajaran agar siswa dan guru merasa efisien dan nyaman.

Lihat juga:  Tugas Kepala Sekolah Dan Wakil Kepala Sekolah

Pengurus Barang Persediaan

Staf TU juga bertugas memesan dan mengurus persediaan barang sekolah seperti buku pelajaran, alat tulis, meja dan kursi, hingga mempersiapkan kebutuhan administrasi sekolah seperti blanko surat dan formulir.

Pengurus Transportasi

Staf TU juga bertanggung jawab atas pengelolaan transportasi sekolah. Mereka membuat jadwal dan mengatur pemakaian bus sekolah, serta memastikan bahwa mobil dan bus sekolah selalu dalam kondisi baik.

Penaggungjawab Laboratorium Komputer

Bagi sekolah yang memiliki lab komputer, staf TU biasanya bertanggung jawab atas pengelolaan laboratorium. Mereka memastikan perangkat lunak dan perangkat keras terbaru diinstal dan siap digunakan, mereparasi kerusakan pada isa, menyediakan akses internet untuk siswa dan guru, serta membatasi akses siswa ke situs web yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang terpatri dalam sekolah.

Lihat juga:  Rincian Tugas Kepala Sekolah

Kesimpulan

Pentingnya peran staf tata usaha sekolah dalam mendukung kinerja dan kegiatan sekolah tidak dapat dipungkiri. Tugas-tugas staf TU sangat vital untuk menyelenggarakan dan memperlancar operasional sekolah. Dari administrasi umum hingga menjaga sarana dan prasarana, semuanya adalah pekerjaan yang memerlukan keahlian dan ketelitian. Oleh karena itu, mari kita hargai serta menghormati peran staf tata usaha sekolah.

Penutup

Sekarang setidaknya kami berharap kalian sudah paham mengenai tugas staf tata usaha di sekolah. Sekali lagi, jangan lupa kalau kita harus selalu menghargai pekerjaan orang lain, tanpa terkecuali. Begitu pula dengan peran staf tata usaha di sekolah. Tanpa mereka, tugas administratif dan operasional sekolah tidak akan berjalan dengan baik.