Tren Negatif Bisnis Kuliner Saat Ini: Menikahlah dengan cepat, hilang dalam sekejap

Arbo.web.id -Pertumbuhan bisnis kuliner itu sangat cepat tetapi jarang ada yang bisa bertahan lama. Statistik menyebutkan bahwa lebih dari 70 persen bisnis kuliner harus gulung tikar hanya dalam waktu 1-3 tahun.

Itu dalam kondisi normal. Lain halnya di masa pandemi, apalagi brand baru, bahkan brand ternama yang sudah berdiri lebih dari 5 tahun pun kesulitan untuk bertahan. Lihatlah Warunk Upnormal. Brand kuliner yang dikelola CRP Group ini harus menutup sejumlah toko di berbagai kota, seperti di Bali, Palembang, dan Depok.

Bahkan, Warung Upnormal sempat mengalami perkembangan pesat. Hanya dalam waktu lima tahun dari 2014-2019, perusahaan berhasil menembus pasar dengan menghadirkan 85 gerai Warunk Upnormal di seluruh Indonesia.

Laju tren bisnis kuliner, menurut Bhima Yudhistira, Direktur Pusat Studi Ekonomi dan Hukum (Celios), terus berubah. Inilah mengapa pengusaha kuliner harus bisa berinovasi. Rebranding berbagai hal yang berhubungan dengan menu dan produk.

Lihat juga:  Dyandra Promosindo Catat Total Transaksi IIMS 2023 Tembus Rp 5,3 Triliun, Jumlah Kunjungan Capai 468.720 Orang

Terkait dengan harga. Warunk Upnormal, kata Bhima, tidak memiliki strategi harga yang menarik. Target pasar Warunk Upnormal adalah generasi Z, sehingga penetapan harga juga harus disesuaikan dengan karakter dan kemampuan pasar.

Warung Upnormal di Gorontalo, salah satu warung yang kini harus tutup karena tren penurunan. (Spesial)

Lalu, promosi. Menggunakan media sosial untuk promosi sangat efektif bagi generasi Z karena mereka sangat tech savvy dan cepat mencoba hal baru.

“Jadi, kalau mau ganti brand, promosikan menu baru, dan lain-lain, manfaatkan media sosial, bermitra dengan influencer. Lihat saja fenomena Mixue misalnya yang sukses mendisrupsi pasar minuman boba,” kata Bhima kepada VOI pada 28 Februari 2023.

Lihat juga:  Kapan dan Bagaimana Menjalankan Puasa Nisfu Sya'ban 2021?

“Jadi jangan dilihat karena orang Indonesia gagal makan di restoran atau makan di luar. Padahal, setelah PPKM dibatalkan, keinginan masyarakat untuk makan di luar sangat besar,” imbuhnya.

CEO dan Founder Koolva, Benny Batara juga punya catatan kenapa banyak toko Warunk Upnormal tutup. Yang utama tentu saja harga. Pertama kali dibuka, menurut Benny, harganya masih kompetitif, Rp 50.000 bisa untuk makan lebih dari satu orang.

“Namun saat ini Rp 50.000 rasanya tidak cukup lagi untuk satu orang, dia belum minum,” kata Benny di akun YouTube Bennix pada 31 Januari 2023.

Oleh karena itu, segmen pasar mulai berpikir untuk mencoba tempat lain yang lebih terjangkau.

Nilai Investasi Tinggi

Faktor fisik outlet juga menjadi kendala. Warunk Upnormal selalu berlokasi strategis dengan desain arsitektur yang mewah. Memiliki fasilitas wifi dan colokan listrik yang banyak, memang cocok untuk belajar dan bekerja atau nongkrong.

Lihat juga:  Ini Pesan Uskup Kardinal Suharyo untuk Vox Point Indonesia dalam Perayaan Ekaristi Kudus

Namun bagi mitra, biaya yang dibutuhkan untuk mempresentasikannya sangat tinggi. Nilai investasi satu gerai Warunk Upnormal saja minimal Rp 1 miliar, jauh lebih mahal dari Mixue.

“Ketika bisnis baru lahir, Anda langsung mengeluarkan anggaran untuk desain interior yang harganya begitu mahal, anggaran untuk menyewa tempat begitu mahal, sedangkan makanan yang dijual adalah indomie, telur, kornet, kapan lagi. -pengembalian investasi. ini tidak rasional[afna.Mela tkunu sorpri]jika ada[afnamsieħbaminnUpnormallimajkunuxkuntenti”qalBenny

Mixue, marka tal-ġelat miċ-Ċina li bħalissa qed trendi fl-Indoneżja. (Instagram/@mixueindonesia)

Biex ma nsemmux l-attitudni tat-tmexxija interna ta’ Warunk Upnormal li hija meqjusa wisq minn fuq għal isfel, li ma tridx tisma’ problemi li jseħħu fil-qasam u problemi li jseħħu mal-imsieħba tagħha.

Lihat juga:  BMKG: Siaga Gempa Turki untuk Indonesia Waspada Sesar Aktif

“Waħda mill-aktar affarijiet faċli hija li timplimenta l-menu. Jekk id-dejta turi li wieħed mill-prodotti huwa ħażin u jrid jinħareġ, jiġi rtirat immedjatament fuq livell nazzjonali. Fil-fatt, dawn il-prodotti għadhom qed jinbiegħu tajjeb f’ċerti bliet,” qal Benny.

Pereżempju, KFC jista’ jikber daqshekk għax dejjem jisma’ l-input mill-imsieħba tiegħu. Għalhekk, jistgħu jinnovaw f’termini ta ‘menu tal-ikel wara l-iżviluppi tas-suq fiż-żona tagħhom.

Governanza

Professur tal-Fakultà tal-Ekonomija u tan-Negozju, Università tal-Indoneżja, Rhenald Kasali wkoll ta nota li ma tantx kienet differenti. Il-problemi li jseħħu f’Warunk Upnormal m’għadhomx dwar aspetti operattivi.

“Segmentazzjoni, branding, prezzijiet, x’tip ta’ prodott tlesta. Barra minn hekk, minn 2-3 snin ilu, il-Grupp Salim daħal hemmhekk. Jekk il-problema hija li l-ipprezzar huwa faċli biex jimmaniġġjahom, jistgħu jixtru prodotti mill-Grupp Salim bħal noodles instantanji bi prezzijiet ferm orħos. Salim ċertament iħares lejn l-aspett strateġiku,” qal Rhenald kif ikkwotat minn YouTube CNBC fit-8 ta’ Frar, 2023.

Għalhekk, il-problemi li jseħħu huma aktar ġestjoni interna. Ħafna żgħażagħ huma tassew tajbin fil-marketing, il-komunikazzjoni, tajbin biex jagħmlu l-prodotti, iżda fejn jidħlu kwistjonijiet relatati mal-governanza tan-negozju mal-imsieħba, mhux kollha huma kapaċi.

Lihat juga:  Samsung, Produsen Gadget Ternama Asal Korea Selatan

“Jekk inkunu waħedhom, nimmaniġġjawha faċilment. Madankollu, meta nissieħbu, ftakar li hemm ġestjoni, hemm kontabilità, hemm rekord amministrattiv. Ma tistax tħallat aktar l-ispejjeż personali u l-ispejjeż tal-kumpanija. Eżempju ta’ Kaskus b’intraprenditorija qawwija. Madankollu, meta daħal id-Djarum Group, l-isfumaturi dehru differenti,” qal.

Għalhekk, huma meħtieġa sforzi biex jiġu aġġustati għal diversi kundizzjonijiet, inklużi kundizzjonijiet tas-suq li jkomplu jinbidlu wara l-pandemija.

“Kkonfermajt aktar kmieni, l-ħwienet (Warunk Upnormal) ma kinux magħluqa kollha iżda għamluha aktar b’saħħitha,” żied Rhenald Kasali.

Advertisements