“Tips untuk Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa ala Halodoc”

Puasa bukan hanya ibadah, tetapi juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Halodoc memberikan tips bagi Anda yang ingin tetap sehat selama bulan puasa. Di antaranya adalah menjaga pola makan seimbang, tidur yang cukup, dan tetap aktif dengan olahraga ringan. Dengan melakukan hal-hal ini, tentunya Anda dapat menjalankan puasa dengan lebih lancar, sehat, dan bersemangat.

Tips Tetap Sehat dengan Berpuasa ala Halodoc

Tren Teknologi Jakarta – Ramadhan tahun ini diperkirakan bertepatan dengan masa peralihan, sehingga yang berpuasa perlu lebih memperhatikan dan menjaga kondisi fisiknya. selama musim peralihan Cuaca dapat berubah secara dramatis dengan fluktuasi suhu udara yang ekstrem. Cuaca berubah dari panas terik menjadi hujan lebat. yang biasanya terjadi dalam satu hari

Hal ini dapat membuat tubuh lebih mudah sakit. terutama pada awal diet Kondisi tubuh seringkali tidak optimal dan harus beradaptasi dengan pola metabolisme baru saat berpuasa.

dalam transisi Ada sejumlah keluhan kesehatan yang umum, seperti flu biasa, batuk, mulas, dan diare.

Dr Irwan Heriyanto, MARS, Kepala Bidang Medis Halodoc, mengatakan pergantian musim telah mempercepat penyebaran penyakit tersebut. Salah satunya karena kemampuan organisme patogen untuk bertahan hidup di luar inang.

“Karena masa peralihan, terdapat iklim yang cocok untuk kehidupan patogen, antara lain suhu, kelembaban, sinar matahari, pH dan salinitas sesuai habitat. Ketika organisme penyebab penyakit bertahan lebih baik Penyebarannya juga lebih mudah. Oleh karena itu, masyarakat perlu lebih memperhatikan status kesehatannya dan mempersiapkan diri untuk dapat berpuasa secara sehat di masa peralihan musim,” Dr. Irwan.

Apa yang bisa dilakukan orang agar tetap sehat saat berpuasa di musim pancaroba? Berikut beberapa tipnya:

Pastikan Anda cukup tidur.

selama puasa Orang cenderung kurang tidur karena harus bangun pagi untuk makan sahur. Selain itu, perubahan cuaca musim ditambah dengan penurunan konsumsi makanan dan minuman di siang hari seringkali menyebabkan tubuh mudah lelah dan mengantuk. Gampang juga, jadi sebaiknya tidur cukup untuk memenuhi kebutuhan 6-8 jam sehari. Selain untuk menghindari kondisi fisik yang lebih rentan Jumlah tidur yang cukup juga membuat sistem kekebalan tubuh Anda aktif saat Anda bergerak dan bergerak.

Buka puasa atau sahur dengan makanan kaya antioksidan

Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. saat pergantian musim Tubuh lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit, sehingga mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan. Beberapa makanan kaya antioksidan antara lain brokoli, bayam, wortel, tomat, apel, stroberi, blueberry, dan anggur. Salah satunya menyiapkan hidangan ini sebagai buka puasa atau sahur.

Padahal teh atau kopi adalah minuman favorit. Namun harus memperhatikan konsumsi selama Ramadhan.

Saat berpuasa, penting untuk memperhatikan cara minum teh atau kopi, terutama di pagi hari. Kopi atau teh dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal ini akan mempengaruhi rasa lemas yang akan terjadi pada pagi hari saat berpuasa. Sebaiknya hindari juga konsumsi teh yang terlalu manis di pagi hari karena dapat menimbulkan rasa haus di siang hari, terutama saat pergantian musim dengan perubahan suhu yang ekstrim. Oleh karena itu, minuman terbaik di pagi hari adalah air putih. Pastikan Anda minum setidaknya dua gelas air di pagi hari.

Penyakit ini mudah menular selama masa pancaroba. Jaga imunitas dengan mengonsumsi vitamin dan melakukan olahraga ringan.

Tubuh akan kekurangan nutrisi, air, mineral dan vitamin selama berpuasa. Jika tidak memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Anda tidak hanya akan merasa lelah, lesu, dan lemah. Namun tubuh masih berpeluang menyebarkan infeksi dari berbagai penyakit. yang terjadi selama transisi lebih mudah juga Maka dari itu, mengisi tubuh dengan vitamin bisa dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh, Vitamin A, D, C, zinc, yodium dan magnesium adalah beberapa suplemen yang wajib dimiliki. Selain itu, olahraga berat dianjurkan untuk menjaga vitalitas tubuh. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga dan pilates di malam hari setelah berbuka puasa dan berdoa.

Kesimpulan

Berpuasa merupakan ibadah yang penting bagi umat muslim. Namun, agar tetap sehat selama berpuasa, Halodoc memberikan beberapa tips, seperti menjaga asupan makanan sehat, minum air yang cukup, dan olahraga ringan. Selain itu, dapat juga memeriksakan kesehatan secara berkala pada dokter untuk memastikan kondisi tubuh tetap baik selama menjalankan ibadah. Semoga tips ini bermanfaat dan dapat menyukseskan ibadah puasa kita.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Tips #Tetap #Sehat #dengan #Berpuasa #ala #Halodoc arbo Tips Tetap Sehat dengan Berpuasa ala Halodoc