Telkomsel mengimbau pelanggan untuk mewaspadai pencurian data pribadi yang berisiko.

Telkomsel mengimbau pelanggannya untuk mewaspadai keamanan data pribadi mereka. Pencurian data pribadi bisa terjadi di mana saja, bahkan melalui akses internet. Oleh karena itu, perlindungan data pribadi sangatlah penting. Pelanggan Telkomsel diharapkan lebih berhati-hati dalam menggunakan layanan internet dan menghindari tindakan yang dapat membahayakan privasi mereka.

Akses data pribadi berisiko pencurian, Telkomsel mengimbau pelanggan mewaspadai kejahatan ini.

Tren Teknologi Jakarta – Sehubungan dengan maraknya kejahatan yang berkembang dengan modus pengiriman pesan singkat dari oknum yang tidak bertanggung jawab melalui banyak platform pesan instan (mis. via Whatsapp dan Telegram), Telkomsel mengimbau kepada pelanggannya untuk waspada dan tanggap dalam menanggapinya. terutama untuk teks Minta pelanggan untuk mengunduh (memasang) file .APK atau beberapa tautan palsu. yang sering mengandung malware

Lihat juga:  Cara Mengobati Bekas Luka Yang Menghitam

Modus kejahatan umumnya menggunakan metode rekayasa sosial, yaitu teknik manipulasi yang mengeksploitasi human error/akses pengawasan untuk mengambil informasi pribadi atau berharga/rahasia yang terdaftar dalam layanan pada aplikasi tersebut. ) platform, terhubung langsung ke gadget komunitas.

File .APK diunduh dalam sejumlah format kriminal. Ini juga termasuk melalui permintaan publik oleh pelaku untuk mengunduh beberapa file .APK yang menggambarkan undangan untuk pernikahan/perayaan tertentu. Konfirmasi pengiriman layanan perjalanan tiket elektronik Meningkatkan aplikasi perbankan digital atau fintech Tagihan internet, jabatan, serta penggunaan nama file .APK Aplikasi MyTelkomsel fiktif saat ini.

Semua modus tersebut rawan kejahatan, untuk itu pelanggan Telkomsel harus lebih berhati-hati agar tidak menanggapi permintaan yang dimaksud. dan tidak menginformasikan kode apapun kepada orang yang tidak dikenal Bagi pelanggan bulanan Halo Telkomsel untuk kenyamanan. Disarankan untuk memantau/memeriksa secara berkala batas penggunaan Halo Telkomsel untuk mencerminkan penggunaan bulanan.

Lihat juga:  Cara Mengobati Bisul Pecah Yang Bengkak

Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications Telkomsel menjelaskan bahwa Telkomsel serius menangani potensi penipuan bagi pelanggan kami. Kami terus melakukan sosialisasi secara berkala di seluruh saluran layanan nasabah untuk meningkatkan kewaspadaan dan siap berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk menindaklanjuti setiap laporan dari korban berbagai kejahatan. khususnya yang menggunakan layanan Telkomsel

“Pelanggan Telkomsel harus lebih waspada terhadap download file atau mengakses link yang acak dan tidak jelas. Jangan langsung percaya jika ada penawaran hadiah langsung. Dan jangan memberikan informasi pribadi yang bersifat rahasia atau informasi layanan keuangan, seperti perbankan, kata Saki.

Lihat juga:  Telkomsel, Ericsson, dan Qualcomm Kembangan Peta Jalan Teknologi Fixed Wireless Access Berbasis 5G

Telkomsel menjamin tidak akan pernah meminta kode verifikasi dalam bentuk apapun. Ini juga mengirimkan permintaan kepada pelanggan untuk mengunduh file .APK. Sekarang dinyatakan bahwa bentuk kejahatan yang dilakukan oleh penjahat adalah mengirimkan file .APK fiktif dengan harapan calon korban dapat mengakses dan mengunduh file .APK.

Setelah proses instalasi selesai Calon korban akan diminta untuk mengizinkan akses ke berbagai aplikasi. Itu memungkinkan penjahat mencuri informasi rahasia langsung dari perangkat calon korban. Sejumlah informasi tertentu dapat diakses. termasuk foto, video, SMS dan akses akun untuk layanan digital banking/fintech. Jika pelaku diperbolehkan mengakses Sangat mungkin bagi pelaku kejahatan untuk menguasai perangkat korban dan mengetahui semua informasi rahasia seperti PIN, password dan OTP.

Lihat juga:  Cara Membuat Masker Alami Untuk Menghilangkan Bruntusan Di Wajah

Saki menambahkan, Telkomsel juga menyediakan berbagai saluran. Bagi pelanggan yang ingin menerima informasi atau mengadu jika ditemukan penipuan atau kejahatan yang mengatasnamakan Telkomsel dapat menghubungi layanan Call Center 188, SMS ke 1166 dengan format: DEEP #NUMBER IMPU #ISIS SMS FRAUD kirim email ke [email protected] atau laporkan ke akun media sosial resmi Telkomsel Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui website. https://www.telkomsel.com/support/waspada-penipuan.

“Telkomsel berharap dengan tumbuhnya kesadaran pelanggan dan kehati-hatian dalam terus menggunakan layanan telekomunikasi dan digital. Ini dapat mengurangi potensi pola kejahatan yang berkembang berdasarkan perkembangan teknologi terkini. Baik itu program, layanan, produk atau promosi berhadiah, Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi, misalnya melalui surat. Berita di pers nasional, informasi di GraPARI terdekat, Call Center Telkomsel, serta website resmi perusahaan melalui Close. Saki.

Lihat juga:  Bagaimana Cara Untuk Mengetahui Tubuh Mengalami Obesitas Atau Tidak

Kesimpulan

Telkomsel mengingatkan para pelanggan untuk selalu berhati-hati menjaga akses data pribadi mengingat semakin maraknya kasus pencurian data. Dalam era digital ini, keamanan data menjadi semakin penting dan Telkomsel berkomitmen untuk terus meningkatkan sistem keamanan demi kenyamanan para pelanggan. Oleh karena itu, Telkomsel berharap para pelanggan dapat bersama-sama menjaga keamanan data pribadi dan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang telah disarankan.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Akses #data #pribadi #berisiko #pencurian #Telkomsel #mengimbau #pelanggan #mewaspadai #kejahatan #ini arbo Akses data pribadi berisiko pencurian, Telkomsel mengimbau pelanggan mewaspadai kejahatan ini.