Sholawat Badar Dan Artinya

Sholawat Badar Dan Artinya – Assalamu’alaikum wr. wb. Sahabat Muslimin dan Muslimat, kali ini kita akan membahas tentang Sholawat Badar beserta artinya. Sholawat ini merupakan salah satu sholawat yang paling sering dibaca oleh umat Islam, terutama saat acara-acara keagamaan. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari makna dan keutamaan dari sholawat Badar. Yuk, simak artikelnya!

Sholawat Badar Dan Artinya

Sholawat Badar adalah salah satu sholawat yang cukup terkenal di kalangan umat Muslim. Sholawat ini biasanya dibacakan pada malam Jumat di masjid-masjid atau di rumah-rumah. Namun, tahukah Anda arti dari sholawat Badar?

Sholawat Badar sebenarnya berasal dari peristiwa yang terjadi pada masa Rasulullah SAW dalam peperangan Badar. Pada saat itu, Rasulullah SAW dan para sahabatnya dalam keadaan sedang berjuang melawan musuh. Tiba-tiba muncullah malaikat yang membantu mereka dan dengan bersamaan, malaikat tersebut mempertanyakan apa yang sebenarnya mereka ingin meminta. Kemudian, Rasulullah SAW pun mengajarkan sholawat ini pada para sahabatnya sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan pertolongan dan kemenangan.

Baca juga: Doa Setelah Sholat Dhuha

Terdapat beberapa versi sholawat Badar yang biasa dibaca oleh umat Muslim. Salah satunya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Dalam terjemahannya, sholawat Badar berarti: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat dan salam pada Nabi Muhammad dan Keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau memberikan sholawat dan salam pada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia. Ya Allah, berkatilah Nabi Muhammad dan Keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau memberkati Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.”

Sholawat Badar ini biasanya dibaca oleh masyarakat Indonesia khususnya di Jawa sejak zaman penjajahan Belanda. Ketika itu, Belanda sedang menjajah Indonesia dan mereka ingin mengadakan perang dengan masyarakat Indonesia. Tercatat bahwa pada tanggal 10 Juni 1866, Belanda meyerang wilayah Badar dan pada saat itu, masyarakat Indonesia bersama para kyai dan umara’ bersama-sama membaca sholawat Badar. Kiai dan umara’ memimpin pembacaan sholawat hingga akhirnya Belanda tidak jadi menyerang. Sejak saat itu, sholawat Badar menjadi populer dan sering dibaca sebagai doa untuk meminta pertolongan Allah SWT.

Baca juga: Sholawat Nariyah Arti dan Keutamaannya

Terdapat beberapa keutamaan dari membaca sholawat Badar. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Meminta pertolongan kepada Allah SWT

2. Meningkatkan kemuliaan hati

3. Mendapatkan rahmat dan keberkahan

4. Menambah pahala di sisi Allah SWT

5. Dapat membawa keberuntungan

6. Meningkatkan kualitas iman

7. Meningkatkan kualitas ibadah

8. Memberikan ketenangan hati dan pikiran

Baca juga: Manfaat Membaca Ayat Kursi Secara Rutin

Kesimpulan

Sholawat Badar adalah salah satu sholawat yang cukup terkenal di kalangan umat Muslim. Sholawat ini menjadi dikenal sejak zaman penjajahan Belanda dan sering dibaca sebagai doa untuk meminta pertolongan dari Allah SWT. Membaca sholawat Badar memiliki berbagai keutamaan seperti meminta pertolongan kepada Allah SWT, meningkatkan kemuliaan hati, mendapatkan rahmat dan keberkahan, menambah pahala di sisi Allah SWT, dapat membawa keberuntungan, meningkatkan kualitas iman dan ibadah, serta memberikan ketenangan hati dan pikiran.

Penutup

Jangan ragu untuk membaca sholawat Badar. Ketika kita memohon pertolongan kepada Allah SWT melalui sholawat ini, Allah pasti akan menjawab doa kita. Selain itu, membaca sholawat Badar juga dapat meningkatkan kualitas iman dan ibadah kita. Semoga sholawat Badar dapat menjadi amalan dan kebiasaan yang baik bagi kita semua.