Apa itu On Page SEO? Pengertian, Manfaat dan Cara Mengoptimalkan

#Apa #itu #Page #SEO #Pengertian #Manfaat #dan #Cara #Mengoptimalkan


Apa itu On Page SEO?

On-page SEO atau juga dikenal sebagai “On-site SEO” adalah praktik mengoptimalkan halaman web untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan mendapatkan lalu lintas organik di mesin pencari atau Google.

Selain menerbitkan konten yang relevan dan berkualitas tinggi, SEO pada halaman mencakup pengoptimalan tag judul, konten, tautan internal, URL, dan gambar. Ini juga termasuk memastikan bahwa situs web memiliki keahlian, otoritas, dan keandalan tingkat tinggi.

Bagi yang baru mengenal on page SEO, sangat disarankan untuk membaca Pada Faktor Posisi Halaman. SEO pada halaman telah berubah selama bertahun-tahun, jadi penting untuk mengikuti praktik terbaru.

Mengapa SEO on-page penting?

SEO pada halaman sangat penting karena membantu mesin telusur memahami situs web Anda dan kontennya, serta mengidentifikasi apakah relevan dengan kueri penelusuran. Saat mesin pencari menjadi lebih canggih, ada fokus yang lebih besar pada relevansi dan semantik di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Lihat juga:  Mau Bikin StartUp? Ini Rahasianya Agar Startupmu Sukses

Mengoptimalkan SEO on-page harus selalu menjadi prioritas. SEO off page tidak akan menghasilkan banyak manfaat jika Anda tidak memperhatikan dasar-dasar SEO on page terlebih dahulu. Relevansi adalah bagian besar dari SEO halaman untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di google.

Cara mengoptimalkan SEO On Page

Setelah mengetahui mengapa SEO on-page begitu penting, kini saatnya untuk mulai mengoptimalkan konten dan website Anda. Ada beberapa cara optimasi SEO on page yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Konten Berkualitas

Pengguna menggunakan Google Penelusuran untuk menemukan konten berkualitas. Penelusuran Google harus memahami konten sebelum menampilkannya kepada pengguna.

Apakah informasi tersebut dapat dipercaya?
Apakah penulis artikel seorang ahli dan memberikan perspektif yang unik?
Apakah konten yang disertakan asli dengan analisis asli?
Apakah konten duplikat atau dibuat secara otomatis?
Apakah kualitas dan gaya tulisannya unik, berharga, dan menarik?

Lihat juga:  4 Jenis Investasi Reksa Dana Terbaik - Siaran Pers

Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan (EAT) adalah kerangka kerja yang digunakan oleh evaluator Google untuk mengevaluasi pembuat konten, halaman web, dan situs web secara keseluruhan.

Google selalu memprioritaskan konten berkualitas tinggi. Ia ingin memastikan bahwa situs yang menghasilkan konten berkualitas tinggi dihargai dengan peringkat yang lebih baik dan situs yang membuat konten berkualitas rendah kurang terlihat. Artinya EAT harus menjadi pertimbangan dalam strategi SEO Anda.

2. Buat Judul yang Menarik

Saat pengguna mencari informasi melalui Google, yang muncul di hasil pencarian adalah judul dan deskripsi konten atau web, atau dikenal dengan Search Engine Results Pages (SERPs). Membuat judul yang menarik dapat membuat orang tertarik untuk membaca konten atau halaman web Anda.

Selain itu, judul juga membantu Google memahami konten atau halaman suatu web.

Tag judul HTML yang muncul di bagian atas setiap halaman web, memberikan petunjuk awal atau konteks tentang isi setiap halaman. Kebanyakan CMS (seperti WordPress) secara otomatis menambahkan tag H1 ke judul posting blog Anda.

Lihat juga:  Biografi Ahok alias Basuki Tjahaja Purnama - Akudigital

Ini ditampilkan dengan jelas di halaman hasil mesin pencari (biasanya digunakan sebagai tautan yang dapat diklik) serta di jendela browser.

Tag judul yang hilang, duplikat, dan ditulis dengan buruk dapat berdampak negatif pada hasil SEO Anda, jadi pastikan untuk mengoptimalkan elemen ini. Buat judul dan deskripsi yang ramah SEO.

2. Deskripsi Meta

Deskripsi meta adalah tag meta yang memberikan deskripsi tentang apa halaman itu, sering ditampilkan di SERP di bawah judul halaman. Deskripsi meta adalah titik pengoptimalan penting untuk SEO.

Mengoptimalkan deskripsi meta dengan benar dapat membantu meningkatkan:

Rasio klik-tayang (RKT).
Kualitas hasil yang dirasakan.
Persepsi tentang apa yang ditawarkan situs web Anda.

3. Judul dan Subjudul

Tag judul adalah elemen HTML (H1-H6) yang digunakan untuk mengidentifikasi judul dan subjudul dalam konten Anda dari jenis teks lain (Teks paragraf).

Lihat juga:  Machine Learning, Teknologi yang Mengubah Cara Kita Melihat Dunia

Tag judul tidak sepenting dulu untuk peringkat situs Anda, tetapi tag judul tetap memiliki fungsi penting bagi pengguna dan SEO Anda.

Mereka secara tidak langsung dapat mempengaruhi posisi Anda dengan:

Jadikan konten Anda lebih mudah dan menyenangkan untuk dibaca pengunjung.
Memberikan konteks kaya kata kunci tentang konten Anda untuk mesin telusur.

4. SEO menulis

Penulisan SEO berarti menulis konten dengan mempertimbangkan mesin telusur dan pengguna.

Ada strategi di balik menulis konten SEO yang solid—dan ini lebih dari sekadar riset kata kunci dan mengisi kekosongan.

Hanya memproduksi konten demi itu tidak akan berhasil. Ingatlah bahwa Anda menulis konten untuk orang-orang, oleh karena itu konten harus berkualitas tinggi, relevan, dan relevan.

5. Pengoptimalan Gambar

Menambahkan gambar adalah cara yang bagus untuk membuat halaman web Anda lebih menarik. Tetapi tidak semua gambar dibuat sama, dan beberapa bahkan dapat memperlambat situs web Anda.

Mengoptimalkan gambar dengan benar akan membantu Anda memaksimalkan aset SEO berharga Anda.

Optimalisasi gambar memiliki banyak keuntungan, seperti: Peluang peringkat tambahan (muncul di Pencarian Gambar Google). Pengalaman pengguna yang lebih baik. Dan pastikan untuk menyertakan gambar yang mendukung konten Anda dan gunakan judul deskriptif dan teks alt.

Lihat juga:  Internet of Things (IoT), Teknologi Apa Lagi Nih? - Disaya Blog

6. Audit Konten

Sebagian besar pembuat konten sangat fokus membuat konten baru sehingga mereka lupa untuk mengaudit konten mereka yang sudah ada. Dan ini adalah kesalahan.

Mengaudit konten yang ada sangat penting karena membantu Anda:

Evaluasi apakah konten Anda yang ada mencapai sasarannya dan menghasilkan ROI. Tentukan apakah informasi dalam konten Anda akurat atau sudah usang (atau bahkan sudah usang).

Putuskan jenis konten apa yang tepat untuk Anda. Audit konten dapat membantu strategi SEO Anda dan harus dilakukan secara rutin.

Kesimpulan

SEO pada halaman penting jika Anda ingin meningkatkan peluang situs web Anda muncul di hasil pencarian.

Mengoptimalkan faktor di situs Anda secara teratur dapat membantu meningkatkan peringkat, lalu lintas, dan konversi Anda.





#Apa #itu #Page #SEO #Pengertian #Manfaat #dan #Cara #Mengoptimalkan