Presiden Erdo─čan menyetujui ratifikasi keanggotaan NATO, Presiden Niinisto: Penting bagi rakyat Finlandia

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdo─čan, menyetujui ratifikasi keanggotaan negaranya di NATO setelah beberapa waktu tertunda. Hal ini dianggap sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kerja sama dengan mitra internasional dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas global. Presiden Finlandia, Sauli Niinisto, menyambut positif keputusan ini dan mengatakan bahwa ini penting bagi rakyat Finlandia untuk memperkuat kemitraan NATO.

Presiden Erdo─čan menyetujui ratifikasi keanggotaan NATO, Presiden Niinisto: Penting bagi rakyat Finlandia

Arbo.web.id -Presiden Finlandia Sauli Niinisto berterima kasih kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan yang mengumumkan rencana Turki memulai proses ratifikasi keanggotaan di Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk negaranya.

Lihat juga:  Awal 2023, Turis Malaysia dan Jerman Terbanyak ke Aceh

ÔÇťKami memahami sebelumnya bahwa Anda telah mengambil keputusan dan penandatanganan hari ini menegaskan bahwa Parlemen Turki telah mulai bekerja untuk meratifikasi keanggotaan Finlandia,ÔÇŁ kata Presiden Niinisto dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Recep Tayyip Erdo─čan di Ankara, meluncurkan Daily Sabah di 17 Maret. .

ÔÇťPersetujuan Turki untuk keanggotaan Finlandia di NATO adalah berita yang sangat penting bagi rakyat Finlandia,ÔÇŁ lanjutnya sambil berterima kasih kepada Presiden Erdogan.

Selain itu, Presiden Niinisto juga memuji Presiden Turki karena menjadi salah satu pemimpin yang langka, mungkin satu-satunya yang bisa berkomunikasi dengan semua pemimpin dunia.

Lihat juga:  Ini Cara Ganjar Pranowo Pengentasan Kemiskinan, Sekolah Gratis untuk Keluarga Miskin

Sebelumnya, Presiden Erdogan mengumumkan bahwa Turki telah memutuskan untuk memulai proses meratifikasi keanggotaan Finlandia di NATO pada hari Jumat, menekankan apa yang dikatakannya sebagai langkah konkret Helsinki untuk mengatasi kekhawatiran Ankara.

Parlemen Turki diperkirakan akan meratifikasi Finlandia sebelum ditutup pada pertengahan April, menjelang pemilihan parlemen dan presiden yang dijadwalkan pada 14 Mei.

Pada catatan berbeda, Presiden Erdogan mengatakan bahwa Swedia tidak menanggapi secara positif permintaan ekstradisi teroris dari Turki, tetapi malah menerimanya.

“Turki akan terus berdiskusi dengan Swedia mengenai isu-isu terkait terorisme, keanggotaan NATO di Stockholm akan bergantung langsung pada langkah mereka,” kata Presiden Erdogan.

Lihat juga:  Kasus Korupsi Pembangunan RSUD Aceh Tengah Ditingkatkan Penyidikan, Polisi Belum Ada Nama Tersangka

Selain Hungaria, yang partai berkuasa mengatakan mendukung pencalonan kedua negara tetapi menunda langkahnya, Turki adalah satu-satunya anggota NATO yang belum memberikan lampu hijau kepada Finlandia dan Swedia.

Kami senang menjamu Presiden Finlandia Sauli Niinist├ dan delegasinya di Ankara.

Dalam pertemuan kami dengan Pak @Niinisto, kami membahas langkah-langkah yang akan kami ambil di masa mendatang sambil menegaskan keinginan bersama untuk meningkatkan hubungan antara Turki dan Finlandia.ÔÇŽ pic.twitter.com /GATKe3ttmo

ÔÇô Recep Tayyip Erdogan (@RTErdogan) 17 Maret 2023

Lihat juga:  Banyak Harley Davidson Dijual Usai Harta Rafael Alun Terungkap, KPK: Kami Amati

Kesimpulan

Presiden Erdo─čan telah menyetujui ratifikasi keanggotaan NATO dan hal ini merupakan kabar baik bagi negara Finlandia. Presiden Niinisto menganggap hal ini penting bagi rakyatnya karena keanggotaan NATO dapat meningkatkan keamanan dan stabilitas di wilayah tersebut. Semoga keputusan ini dapat membawa manfaat bagi kedua negara dalam meningkatkan hubungan diplomatis dan keamanan.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Presiden #Erdo─čan #menyetujui #ratifikasi #keanggotaan #NATO #Presiden #Niinisto #Penting #bagi #rakyat #Finlandia arbo Presiden Erdo─čan menyetujui ratifikasi keanggotaan NATO, Presiden Niinisto: Penting bagi rakyat Finlandia

Lihat juga:  '-' Album matematika terakhir Ed Sheeran dalam sepuluh tahun

Tinggalkan komentar