Pahami Berbagai Jenis Saham Sebelum Berinvestasi – Press Release

Pahami Berbagai Jenis Saham Sebelum Berinvestasi – Press Release

#Pahami #Berbagai #Jenis #Saham #Sebelum #Berinvestasi #Press #Release


Pahami Berbagai Jenis Saham Sebelum Memulai Investasi – Ada banyak alasan mengapa banyak orang lebih memilih untuk berinvestasi di saham. Misalnya karena modalnya relatif murah, praktis, dan bisa dilakukan dimana saja. Untuk berinvestasi saham, Anda tidak perlu lagi datang ke kantor bursa. Pasalnya, dengan era digital yang semakin canggih, banyak bermunculan aplikasi atau program untuk transaksi saham.

Jadi, sebelum Anda mulai mencoba untuk memulai investasi, Anda perlu tahu apa artinya jenis saham Pertama. Apa itu Saham? Saham adalah surat berharga yang mewakili kepemilikan sebagian kecil dari suatu perusahaan.

Lihat juga:  Pengertian DNS (Domain Name System), Kaum Digital Wajib Tahu

Ada beberapa keuntungan berinvestasi saham. Diantaranya adalah:

Dividen

Dividen adalah pembagian keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada investor dari keuntungan perusahaan. Dividen yang diberikan kepada investor dapat berupa uang tunai atau dividen saham.

Keuntungan Modal

Contoh : Seorang membeli saham perusahaan dengan modal Rp. 3.000 per saham dan ia menjualnya seharga Rp. 3.500 per lembar. Untung Rp 500 bisa dikatakan capital gain.

Lihat juga:  Menerapkan Strategi Internet Marketing dalam Bisnis

Risiko likuidasi

Keadaan dimana perseroan dinyatakan pailit oleh pengadilan atau perseroan dilikuidasi. Namun, jika tidak ada sisa kekayaan perseroan, pemegang saham tidak akan menerima hasil likuidasi. Situasi ini merupakan risiko yang paling sulit bagi pemegang saham.

Berbagai Jenis Stok

Ternyata saham terbagi menjadi beberapa jenis. Untuk itu, yuk cari tahu apa saja jenis-jenis saham dan yang terbaik untuk mulai berinvestasi.

Jenis saham berdasarkan klaim

saham biasa

Ada pro dan kontra untuk berinvestasi di saham biasa. Dilansir dari Financial Web, berikut beberapa keunggulan saham biasa:

  • Memiliki potensi untuk memberikan return terbesar dibandingkan dengan investasi lainnya
  • Potensi kerugian cenderung terbatas pada jumlah investasi awal
  • Mudah untuk menjual dan membeli
  • Perusahaan yang lebih transparan
  • Memungkinkan diversifikasi bisnis
Lihat juga:  Biografi Hotman Paris: Pengacara Terkenal di Indonesia

Saham preferen

Saham preferensi adalah jenis saham yang memberikan prioritas kepada pemegangnya. Opsi pilihan yang dapat diperoleh pemegang saham tersebut antara lain:

  • Berhak mendapat prioritas dalam hal pembayaran dividen
  • Hak untuk menukarkan saham preferen dengan saham biasa
  • Dapatkan pengembalian modal preferensial jika perusahaan dilikuidasi

Mengapa? Pasalnya, saham-saham tersebut bisa menghasilkan pendapatan tetap seperti bunga obligasi, tapi juga tidak bisa menghasilkan bunga tetap. Oleh karena itu, saham preferen secara praktis dilihat sebagai efek pendapatan tetap dan juga bersaing di pasar modal.

Lihat juga:  Ini Cara Mudah Investasi Emas Aman Untuk Pemula - Siaran Pers

Jenis Saham Berdasarkan Cara Pemindahannya

Saat membeli dan menjual saham, ada beberapa cara untuk mentransfer saham dari satu investor ke investor lainnya. Jenis saham berdasarkan cara pengalihan antara lain:

Bagikan di acara (berbagi tuan rumah)

Menurut WallStreetMojo, saham atas unjuk adalah jenis saham yang secara fisik tidak tertulis atas nama pemegang saham sehingga kepemilikannya dapat dengan mudah dialihkan kepada investor lain. Mayoritas pemilik saham pembawa memang bertujuan untuk memperdagangkan saham.

Bahkan jika nama pemegang saham tidak ditulis, kepemilikan sahamnya tetap diakui! Mengapa? Hal ini karena kepemilikan saham dalam kinerja diakui berdasarkan siapa investor yang memegang saham tersebut.

Lihat juga:  Inilah 30+ Peluang Bisnis Menguntungkan yang Layak Anda Tekuni di Tahun 2023

Saham atas nama (saham terdaftar)

Berbeda dengan saham atas unjuk, saham jenis ini memiliki nama investor yang tertulis jelas di kertas saham dan pemindahannya juga memerlukan prosedur khusus. Bagaimana cara kerjanya? Jika surat saham tersebut hilang, pemegang saham dapat meminta penggantinya karena namanya telah tercatat dalam buku pemegang saham. Dalam anggaran dasar juga dapat diatur mengenai pembatasan pemindahan hak atas saham.

Demikian pembahasan mengenai pengertiannya jenis saham, Semoga artikel ini bermanfaat.


#Pahami #Berbagai #Jenis #Saham #Sebelum #Berinvestasi #Press #Release