MWC 2023: Tecno Umumkan Smartphone Lipat Phantom V Fold

Di ajang Mobile World Congress (MWC) 2023, banyak produsen yang memamerkan produk atau inovasi terbarunya. Tecno misalnya, merek China ini meluncurkan smartphone lipat pertamanya, Tecno Phantom V Fold, yang dihadirkan sebagai pesaing Samsung Galaxy Z Fold4.

Smartphone ini tidak didesain sederhana, melainkan seperti tablet jumbo dengan bobot yang kurang ergonomis. Tecno Phantom V Fold memiliki bobot 299 gram dan mengusung panel layar yang lebih lebar dari Samsung Galaxy Z Fold4.

Layar AMOLED LTPO berukuran 7,85 inci dengan resolusi 2.296 x 2.000 piksel. Layar lipat ini diklaim tidak meninggalkan bekas lipatan di bagian tengah, sehingga memberikan visualisasi yang lebih baik kepada pengguna.

Lihat juga:  Menyambut Bulan Ramadhan: 8 Tips Jualan Makanan Online Agar Lebih Laku.

Namun berbeda dengan smartphone lipat Samsung, layar internalnya belum sesuai dengan teknologi under-display camera alias UDC. Punch hole tersembunyi yang posisinya kurang pas berada di kiri atas layar sebagai tempat kamera selfie 16 MP.

Sementara di bagian luar, Tecno menggunakan panel AMOLED LTPO berukuran 6,42 inci beresolusi Full HD+. Layar indoor dan outdoor mendukung kecepatan refresh adaptif hingga 120Hz.

Daya tahan engsel menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan Tecno Phantom V Fold. Seperti Samsung Galaxy Z Fold4, engsel layarnya bisa tahan dibuka-tutup lebih dari 200.000 kali.

Lihat juga:  Aplikasi PINTU Luncurkan Community Badges

Dengan perkiraan minimal 110 jam buka dan tutup setiap hari, Tecno Phantom V Fold akan bertahan hingga lima tahun.

Tecno Phantom V Fold tidak ditenagai prosesor Snapdragon generasi terbaru dari Qualcomm, melainkan Dimensity 9000+ besutan MediaTek. SoC (sistem pada chip) dibangun di atas arsitektur 4nm, dan menawarkan kinerja yang kira-kira sama dengan Snapdragon 8+ Gen 1.

Ada dua opsi RAM dan penyimpanan internal, 12/256 GB dan 12/512 GB. Sedangkan untuk baterainya, ponsel ini didukung baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan fast charging 45W tanpa dukungan wireless charging.

Lihat juga:  Intip Spesifikasi Redmi 12C yang Rilis di Indonesia Minggu Depan

Tecno mengklaim kemampuan pengisian cepatnya dapat mengisi 40 persen baterai dalam 15 menit, dan pengisian penuh membutuhkan waktu kurang dari satu jam.

Kembali ke bagian kamera, smartphone lipat ini memiliki tiga kamera belakang dan satu kamera layar eksternal. Kamera belakang terdiri dari sensor utama 50 MP, kamera telefoto 50 MP dengan kemampuan zoom optik 2x, dan kamera ultrawide 13 MP. Sementara di bagian depan terdapat kamera selfie 32 MP.

1677816009 298 MWC 2023 Tecno Umumkan Smartphone Lipat Phantom V Fold

Tecno Phantom V Fold tersedia dalam warna Hitam dan Putih, dimana material bodi belakangnya terbuat dari bahan yang ramah lingkungan.

Lihat juga:  Alodokter menghadirkan fitur layanan ESDM

Smartphone tersebut akan hadir pertama kali di India pada Q2-2023 dengan harga mulai INR 89.999 atau Rp 16,6 juta untuk varian terendah dan INR 99.999 atau sekitar Rp 18,4 juta untuk model teratas Tecno Phantom V Fold.

Harga tersebut lebih murah dari Samsung Galaxy Z Fold4 yang dibanderol mulai Rp 24 jutaan untuk varian terendah 12/256 GB.