Mewujudkan Solusi IoT Pesantren Digital XL Axiata untuk Budidaya Maggot dan Hidroponik

XL Axiata menyediakan solusi IoT Pesantren Digital sebagai solusi bagi para pengelola pesantren dan peternak untuk meningkatkan budidaya maggot dan hidroponik. Teknologi ini memungkinkan pengendalian produk budidaya secara real-time dan dapat diakses dimana saja melalui aplikasi. With XL Axiata, maggot and hidroponic cultivation is made easier, faster, and more efficient for the future of a better and more sustainable industry.

Mewujudkan Solusi IoT Pesantren Digital XL Axiata untuk Budidaya Maggot dan Hidroponik

GadGet – XL Axiata terus memperluas implementasinya, termasuk di Pesantren (Ponpes). Produk terbaru ini menjadi solusi penunjang budidaya maggot dan hidroponik di Pondok Pesantren Hidayattullah, Depok, Jawa Barat. Solusi yang sama juga akan diterapkan pada pesantren lain di Tasikmalaya, Jawa Barat, serta beberapa pesantren lain di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Lihat juga:  Peningkatan Transaksi Bitcoin di Ajaib Crypto Mencapai 600%

Feby Sallyanto, Head of XL Axiata Business & UKM mengatakan, melalui Digital Boarding Program, XL Axiata memberikan sejumlah solusi digital yang dapat digunakan oleh sahabat pengelola pesantren di seluruh Indonesia.

“Pemberian solusi IoT ini juga mengimplementasikan beberapa hasil inkubasi IoT di Laboratorium XCamp XL Axiata. Beberapa solusi IoT telah dipilih yang nyaman dan dapat diterapkan, sehingga diharapkan dapat tercipta pemberdayaan ekonomi di pesantren lingkungan sekolah, seperti yang dilakukan di Pondok Pesantren Hidayatullah Dépok,” ujar Feby.

Solusi IoT Maggot dikembangkan oleh XCamp sebagai laboratorium pengembangan solusi IoT XL Axiata untuk budidaya maggot, yang memiliki beberapa fitur pemantauan lingkungan dan kontrol suhu atau kelembaban di lokasi budidaya Black Soldier Fly (BSF). BSF ini merupakan jenis lalat yang telurnya kemudian menjadi larva belatung. Manfaat dari solusi ini adalah untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional dan sumber data untuk keperluan Big Data dan Artificial Intelligent untuk memudahkan perencanaan, proyeksi, dan pemeliharaan. Budidaya maggot secara tidak langsung mendukung program pengolahan dan pemberdayaan sampah organik dan non organik di pondok pesantren.

Lihat juga:  XL Axiata Mendorong Kesetaraan Digital bagi Perempuan.

Sedangkan untuk budidaya hidroponik, solusi Hidroponik IoT memberikan manfaat berupa sistem pemantauan, pemberian nutrisi secara otomatis, serta pemantauan suhu lingkungan area budidaya. Faktor lingkungan dalam budidaya hidroponik seperti suhu, kelembaban, sinar matahari, kadar PH, cairan nutrisi, dan faktor terukur yang dapat menentukan keberhasilan pertanian hidroponik dapat dipantau dan diatur dengan baik dan sesuai kebutuhan melalui fasilitas IoT Hidroponik ini.

Solusi IoT untuk hidroponik ini telah terbukti meningkatkan produktivitas rata-rata lebih dari dua kali lipat. Sebelumnya, tanpa menggunakan alat ini, pengukuran unsur hara untuk tanaman dilakukan secara manual sehingga ada kecenderungan ketidakakuratan pengukuran dan keterlambatan penambahan unsur hara. Hal ini mengakibatkan pertumbuhan tanaman kurang konsisten dan mempengaruhi produktivitas.

Lihat juga:  "Tips untuk Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa ala Halodoc"

Program Asrama Digital

Feby Sallyanto, menambahkan, “Melalui program Digital Boarding, XL Axiata melakukan berbagai pelatihan digital untuk meningkatkan skill mahasiswa di bidang digital, seperti pelatihan menjadi content creator, website designer, menggunakan IoT & cyber. keamanan dan pemanfaatan 5G untuk kemajuan masyarakat. Selain itu, XL Axiata juga menyediakan fasilitas router dan akses internet gratis melalui program Gerakan Donasi Kuota untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di pesantren.

Selain itu, XL Axiata juga akan memfasilitasi khususnya pelajar putri untuk lebih melek digital dan memanfaatkan berbagai peluang bisnis di era digital saat ini. Melalui program Sisternet, XL Axiata akan memberikan berbagai pelatihan pemanfaatan teknologi digital. Literasi digital juga diberikan kepada Santriwati dan perempuan pengelola UMKM di sekitar Pondok Pesantren Hidayatullah Depok.

Lihat juga:  Gandeng Cisco, XL Axiata Siapkan Jaringan 5G dan Cloud untuk IOT

Tak hanya itu, karyawan XL Axiata melalui MTXL juga sangat antusias memberikan dukungan terhadap program Digital Boarding ini. Bantuan berupa bantuan biaya operasional pendidikan bagi santri putra dan putri yang membutuhkan di Pesantren Hidayatullah, Depok, yang merupakan hasil pengembalian zakat karyawan.

Sebelumnya, XL Axiata juga telah melaksanakan program donasi laptop untuk pesantren di berbagai daerah di Indonesia. Ada belasan laptop yang telah disalurkan ke tak kurang dari 39 pesantren, berikut fasilitas koneksi internet cepat 4G, termasuk paket kuota data. Tujuan dari program ini adalah pesantren penerima donasi diharapkan menjadi motor penggerak digitalisasi, sekaligus meningkatkan kualitas sumber daya manusia di pesantren. Program ini telah memberikan akses dunia internet bagi sekitar 50 ribu santri, dimana mereka dapat digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di pondok pesantren dan masyarakat sekitar, serta mengembangkan keterampilan digital yang positif dan produktif.

Lihat juga:  Ethereum Shanghai Upgrade Sebentar Lagi, Ini Prediksi Indodax Soal Ethereum Ke Depan

Kesimpulan

Dengan adanya solusi IoT Pesantren Digital XL Axiata untuk budidaya maggot dan hidroponik, diharapkan dapat memberikan solusi bagi para petani dalam meningkatkan produktivitas mereka dalam budidaya serangga dan tanaman hidroponik secara efisien. Dukungan teknologi dan penggunaan sistem monitoring yang canggih dapat membantu para petani untuk mengurangi risiko kerugian dan memaksimalkan hasil panen mereka. Semoga, kehadiran inovasi ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani di seluruh Indonesia.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Mewujudkan #Solusi #IoT #Pesantren #Digital #Axiata #untuk #Budidaya #Maggot #dan #Hidroponik arbo Mewujudkan Solusi IoT Pesantren Digital XL Axiata untuk Budidaya Maggot dan Hidroponik