Menu Berbuka Puasa Sederhana yang Nikmat dan Mudah Dibuat di Rumah

Menu Berbuka Puasa Sederhana yang Nikmat dan Mudah Dibuat di Rumah – Assalamu’alaikum pembaca yang budiman! Bulan Ramadhan sudah tiba, artinya saatnya menjalankan ibadah puasa. Di bulan yang penuh berkah ini, tentunya kita ingin menyajikan hidangan yang nikmat saat berbuka puasa. Namun, tidak perlu khawatir jika kamu masih bingung memilih menu yang tepat. Artikel ini akan menyajikan beberapa rekomendasi menu berbuka puasa sederhana yang mudah dibuat di rumah. Yuk, simak!

Menu Berbuka Puasa Sederhana yang Nikmat dan Mudah Dibuat di Rumah

Puasa merupakan salah satu ibadah suci yang dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Saat bulan Ramadan tiba, kita harus berusaha mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, baik secara fisik maupun mental. Namun, sesudah berpuasa sepanjang hari, tubuh kita membutuhkan makanan dan minuman yang bergizi. Artikel ini akan memberikan beberapa resep menu berbuka puasa sederhana yang nikmat dan mudah dibuat di rumah. Mari kita simak!

Lihat juga:  Cara Ampuh Obati Batuk Berdahak

1. Salad Buah

Salad buah adalah salah satu menu berbuka puasa yang segar dan ringan. Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu memotong beberapa buah seperti apel, pir, jeruk, melon, dan tomat kecil-kecil. Setelah itu, campurkan semua buah dalam sebuah mangkuk, tuang saus salad atau madu, dan salad buah pun siap disajikan. Rasanya sangat manis, segar dan menyehatkan.

2. Sup Ayam

Sup ayam juga menjadi menu berbuka puasa yang populer. Cara membuatnya cukup mudah, dengan bahan-bahan seperti ayam, bawang merah, bawang putih, wortel, umbi-umbian, serta garam dan merica untuk bumbu supnya. Anda juga bisa menambahkan sayur seperti kacang polong, jagung, dan kentang. Sup ayam dapat dihidangkan dengan nasi atau roti sebagai pengganti nasi.

Lihat juga:  Cara Menjaga Keseimbangan Alam

3. Mie Goreng

Mie goreng yang gurih dan pedas merupakan salah satu menu berbuka puasa sederhana yang sangat nikmat. Cara membuatnya sangat mudah, cukup rebus mie, tumis sayuran seperti kubis, wortel, dan tomat, tambahkan bumbu seperti saos tiram, kecap manis, dan sambal, serta minyak goreng. Setelah itu, masukkan mie, aduk rata, dan mie goreng pun siap disajikan.

4. Bubur Ketan Hitam

Bubur ketan hitam yang manis dan kental dengan kelapa parut merupakan menu berbuka puasa yang sangat enak. Cara membuatnya adalah dengan merebus ketan hitam dengan air dan gula merah. Setelah ketan hitam matang dan air merahnya kental, tambahkan santan kental dan garam secukupnya. Sajikan dengan kelapa parut.

5. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda segar dan manis ini bisa membuat tubuh kita terasa lebih segar setelah seharian berpuasa. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu membelah kelapa muda dan mengeluarkan airnya. Campurkan dengan es batu dan sirup sesuai selera, dan es kelapa muda pun siap dinikmati.

Lihat juga:  Cara Alami Menghilangkan Kelenjar Getah Bening

6. Sate Taichan

Sate taichan yang pedas dan gurih ini bisa menjadi menu berbuka puasa yang sangat nikmat. Cara membuatnya adalah dengan menggoreng atau memanggang ayam yang sudah dipotong kecil-kecil dan disiram dengan sambal terasi yang pedas. Sajikan sate taichan dengan nasi atau lontong.

7. Pisang Goreng

Pisang goreng dengan rasa manis dan gurih sangat cocok sebagai menu berbuka puasa. Cara membuatnya pun sangat mudah. Ambil pisang yang sudah matang, kupas dan potong sesuai selera. Setelah itu, celupkan ke dalam adonan tepung, goreng hingga kecokelatan dan pisang goreng siap disajikan.

Lihat juga:  Cara Mengobati Badan Panas Dan Lemas

8. Nasi Goreng

Nasi goreng dengan rasa yang gurih dan pedas sangat nikmat sebagai menu berbuka puasa. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menumis bawang putih dan irisan daging ayam atau udang, tambahkan garam, gula, saus tomat, dan kecap manis. Setelah itu, masukkan nasi dan sayuran seperti wortel dan kacang polong, aduk rata, dan nasi goreng siap disajikan.

9. Roti Bakar Susu

Roti bakar susu dengan rasa yang manis dan lezat merupakan menu berbuka puasa yang pas. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan membuat susu dari susu cair dan gula pasir. Ambil selembar roti, lumuri dengan susu dan keju parut, kemudian panggang hingga kecokelatan. Roti bakar susu siap disajikan.

10. Teh Manis

Teh manis adalah minuman yang sangat cocok disajikan sebagai menu berbuka puasa. Caranya sangat mudah, cukup seduh teh, masukkan gula sesuai selera, dan minuman segar ini siap dinikmati.

Lihat juga:  Tugas Dan Fungsi Kepala Sekolah Smp

Kesimpulan

Itulah beberapa resep menu berbuka puasa sederhana yang nikmat dan mudah dibuat di rumah. Selain menyegarkan, makanan dan minuman tersebut juga dapat memberikan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh setelah seharian berpuasa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Penutup

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan asupan nutrisi saat berbuka puasa dan menjaga kesehatan selama bulan Ramadan. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

#Menu #Berbuka #Puasa #Sederhana #yang #Nikmat #dan #Mudah #Dibuat #Rumah arbo Menu Berbuka Puasa Sederhana yang Nikmat dan Mudah Dibuat di Rumah