“Mengetahui Dimensi Kitchen Set HPL, Pilihan Material Kokoh dengan Harga Terjangkau”

Kitchen set HPL menjadi solusi bagi Anda yang mencari material kuat dengan harga terjangkau. Namun, sebelum membeli, Anda harus mengenal ukuran yang dibutuhkan terlebih dahulu. Kitchen set HPL tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dapur Anda. Dapatkan dapur cantik dan fungsional dengan kitchen set HPL yang tepat ukuran.

Kenali ukuran kitchen set HPL, solusi material kuat dengan harga terjangkau

Area dapur kini tidak lagi digunakan untuk memasak dan mencuci piring, melainkan menjadi tempat berkumpulnya anggota keluarga. Memiliki dapur yang bisa dijadikan ruang bersantai memang penting, terutama pada rumah minimalis modern.

Saat ini sudah sering digunakan kitchen set minimalis. Tidak hanya sebagai peralatan dapur dan tempat penyimpanan, memiliki kitchen set menambah keindahan area dapur. Saat ini sudah banyak desain kitchen set yang bisa disesuaikan dengan desain interior rumah. Agar dapur menjadi lebih ideal, sebaiknya pemilik rumah memiliki ukuran kitchen set yang sesuai dengan luas dapur, termasuk ukuran kitchen set HPL (high pressure laminate) yang populer beberapa tahun belakangan ini.

Lihat juga:  Cara Memancungkan Hidung Secara Alami Dan Permanen

Seberapa familiarkah Anda dengan material HPL yang digunakan pada kitchen set rumah? Baca selengkapnya di artikel selanjutnya.

Apa itu bahan HPL?

HPL atau High Pressure Laminate adalah produk pelapis eksterior yang biasa digunakan pada lantai, dinding, atau furnitur. Bahan ini terbuat dari plastik sintetik yang terdiri dari lembaran laminasi bertekanan tinggi. Lapisan tersebut adalah resin fenolik (kertas kraft), lapisan dekoratif (kertas dekorasi) dan lapisan laminasi bening (kertas overlay).

Lapisan diproduksi di bawah kondisi tekanan dan suhu yang sangat tinggi, sekitar 1000 kg per meter persegi dan suhu 140 derajat Celcius. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan bahan yang awet, tahan lama dan mudah dibersihkan.

Kelebihan dan kekurangan kitchen set HPL

Apakah Anda berencana membuat kitchen set HPL di rumah Anda? Bahan ini memiliki beberapa keunggulan, salah satunya motif dan warna yang beragam sehingga cocok digunakan pada berbagai gaya desain rumah.

Namun, di balik kelebihan yang dihadirkan, bahan ini masih memiliki kekurangan. Ketahui kelebihan dan kekurangan kitchen set berbahan HPL.

Keunggulan bahan HPL

  1. Bisa custom karena variasi warna dan motif
Lihat juga:  Cara Mengobati Gas Dalam Perut

Menggunakan kitchen set HPL bisa membuat dapur Anda terlihat cantik. Dalam pembuatan HPL digunakan plastik sintetik yang membuat warna dan motif lebih beragam. Anda bahkan bisa menyesuaikan desain sesuai dengan selera dan konsep rumah Anda.

  1. Memiliki ketahanan yang kuat terhadap goresan dan benturan

HPL merupakan material yang kuat karena pengerjaannya cukup rumit dengan menekankan beberapa lapis material yang kuat. Hal ini penting mengingat dapur merupakan tempat yang sering terjadi goresan, benturan, tetesan air, dan kebakaran yang membuat material ini lebih kuat dan tahan lama.

  1. Adhesi yang kuat

Daya rekat yang kuat dari material HPL ini membuatnya lebih kuat dan tahan lama serta memudahkan pemasangan.

  1. Perawatan dan pembersihan mudah

Area dapur identik dengan kotoran karena merupakan area memasak, area penyimpanan sampah, dan area cuci piring. Dengan menggunakan HPL sebagai bahan dasar kitchen set Anda, dapur akan selalu terlihat segar karena mudah dirawat dan dibersihkan.

  1. Ini memiliki sifat anti-jamur

Selain rayap, furnitur sering terkena jamur yang merusak material. Menggunakan HPL dapat mengurangi resiko jamur karena sifat anti jamurnya. Mana yang lebih efisien karena tidak perlu perawatan.

  1. tahan panas

Dapur juga sering terkena panas dari api kompor atau sinar matahari. Penggunaan material HPL sangat bagus untuk memasak karena sifatnya yang tahan panas dapat membuat kitchen set Anda semakin kokoh.

  1. memiliki nilai ekonomis yang tinggi
Lihat juga:  Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Alami

HPL adalah bahan yang cukup murah. Meski murah, material ini tetap memberikan performa terbaik dengan sifatnya yang tahan lama dan kuat. Dengan menggunakan bahan ini, Anda dapat mengurangi anggaran Anda, yang menjadikannya nilai ekonomi yang tinggi.

Kurangnya bahan HPL

  1. Pekerjaan harus sempurna agar tidak cepat rusak

Pekerjaan HPL harus sempurna. Setiap bagian harus direkatkan secara merata agar hasilnya maksimal. Jika tidak dilakukan dengan sempurna maka bahan HPL akan cepat rusak.

  1. Ini memiliki fleksibilitas rendah, yang membuatnya mudah patah

Bahan HPL terbuat dari beberapa lapisan yang diberi tekanan kuat untuk menyatukannya. Oleh karena itu, bahan ini tidak memiliki kelenturan yang cukup sehingga mudah patah. Meski begitu, Anda bisa mengalahkannya dengan memanaskan bahan untuk mendapatkan kelenturan yang optimal.

  1. Itu terlihat tidak alami

Material HPL menggunakan plastik sintetik sebagai bahan dasarnya. Ini membuat bahan ini alami. Meski demikian, bahan ini menghadirkan beragam motif menarik yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Ukuran dan harga kitchen set HPL

Menentukan ukuran kitchen set HPL untuk dapur Anda sebenarnya tidak harus sembarangan. Tak hanya memikirkan faktor rasa, ukuran yang pas akan membuat aktivitas di dapur lebih aman dan nyaman.

Lihat juga:  Cara Mengobati Bisul Dengan Bawang Merah

Berapa ukuran yang tepat untuk kitchen set HPL?

Dapur harus memiliki ukuran atau area yang sesuai. Idealnya luas dapur mencapai 10%-15% dari luas rumah. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan ukuran kitchen set dan posisi furniture lainnya.

Kitchen set sendiri terdiri dari beberapa bagian seperti lemari bawah, lemari atas atau lemari dinding, wastafel atau tempat cuci piring dan meja counter atau meja dapur.

Jika masih memungkinkan, kitchen set dapat ditambahkan pada meja bar dapur sebagai tambahan. Oleh karena itu, agar setiap bagian dapat digunakan dengan nyaman, Anda perlu memperhatikan dengan seksama ukuran HPL kitchen set.

Berikut adalah ukuran kitchen set HPL menurut bagian-bagiannya.

  • kabinet bawah: memiliki lebar 50-70 cm, tinggi 70-85 cm dan panjang 60-150 cm.
  • Laci kabinet bawah: memiliki lebar 45-60 cm dengan dimensi lain di bawah kabinet tergantung ukuran kitchen set. Di bagian bawah biasanya terdapat ceruk yang menonjol agar pekerjaan nyaman di depan meja, lebar ideal 10-15 cm.
  • tenggelam atau tenggelam: memiliki lebar 80-90 cm. Jika Anda ingin memiliki lemari sudut bawah atau di bawah bak cuci, panjang kedua sisi dalamnya adalah 65-100 cm.
  • kabinet atas: memiliki kedalaman 35 cm dan tinggi 36-100 cm. Sedangkan kabinet satu pintu memiliki lebar kabinet 40-60cm dan lebar kabinet 70-150cm untuk kabinet dua pintu. Tinggi pemasangan kabinet atas adalah ±150 cm, dan jarak antara kabinet atas dan bawah adalah 50-70 cm. Untuk pemasangan smoke extractor, ketinggian yang ideal minimal 70 cm dari atas kompor.
Lihat juga:  Cara Mengobati Gudik Dengan Lidah Buaya

Harga kitchen set HPL

Harga kitchen set HPL per meter berkisar 1.400.000 rubel. Dibandingkan dengan kitchen set Aluminium dan Duco, kitchen set HPL relatif lebih murah.

penutupan

in Conclusion

Dalam memilih kitchen set, penting untuk memperhatikan material yang digunakan. Salah satu pilihan yang cukup populer adalah HPL. Material ini tidak hanya kuat, namun juga menyediakan opsi warna dan desain yang beragam. Dengan harga terjangkau, menggunakan HPL sebagai bahan kitchen set dapat menjadi solusi yang tepat untuk rumah Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran kitchen set yang sesuai agar dapat memaksimalkan ruang dapur yang tersedia.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Kenali #ukuran #kitchen #set #HPL #solusi #material #kuat #dengan #harga #terjangkau arbo Kenali ukuran kitchen set HPL, solusi material kuat dengan harga terjangkau