Menelusuri Meme Gokil dari Awal Hingga Kini

Menelusuri Meme Gokil dari Awal Hingga Kini – Halo pembaca, siapa yang tidak mengenal meme gokil? Meme yang seringkali menggelitik perut ini terus berkembang pesat di dunia maya. Tak jarang kita menemukan meme kocak yang viral di media sosial. Namun, pernahkah kamu penasaran bagaimana asal-usul meme gokil ini dan seperti apa evolusinya hingga kini? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui lebih detail tentang meme gokil yang selalu sukses membuat kita tertawa.

Menelusuri Meme Gokil dari Awal Hingga Kini

Meme adalah sebuah gambar, video, atau teks pendek yang memiliki pesan satir atau lucu yang pernah viral di media sosial. Biasanya meme dibuat sebagai bentuk humor untuk menghibur para penggunanya. Tak hanya di Indonesia, meme juga populer di negara lain seperti Amerika, Jepang, dan Korea. Lalu, bagaimana sejarah meme gokil? Mari kita telusuri dari awal hingga kini.

Lihat juga:  Cara Mendapatkan Bantuan Sosial dari Link Bansos Kemensos Go Id

Awal mula munculnya meme gokil di Indonesia kemungkinan saat 9GAG, sebuah platform bagi pencipta meme, mulai digunakan oleh orang Indonesia. Terlebih saat media sosial Twitter dan Facebook sedang naik daun, muituh netizen Indonesia makin sering mengirimkan dan menciptakan meme gokil yang kemudian menyebar dengan cepat di jagat maya.

Meme gokil mulai pose pada tahun 2013, dimana netizen mulai sering menggunakan gambar, kata-kata, atau bahkan video supaya terlihat lucu dan kreatif. Terlebih lagi ketika Instagram merajai media sosial dan kini menjadi platform favorit bagi kreator meme.

Tidak hanya dibuat oleh kalangan masyarakat biasa, banyak juga selebritis dan influencer yang menciptakan meme gokil mereka sendiri yang disebarkan ke pengikut mereka. Sehingga semakin viral dan menjadi populer di media sosial.

Meme gokil juga sangat diminati oleh untuk branding produk di media sosial karena dapat menarik perhatian dan memberikan efek yang mengesankan bagi calon pelanggan. Namun, banyak pula perusahaan yang belum paham dan kurang tepat dalam pemakaian meme dalam branding produknya sehingga malah menjadi bumerang dan merusak citra produk.

Lihat juga:  Cara Menipiskan Bibir Tebal Secara Alami Tanpa Operasi

Salah satu contoh meme gokil yang meledak di media sosial Indonesia adalah ‘Mama Muda’. Meme ini diambil dari judul lagu ‘Mama Muda’ dari penyanyi Indonesia, Melinda. Meme ini merujuk pada orang tua yang ingin terlihat muda dengan cara menggunakan pakaian atau perilaku yang lebih cocok untuk anak muda.

Tak hanya ‘Mama Muda’, ternyata sejak awal munculnya meme, ada beberapa kata-kata yang juga meledak di media sosial seperti ‘Gratis Tangga Pak Eko’, ‘Inilah Bedanya’, ‘Orang Gendut’ dan masih banyak lagi lainnya. Setiap kata-kata tersebut memiliki tema yang berbeda-beda namun punya karakter yang sama, yaitu lucu dan menarik perhatian.

Di dunia maya, beberapa netizen Indonesia yang jago dalam bidang desain grafis dan editing video membuatnya menjadi semakin berkembang. Bahkan ada kreator meme yang memasukkannya ke dalam video-game, sebut saja Dota 2 atau CSGO. Tak jarang gamer selalu menunggu pembaruan terbaru dari mereka agar memainkan game yang lebih seru.

Lihat juga:  Promo Ramadan di situs Samsung.com/id: Diskon hingga 39%

Tidak hanya itu, meme juga sebagai alat untuk mempengaruhi opini publik seperti saat pelaksanaan Pemilu 2019. Para kreator meme dari berbagai golongan mulai membuat meme yang bertujuan menyampaikan pesan baik saat masa kampanye, selain sebagai sarana hiburan atau iseng belaka.

Kini, setelah beberapa tahun hadir di media sosial Indonesia, meme gokil tetap menjadi hiburan paling diminati oleh para pengguna sosial media. Banyak hal-hal yang dapat dijadikan meme. Mulai dari kejadian sehari-hari, film, sosial-politik, sampai masalah-masalah keseharian yang dapat dipoles dengan kreativitas tinggi maka menjadi satu meme yang lucu dan menarik.

Seiring perkembangan zaman, para kreator meme gokil semakin variatif dalam penyajiannya. Bahkan tidak sedikit pula yang menggunakan bahasa daerah dalam meme mereka. Hal ini menjadikan meme semakin menjadi alat sentimen sosial yang dilakukan bersama-sama, menggerakan hati rakyat agar nasib baik masa yang akan datang.

Lihat juga:  Gambar Iklan Untuk Tugas Sekolah

Di saat pandemi COVID-19 melanda, banyak kreator meme yang mengunggah meme terkait persiapan pandemi. Mulai dari apa saja yang harus disiapkan sampai sampai aktivitas yang wajib dibatasi selama pandemi. Dengan adanya meme tersebut, memang mampu membuat netizen mereka lebih aware akan hal tersebut.

Bukan hanya kreator meme, para selebriti pun tidak luput dari meme. Beberapa momen selebriti yang menjadi bahan meme tidak jarang mendapat feedback positif maupun negatif dari penggemarnya.

Dalam hal perjuangan politik, meme gokil menjadi salah satu media hiburan yang cukup penting. Namun, para kreator meme tidak lupa untuk tetap menjaga etika dan menghormati orang lain. Terlebih lagi saat saat tren meme berujung pada kontroversi atau masalah sosial yang sensitif.

Lihat juga:  Dunia Gokil: Tempat Menghibur di Tengah Kesibukan

Kesimpulannya, meskipun meme gokil terkesan kecil dan sederhana. Namun, ternyata memiliki peran yang sangat penting dalam sosial media, terlebih saat ini banyak dijadikan sebagai salah satu bentuk branding produk. Dengan menertawakan kelucuan dalam sebuah meme, kita bisa lupa sejenak dengan ketegangan atau kejenuhan dalam kehidupan kita.

Berbagai Jenis Meme Gokil Yang Selalu Populer Di Media Sosial

– Mama Muda.

– Gratis Tangga Pak Eko.

– Inilah Bedanya.

– Orang Gendut.

Penutup

Meme gokil memang selalu hadir dengan candaannya di setiap waktu yang membawa keceriaan di tengah-tengah kesibukan kita. Harus diakui, meme telah menjadi keseharian kita dimana-netizen selalu menantikan kehadirannya. Semoga saja meme gokil ini selalu menjadi candaan dan menjadi hiburan terbaik bagi netizen yang selalu membutuhkan hiburan di media sosial.