Manfaat Antioksidan Yang Terdapat Dalam Zaitun Bagi Kesehatan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, tahukah Anda bahwa buah zaitun juga kaya akan antioksidan? Konsumsi buah zaitun secara rutin dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, buah zaitun dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi risiko kanker, dan memperbaiki pencernaan. Tertarik untuk mencoba mengkonsumsinya? Yuk, jangan lupakan manfaat buah zaitun yang sarat akan antioksidan!

Tahukah Anda bahwa buah zaitun memiliki banyak manfaat, terutama karena mengandung vitamin E yang tinggi dan antioksidan kuat lainnya?

Zaitun, atau zaitun, demikian sebutannya dalam bahasa Inggris, adalah buah-buahan kecil yang tumbuh di pohon zaitun (Olea europaea).

Zaitun termasuk dalam kelompok buah yang disebut buah berbiji atau buah berbiji dan berkerabat dekat dengan mangga, ceri, persik, almond, dan pistachio.

Manfaat buah zaitun baik untuk jantung dan dapat melindungi tubuh dari osteoporosis dan kanker, menurut International Journal of Molecular Science.

Selain itu, manfaat buah zaitun lemak sehat juga bisa diekstraksi untuk menghasilkan minyak zaitun yang merupakan salah satu komponen utama diet mediterania yang sangat sehat.

Zaitun rata-rata memiliki berat sekitar 3-5 gram, dan beberapa buah zaitun mentah berwarna hijau dan berubah menjadi hitam saat matang.

Beberapa spesies lain tetap hijau bahkan saat matang. Di wilayah Mediterania, 90% buah zaitun digunakan untuk membuat minyak zaitun.

Lihat juga:  Cara Membuat Pewarna Kain Alami

Nutrisi zaitun

Mengutip Database Komposisi Makanan USDA, buah zaitun mengandung 115-145 kalori per 3,5 oz (100 g), atau sekitar 59 kalori dalam 10 buah zaitun.

Di sisi lain, 3,5 ons (100 gram) buah zaitun kaleng matang mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh, antara lain:

  • Air: 80%
  • Protein: 0,8 gram
  • Karbohidrat: 6,3 gram
  • Gula: 0 gram
  • Serat: 3,2 gram
  • Lemak: 10,7 gram
  • Lemak jenuh: 1,42 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 7,89 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 0,91 gram

Berbagai manfaat zaitun

Zaitun adalah makanan pokok orang Mediterania.

Buah ini dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung dan pencegahan kanker.

Berikut manfaat buah zaitun yang perlu Anda ketahui:

1. Mengandung antioksidan

Manfaat buah zaitun yang pertama adalah kandungan antioksidannya.

Antioksidan diet telah terbukti mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Lihat juga:  Cara Alami Mengatasi Sakit Perut

Manfaat buah zaitun kaya akan antioksidan, yang dapat melawan peradangan dan mengurangi pertumbuhan mikroorganisme.

Mengutip sebuah penelitian di jurnal Nutrition Research Review, terlihat bahwa memakan limbah daging buah zaitun meningkatkan kadar glutathione, salah satu antioksidan paling kuat dalam tubuh. peningkatan kadar darah.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi adalah dua faktor risiko penyakit jantung.

Untungnya, asam oleat, asam lemak utama dalam buah zaitun, dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik.

Ini dapat mengatur kadar kolesterol dan melindungi kolesterol LDL (lipoprotein densitas rendah) atau “kolesterol jahat” dari oksidasi.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat buah zaitun berikut dapat meningkatkan kesehatan tulang kita:

Osteoporosis ditandai dengan penurunan massa tulang dan kualitas tulang. Akibatnya, kondisi ini dapat meningkatkan risiko patah tulang.

Mengutip studi dari International Journal of Food Sciences and Nutrition, kejadian osteoporosis di negara-negara Mediterania lebih rendah daripada di negara-negara Eropa lainnya, menunjukkan bahwa Zaitun dapat melindungi dari osteoporosis. Situasi ini.

Banyak senyawa tumbuhan yang ditemukan dalam buah zaitun dan minyak zaitun juga telah ditunjukkan dalam penelitian pada hewan untuk membantu mencegah pengeroposan tulang.

Meskipun eksplorasi manusia belum berkembang lebih jauh.

Namun, sejauh ini, penelitian dan data hewan yang menghubungkan manfaat buah zaitun dalam diet Mediterania dengan pengurangan tingkat patah tulang cukup menjanjikan.

Lihat juga:  Permendikbud Tentang Tugas Kepala Sekolah

4. Mencegah kanker

Zaitun dan minyak zaitun umumnya dikonsumsi di wilayah Mediterania, di mana insiden kanker dan penyakit kronis lainnya lebih rendah daripada di negara Barat.

Oleh karena itu, manfaat buah zaitun dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Ini mungkin terutama karena tingginya kandungan antioksidan dan asam oleat.

Makanan tinggi antioksidan, seperti zaitun, juga dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya beberapa jenis kanker dengan menghambat pertumbuhan tumor atau melindungi DNA sel dengan mengurangi stres oksidatif.

5. Menurunkan kadar gula darah

Minyak zaitun extra virgin, khususnya, dapat menurunkan kadar gula darah dua jam setelah makan dengan membantu kerja insulin.

Asam oleat yang dikandungnya bersama dengan polifenol juga dapat membantu.

Sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mengganti mentega, margarin, atau mayones dengan minyak zaitun dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.< /p>

6. Membantu menyerap nutrisi

Antioksidan yang ditemukan di banyak sayuran dan buah paling baik diserap saat dimakan dengan lemak makanan seperti zaitun.

Menambahkan 1 sendok makan minyak zaitun ke salad dan memercikkannya ke saus sayuran dapat membantu meningkatkan asupan karotenoid, bermanfaat bagi mata, dan mengurangi risiko penyakit jangka panjang. Bisa.

7. Meningkatkan kesehatan otak

Zaitun juga dapat melindungi jaringan organ vital seperti otak dari kerusakan berbahaya, karena membantu mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh peradangan.

Lihat juga:  Cara Mengobati Cts

Zaitun juga mengandung vitamin E, antioksidan yang terkait dengan peningkatan fungsi kognitif.

Diet yang mengandalkan minyak zaitun sebagai sumber utama lemak juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer.

8. Membantu Anda tetap kenyang

Menggunakan minyak zaitun extra virgin saat memasak dapat meningkatkan rasa kenyang dengan menyediakan lemak yang sehat dan lezat serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Mengkonsumsi buah zaitun juga menyediakan serat makanan, karena satu cangkir menyediakan sekitar 15% dari kebutuhan serat harian.

Manfaat buah zaitun tertulis dalam Quran

Selain banyaknya manfaat buah zaitun yang telah dibuktikan secara ilmiah seperti yang telah disebutkan, ternyata nama buah zaitun dalam Al-Quran juga terdaftar.

Allah (swt) berfirman, “Dengan buah ara, zaitun, perbukitan Sinai dan tanah yang dilindungi ini.” [95]: 1-3).

Ada lagi ayat yang membahas tentang manfaat buah zaitun yaitu surat An-Nur ayat 35. Cara membacanya:

“… terbakar dalam minyak pohon yang diberkati, yaitu, dalam pohon zaitun yang tidak tumbuh di timur (beberapa) atau barat (itu), dan minyak ( saja) Hampir mudah terbakar, tetapi tidak menyentuh api. Cahaya menyala (berlapis)”

Selanjutnya, dalam beberapa riwayat, Nabi pernah menyuruh umatnya untuk mengkonsumsi buah zaitun.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Tirumidi, Nabi bersabda, “Makan buah zaitun dan gunakan sebagai minyak, karena tumbuh dari pohon yang diberkahi.”

Lihat juga:  Membuat Iklan Untuk Tugas Sekolah

Apakah ada potensi bahaya dari buah zaitun?

Manfaat buah zaitun banyak dan beragam.

Namun, beberapa orang tidak bisa makan banyak buah zaitun karena beberapa alasan, antara lain:

1. Menyebabkan alergi

Alergi terhadap serbuk sari zaitun biasa terjadi, tetapi alergi terhadap zaitun sebenarnya jarang terjadi.

Setelah makan buah zaitun, orang yang sensitif mungkin mengalami reaksi alergi di mulut atau tenggorokan.

Dalam hal ini, Anda harus segera membawa orang tersebut ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

2. Mengandung logam berat

Zaitun mungkin mengandung logam berat dan mineral seperti boron, belerang, timbal, dan litium.

Jika seseorang mengonsumsi logam berat dalam jumlah banyak, dapat membahayakan kesehatan dan meningkatkan risiko kanker.

Namun, kandungan logam ini dalam buah zaitun umumnya sangat aman, sehingga buah ini dapat dimakan secara rutin.

3. Mengandung akrilamida

Mengutip studi dari Journal of Agricultural and Food Chemistry, akrilamida telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker dalam beberapa studi, sementara ilmuwan lain masih mempertanyakan hubungan tersebut.

Namun, pakar kesehatan menyarankan untuk membatasi konsumsi akrilamida sebanyak mungkin.

Varietas zaitun tertentu, terutama zaitun hitam California yang matang, dapat mengandung akrilamida dalam jumlah besar sebagai hasil pemrosesan, jadi konsumsi harus dibatasi.

Ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari buah zaitun.

Namun, untuk memperjelas, bicarakan dengan ahli gizi untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat buah zaitun sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#manfaat #zaitun #kaya #antioksidan #untuk #kesehatan arbo 8 manfaat zaitun kaya antioksidan untuk kesehatan