Kreasikan Menu Berbuka Puasa Sederhana dengan Bahan Dapur Seadanya

Kreasikan Menu Berbuka Puasa Sederhana dengan Bahan Dapur Seadanya – Assalamualaikum pembaca yang budiman, bulan Ramadhan telah tiba dan tentunya kita semua sudah mulai mempersiapkan diri untuk menyambutnya dengan penuh suka cita. Salah satu hal yang tidak boleh ketinggalan dalam bulan ini adalah berbuka puasa bersama keluarga dan orang terdekat. Namun, terkadang kita kehabisan ide untuk menyajikan hidangan yang berbeda setiap harinya. Nah, jangan khawatir karena kali ini kami akan membahas tentang kreasi menu berbuka puasa sederhana dengan bahan dapur seadanya. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Kreasikan Menu Berbuka Puasa Sederhana dengan Bahan Dapur Seadanya

Menu berbuka puasa adalah sajian pokok yang dibutuhkan oleh setiap umat Muslim ketika berpuasa. Namun, memiliki menu berbuka puasa yang berbeda setiap harinya terkadang sulit dilakukan karena keterbatasan waktu dan bahan. Tidak perlu khawatir, kali ini kami akan memberikan ide untuk membuat menu berbuka puasa sederhana dengan bahan dapur seadanya yang bisa kamu coba di rumah.

Lihat juga:  Makna Puasa Rajab dan Berapa Kali Dilakukan

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, tentunya kamu harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang akan kita pakai kali ini cukup sederhana dan mudah didapat di rumah. Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Beras
  2. Kentang
  3. Wortel
  4. Telur
  5. Bawang Putih
  6. Bawang Merah
  7. Lada
  8. Garam
  9. Minyak sayur

Cara Membuatnya

Nah, setelah siapkan bahan-bahan yang diperlukan, sekarang giliran kamu untuk melakukan proses memasak. Berikut ini adalah cara membuat kreasi menu berbuka puasa sederhana dengan bahan dapur seadanya:

1. Nasi Goreng Sayur

Pertama-tama, kamu bisa membuat menu nasi goreng sayur dengan menyiapkan bahan-bahan yang terdiri dari nasi, wortel, kentang, telur, dan bawang merah. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian masukkan telur dan kentang yang sudah dipotong dadu. Setelah kentang empuk, masukkan wortel. Tambahkan lada dan garam secukupnya.

Lihat juga:  Cara Mengatasi Rambut Kering Dan Mengembang Dengan Bahan Alami

Terakhir, masukkan nasi dan aduk hingga merata. Sajikan nasi goreng sayur dengan taburan bawang goreng di atasnya. Kamu bisa menambahkan cabe rawit jika suka pedas.

2. Telur Balado

Menu telur balado sudah pasti sering kita temukan di acara berbuka puasa. Untuk membuatnya, kamu cukup menyiapkan bahan-bahan telur, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, garam, dan minyak sayur. Pertama-tama, rebus telur hingga matang. Setelah itu, kupas dan belah dua telur.

Siapkan wajan dan masukkan minyak sayur. Tumis bawang merah dan bawang putih, kemudian masukkan cabe rawit. Tambahkan garam secukupnya dan aduk rata. Langkah terakhir, masukkan telur dan balado yang sudah jadi ke dalam wajan. Aduk hingga merata. Telur balado siap disajikan.

Lihat juga:  Cara Alami Menghilangkan Gatal Di Selangkangan

3. Mie Goreng Pedas

Mie goreng pedas juga bisa menjadi pilihan untuk menu berbuka puasa mu. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan sederhana seperti mie instan, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, minyak sayur, garam, dan kaldu ayam bubuk. Tumis bawang merah dan bawang putih, kemudian masukkan cabe rawit dan mie instan yang sudah direbus sebelumnya.

Tambahkan kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya. Aduk hingga mie terlihat merata dengan bumbu. Mie goreng pedas dengan bahan dapur seadanya ini siap kamu cicipi.

Lihat juga:  Cara Mengobati Flu Dan Batuk Pada Bayi Secara Alami

4. Sayur Asem

Sayur asem juga bisa menjadi menu berbuka puasa yang mudah untuk membuatnya. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti kacang panjang, kol, terong, jagung, asam jawa, dan garam secukupnya. Rebus air kemudian masukkan asam jawa dan garam.

Kemudian masukkan kacang panjang dan kol, biarkan sekitar 2-3 menit atau hingga setengah matang, lalu masukkan jagung dan terong yang sudah dipotong-potong. Masak hingga kematangan yang diinginkan. Sayur asem dengan bahan dapur seadanya sudah siap disajikan.

Kesimpulan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, membuat menu berbuka puasa yang berbeda setiap harinya tidaklah mudah. Namun, kamu masih bisa mencoba kreasi menu berbuka puasa sederhana dengan bahan dapur seadanya yang telah kami berikan tadi. Selain mudah dibuat, pastinya menu-menu tersebut juga sangat nikmat dan cocok untuk menghangatkan tubuh setelah seharian berpuasa.

Lihat juga:  Menu Berbuka Puasa yang Menggugah Selera dan Mudah Dibuat di Rumah

Penutup

Sekian artikel tentang “Kreasikan Menu Berbuka Puasa Sederhana dengan Bahan Dapur Seadanya” dari kami. Semoga artikel ini dapat memberikan ide dan inspirasi bagi kamu yang ingin memperkaya menu berbuka puasa di rumah. Selamat mencoba dan selamat berbuka puasa! Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

#Kreasikan #Menu #Berbuka #Puasa #Sederhana #dengan #Bahan #Dapur #Seadanya arbo Kreasikan Menu Berbuka Puasa Sederhana dengan Bahan Dapur Seadanya