Kenali Grep Command di Linux OS dan Cara Menggunakannya!

perintah Grep adalah perintah Linux bawaan untuk menemukan file berdasarkan teks tertentu. Untuk pengguna Linux, penting untuk mengetahui cara menggunakan perintah grep, karena dapat menghemat waktu untuk mencari dan menganalisis data tertentu.

Ingin tahu lebih banyak tentang grep dan mempelajari cara menggunakan perintah ini? Pada artikel ini, kita akan membahas arti perintah grep, cara menggunakan grep perintah di Linux juga Contoh perintah grep untuk Anda pelajari.

Langsung saja, ini dia artikel lengkapnya!

Apa itu Perintah Grep Linux?

Perintah grep adalah perintah dasar Linux (UNIX) untuk mencari teks tertentu dalam file. Pada dasarnya, grep mewakili Glokal Rreguler eekspresi Pberjalan

Dengan kata lain, apa yang dilakukan grep di Linux adalah untuk memudahkan Anda menemukan file teks yang berisi sekumpulan kata tertentuserta melihat setiap baris yang mengandung kata-kata tersebut.

Ini sangat sederhana, bukankah ini fungsi perintah grep? Meski begitu, tool Command Line ini banyak digunakan oleh System Administrator untuk berbagai keperluan.

Lihat juga:  Cara Alami Agar Tidak Bau Mulut

Misalnya, ia mencari fragmen skrip berbahaya yang masih tertinggal di sistem UNIX setelah serangan pintu belakang. Atau bisa juga dengan mereset Daemon Service setelah mempraktekkan cara mengganti port SSH di VPS.

Kalian sudah paham apa itu perintah grep kan? Selanjutnya, mari cari tahu cara menggunakan perintah dasar grep Linux!

Cara Menggunakan Perintah Grep di Linux

Sebelum Anda mulai mempelajari cara menggunakan Perintah grep di Linux, Anda perlu menyiapkan perangkat dengan sistem operasi Linux. Misalnya, kami menggunakan layanan VPS Niagahoster yang telah menginstal OS Linux di dalamnya.

Jika Anda siap, Anda bisa langsung buka perangkat lunak terminal apa pun yang diinstal di komputer. Setelah itu silahkan masuk ke server VPS dengan mengikuti panduan cara menggunakan SSH.

Untuk menggunakan grep, Anda cukup ketik perintah grep sesuai dengan aturan sintaks. Setelah itu, alat ini akan menampilkan hasilnya di depan Anda.

Jadi, inilah sintaks umum dari perintah grep:

grep [options] pattern [FILE]

Deskripsinya adalah sebagai berikut:

  • grep – Instruksi dasar atau sintaks perintah Grep.
  • [options] – opsi filter untuk mempersempit hasil pencarian.
  • model – kata atau string yang ingin Anda cari.
  • [FILE] – Nama file TXT sebagai lokasi untuk dicari.
Lihat juga:  Bahaya Skincare Yang Mengandung Merkuri: Kenali Risikonya untuk Kesehatan Kulitmu!

Ada banyak opsi filter grep yang dapat Anda gunakan, seperti grep -i, grep -c, grep -F, dll. Anda dapat melihat semuanya menggunakan perintah berikut:

Hasilnya kurang lebih seperti ini:

Namun jika masih kurang jelas, berikut adalah beberapa opsi perintah grep yang paling sering digunakan:

  • F – string tetap, menunjukkan baris-baris kode yang mengandung kata-kata tertentu yang membedakan huruf besar-kecil.
  • i – abaikan huruf besar-kecil, menampilkan baris kode yang berisi kata tertentu, tetapi tidak peka huruf besar-kecil.
  • w – kata regexp, menunjukkan baris-baris kode yang berisi kata-kata tertentu yang membentuk satu kata utuh.
  • v – pertandingan terbalik, menampilkan semua baris kode yang tidak mengandung kata tertentu.
  • n – nomor baris, menampilkan nomor baris kode yang berisi kata yang ditentukan.
  • c-menghitung, menghitung berapa banyak kata-kata tertentu dalam sebuah file.
  • r – rekursif, cari semua file yang berisi kata tertentu, lengkap dengan path-nya.
  • file dengan korek api, mencari semua file yang berisi kata yang ditentukan, tanpa menunjukkan jalurnya.

Nah itulah tadi pengertian dari perintah grep dan cara menggunakan perintah grep di terminal linux. Lanjutkan dengan praktik langsung dari contoh perintah grep, ayo!

5+ Contoh Perintah grep untuk Anda Coba

Berikut ini adalah contoh penggunaan perintah grep dan output yang dihasilkannya:

  1. Cari kata-kata dalam file
  2. Carilah kata-kata yang membedakan kasus tersebut
  3. Cari kata tanpa peka huruf besar-kecil
  4. Selesaikan pencarian kata
  5. Cari dua kata atau lebih
  6. Cari kata serta baris kode
  7. Menghitung jumlah kata tertentu dalam sebuah file
Lihat juga:  Cara Mengobati Cegukan Terus Menerus

Mari kita mulai dengan perintah pertama!

1. Mencari Kata dalam File

Contoh pertama dari perintah grep adalah untuk mencari kata tertentu dalam file tertentu. Katakanlah Anda ingin mencari kata “pengetahuan” pada file contoh.txt, maka perintah untuk mengetik di terminal adalah:

Hasilnya kurang lebih seperti ini:

perintah grep untuk mencari kata Perintah grep lorem contoh.txt akan menandai kata “lorem” yang ditemukan di file contoh.txt

2. Mencari Kata Peka Huruf Besar

Contoh grep berikutnya adalah mencari kata-kata dengan cara peka huruf besar kecil (ikuti aturan ukuran huruf besar kecil). Misalnya, Anda ingin mencari kata “Pengetahuan”, maka grep tidak akan menampilkan kata “lorem”, “LOREM”, atau “Lorem”.

Berikut sintaks perintah grep-nya:

Maka output yang dihasilkan adalah:

contoh perintah grep grep -F Lorem example.txt berfungsi untuk mencari kata perintah grep -F Lorem contoh.txt akan menampilkan kata “Lorem” dengan memperhatikan ukuran huruf yang terdapat pada file contoh.txt

3. Mencari Kata Peka Huruf Besar

Berbeda dengan perintah grep sebelumnya, sintaks ini digunakan untuk mencari kata terlepas dari ukuran case. Berikut contohnya:

Berikut hasilnya:

contoh perintah grep -i untuk mencari kata perintah grep -i lorem contoh.txt akan menampilkan kata lorem pada file contoh.txt berapapun ukuran huruf atau bagian kata lainnya

Lihat juga:  Cara Mengobati Diabetes Dengan Bawang Putih

4. Mencari Seluruh Kata

Ketiga perintah grep di atas masih mengekstrak penggalan kata dari frase lain. Misalnya “pengetahuan” dari kata “duka”. Juga, jika Anda ingin menemukan satu kata, maka perintahnya adalah:

Output berikut muncul di layar:

perintah grep -w lorem contoh.txt digunakan untuk mencari kata lorem sajacontoh perintah grep -w lorem example.txt akan menampilkan kata “lorem” yang sendirian, artinya bukan bagian dari kata lain

5. Cari Kata atau Lebih

Jika diperhatikan, contoh perintah grep pada poin sebelumnya hanya bisa digunakan untuk mencari satu kata saja. Jadi, bagaimana Anda menemukan dua kata atau lebih dalam satu perintah?

Caranya mudah, gunakan perintah di bawah ini:

grep ‘lorem|ipsum’ contoh.txt

Perintah di atas akan mencari kata pertama, lalu masukkan pipa untuk menemukan kata kedua. Jadi, inilah hasilnya:

contoh perintah grep untuk mencari dua kata atau lebih dalam sebuah fileperintah grep ‘lorem|ipsum’ contoh.txt akan menampilkan kata “lorem” dan “ipsum” yang terdapat pada file contoh.txt

6. Mencari Kata dan Baris Kode

Ingin mencari kata tertentu, serta nomor baris mana yang berisi kata tersebut? Jika demikian, Anda dapat menggunakan contoh perintah grep di bawah ini:

Setelah selesai maka tampilan yang muncul di layar adalah sebagai berikut :

perintah grep -n lorem example.txt berfungsi untuk menampilkan kata output dari perintah grep -n lorem example.txt adalah kata “lorem” serta baris kode yang berisi kata tersebut

Lihat juga:  Cara Membuat Lipstik Alami

7. Menghitung Jumlah Kata Tertentu dalam File

Terakhir, contoh perintah grep adalah menghitung berapa banyak kata tertentu dalam sebuah file. Untuk ini, perintah grep yang perlu Anda ketikkan adalah:

Berikut hasil setelah eksekusi:

grep -c lorem example.txt akan menghitung jumlah kata contoh perintah grep -c lorem example.txt yang menampilkan berapa banyak kata “lorem” yang ada di file contoh.txt

Nah itulah tadi contoh penggunaan perintah grep yang bisa kalian praktekkan. Jangan lewatkan, karena kami masih memiliki informasi penting di poin selanjutnya!

Grep Command adalah tool Linux yang berfungsi untuk mencari kumpulan kata dalam file tertentu. Hal ini membuat grep banyak digunakan oleh System Administrator untuk menjaga performa OS Linux, terutama di server VPS.

Meski begitu, performa VPS Linux tidak hanya terpengaruh oleh penggunaan perintah grep saja. Anda harus memperhatikan kualitas dari penyedia layanan yang digunakan, agar performa VPS selalu prima.

Jika Anda membutuhkan layanan VPS yang sudah teruji kualitasnya, Hosting VPS dari Niagahoster mungkin merupakan pilihan terbaik. Layanan ini dilengkapi dengan fitur Tautan Jaringan 100Mb/dtk Dan Jaminan Waktu Aktif 99,98%. untuk akses VPS yang cepat dan stabil.

Juga, masih ada dukungan SSD Raid-10 untuk melindungi Anda dari risiko kehilangan data di server. menarik, Hosting VPS Niagahoster dengan harga terjangkau di kelasnya. Mulai Rp 104 ribu/bulan hanya!

Jadi tunggu apalagi, yuk lihat sendiri performanya VPS Niagahoster Sekarang!