Keanekaragaman Data Kesehatan di Indonesia, Kemenkes berjanji akan meningkatkan jumlah pasti dokter praktik mandiri melalui SatuSehat

Indonesia memiliki keanekaragaman data kesehatan yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan penduduknya. Kemenkes telah berjanji untuk meningkatkan jumlah dokter praktik mandiri melalui SatuSehat untuk memastikan akses kesehatan yang lebih baik bagi semua orang. Keanekaragaman data kesehatan dapat menjadi alat penting bagi pemerintah dan pemangku kepentingan untuk membuat keputusan yang terinformasi secara lebih baik dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia.

Keanekaragaman Data Kesehatan di Indonesia, Kemenkes berjanji akan meningkatkan jumlah pasti dokter praktik mandiri melalui SatuSehat

Arbo.web.id -Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mewajibkan seluruh praktisi medis mandiri melakukan akreditasi melalui platform SatuSehat untuk meningkatkan data dokter di Indonesia.

Lihat juga:  Mengapa Instagram Adalah Platform Terbaik untuk Bisnis Anda?

“Saya mau daftar sendiri, lapor sendiri, tidak mengirim asesor, yang penting terdaftar,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam audiensi publik RUU Kesehatan yang diikuti oleh YouTube Kementerian Kesehatan. di Jakarta, Minggu, 19 Maret.

Menurut Menkes, pemberian akreditasi mandiri merupakan solusi dalam standarisasi pendataan jumlah dokter. Pasalnya, laporan yang diterima pihaknya berasal dari sejumlah organisasi profesi, hingga ke pemerintah daerah (pemda) memiliki data yang berbeda-beda.

Tahapan pendaftaran bagi praktisi mandiri dilakukan langsung oleh praktisi, berbasis teknologi informasi. Dokter diminta untuk mengakses aplikasi SatuSehat dan mengisi kolom informasi yang memuat identitas dokter, kegiatan, dan jenis penyakit yang terdeteksi.

Lihat juga:  Cara Menaikan Berat Badan Secara Alami

“Saya janji tidak lebih dari satu atau dua lembar, sebulan sekali. Dia harus masuk sendiri, kalau tidak saya tegur,” kata Menkes di Antara.

Menkes juga memastikan proses akreditasi dokter independen tidak memerlukan pembayaran. Padahal jika peserta rajin mengisi data, Kemenkes memberikan sertifikat prestasi.

“Saya kira data itu juga penting bagi pihak terkait. Saya akan buka datanya kepada teman-teman Ikatan Dokter Indonesia (IDI), supaya mereka bisa melihat, memang benar dokter itu gaib, praktek di dunia fana, ” kata Menteri Kesehatan.

Lihat juga:  Cara Membuat Lulur Alami Dari Kopi

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan, aplikasi SatuSehat menggunakan satu nomor rekening dari data Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai salah satu yang akan didaftarkan di sistem kesehatan.

Menurut Dante, penyebab keragaman data kesehatan di Indonesia terutama disebabkan oleh penyusunan stratifikasi data menggunakan berbagai aplikasi dengan akurasi yang berbeda-beda.

Dengan satu nomor rekening, SatuSehat, lanjutnya, pemrosesan dari entry number langsung masuk ke pusat data nasional, sehingga terlihat kesamaan data yang semula berlapis dan berpotensi membuat perubahan data lebih seragam.

Lihat juga:  Cara Alami Memperbesar Vital Pria

Ketua PB IDI Adib Khumaidi mendesak dilakukannya penyelarasan data jumlah tenaga medis di Indonesia.

Hal ini disebabkan perbedaan jumlah dokter dan dokter, salah satunya versi spesialis IDI, sekitar 204.492 orang, menurut versi Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), 214.878 orang. Jumlah ini berbeda dengan laporan Kementerian Kesehatan yang berjumlah 145.913 orang.

Kesimpulan

Keanekaragaman data kesehatan di Indonesia semakin diperhatikan oleh Kementerian Kesehatan. Untuk meningkatkan jumlah dokter praktik mandiri, Kemenkes berjanji akan memperkuat program SatuSehat. Program ini diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan lebih merata di seluruh Indonesia. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan terutama di daerah terpencil.

Lihat juga:  Cara Membuat Rambut Lemas Alami

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Keanekaragaman #Data #Kesehatan #Indonesia #Kemenkes #berjanji #akan #meningkatkan #jumlah #pasti #dokter #praktik #mandiri #melalui #SatuSehat arbo Keanekaragaman Data Kesehatan di Indonesia, Kemenkes berjanji akan meningkatkan jumlah pasti dokter praktik mandiri melalui SatuSehat