Jelang Arus Mudik Lebaran 2023, Bandara Halim Lakukan Perawatan Runway

Jelang arus mudik lebaran 2023, Bandara Halim Perdanakusuma mempersiapkan diri dengan melakukan perawatan runway. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi landasan pacu tetap baik dan aman bagi pesawat terbang yang akan beroperasi saat Lebaran nanti. Sebagai bandara alternatif selain Soekarno-Hatta, Bandara Halim akan menjadi salah satu destinasi terutama bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Jelang Arus Mudik Lebaran 2023, Bandara Halim Lakukan Perawatan Runway

Arbo.web.id -Manajemen Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, melakukan perawatan runway jelang masa angkutan Lebaran 2023.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Kutek Kuku Secara Alami

Pemeliharaan runway akan dilakukan pada 22-28 Maret 2023 pukul 18.00-05.00 WIB sesuai Notice to Aviators (Notam) A0782/23. Waktu pemeliharaan enam hari kemudian dievaluasi seperlunya.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Maria Kristi Endah Murni mengatakan, pemeliharaan landasan dilakukan untuk memenuhi aspek keselamatan penerbangan guna mendukung kelancaran angkutan udara udara Idul Fitri 2023.

Waktu untuk melakukan perawatan runway dikecualikan untuk penerbangan VVIP dan jika ada penerbangan lain yang bersifat mendesak dan mendukung kepentingan negara.

Terkait hal itu, Kristi meminta koordinasi terlebih dahulu dengan Lanud Halim Perdanakusuma.

Lihat juga:  Cara Daftar Berobat Ke Ustad Danu Di Mnctv

“Pemeliharaan runway ini tentunya berdampak pada beberapa penerbangan, sehingga perlu pengaturan rotasi pesawat dan manajemen pelayanan penumpang yang optimal dan efisien,” ujarnya seperti dikutip ANTARA, Minggu, 19 Maret.

Bandara Halim Perdanakusuma tetap melayani penerbangan pada rute yang tidak dilayani dari/menuju Bandara Soekarno-Hatta (CGK) seperti Halim-Malang, Halim-Bengkulu, Halim-Ngloram, dan Halim-Yogyakarta.

Untuk rute-rute yang juga dilayani oleh Bandara Soekarno-Hatta, akan dilakukan mitigasi berupa mekanisme pengajuan extra flight untuk mengakomodir permintaan tambahan akibat pengalihan penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta.

Kristi juga meminta agar pengelola bandara dan operator navigasi penerbangan harus memperhatikan pembagian slot waktu agar tidak menambah beban landasan pacu.

Lihat juga:  Cara Mengobati Ejakulasi Dini Dengan Ramuan Tradisional

Selain itu, menurut dia, badan usaha angkutan udara niaga diminta segera melakukan langkah-langkah terkait pengelolaan pelayanan penumpang yang sudah memiliki tiket penerbangan terdampak, antara lain penyampaian pemberitahuan segera kepada penumpang melalui berbagai saluran informasi dan memastikan pemenuhan kewajiban kepada penumpang. prinsip perlindungan konsumen.

Kemudian memberikan kemudahan untuk opsi pengembalian biaya jasa angkutan udara secara penuh (full refund), penerbangan ulang (re-scheduling), pengalihan penerbangan dari/ke CGK (re-routing) tanpa dikenakan biaya sesuai ketentuan perundang-undangan dan pelaporan secara berkala kepada Ditjen Perhubungan Udara terkait mitigasi penanganan penumpang.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Jerawat Bisul Dengan Cepat Dan Alami

“Kami mengimbau kepada seluruh operator penerbangan agar secara cepat dan tanggap mengelola pelayanan penumpang yang terdampak pemeliharaan runway,” kata Kristi.

Dirjen Perhubungan Udara, kata dia, akan terus memantau dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan penerbangan selama masa pemeliharaan runway Bandara Halim Perdanakusuma untuk memastikan ketersediaan konektivitas pada rute-rute yang terdampak tetap dilayani melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Kesimpulan

Dalam menyambut arus mudik Lebaran 2023, Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta melakukan perawatan runway. Langkah tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja area pendaratan pesawat dan menjamin keamanan penerbangan. Terlepas dari pandemi Covid-19, Bandara Halim siap menerima penumpang yang akan mudik ke kampung halaman. Dengan perawatan yang baik, diharapkan kinerja runway dapat meningkat sehingga memudahkan proses pendaratan dan keberangkatan pesawat. #Lebaran2023 #BandaraHalim #ArusMudik

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Lendir Di Paru Paru Dengan Alami

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Jelang #Arus #Mudik #Lebaran #Bandara #Halim #Lakukan #Perawatan #Runway arbo Jelang Arus Mudik Lebaran 2023, Bandara Halim Lakukan Perawatan Runway