Jadwal Puasa Nisfu Sya’ban 2021: Kapan Waktunya dan Bagaimana Melakukannya?

Assalamu’alaikum, Pembaca yang budiman. Puasa Nisfu Sya’ban menjadi salah satu amalan sunnah yang banyak dilakukan oleh umat Islam. Dilaksanakan pada malam pertengahan bulan Sya’ban, puasa ini memiliki keutamaan khusus dalam mendapatkan pahala dari Allah SWT. Nah, simak yuk artikel ini untuk mengetahui kapan waktu pelaksanaan dan bagaimana cara melakukannya.

Jadwal Puasa Nisfu Sya’ban 2021: Kapan Waktunya dan Bagaimana Melakukannya?

Hari Nisfu Sya’ban adalah salah satu hari yang penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Pada hari ini, umat Muslim memperingati malam pertengahan bulan Sya’ban. Peringatan ini biasanya dilakukan dengan melakukan puasa Nisfu Sya’ban. Berikut ini adalah informasi tentang jadwal puasa Nisfu Sya’ban 2021 serta cara melakukannya.

Kapan Waktunya?

Puasa Nisfu Sya’ban jatuh pada tanggal 15 Sya’ban di kalender Hijriyah. Untuk tahun 2021, tanggal tersebut jatuh pada tanggal 28 Maret 2021. Namun, ada juga yang menghitungnya pada tanggal 14 Sya’ban atau 16 Sya’ban. Sebagai umat Muslim, kita harus memahami bahwa perbedaan ini tidak mengurangi keagungan dan keutamaan puasa Nisfu Sya’ban.

Bagaimana Melakukannya?

Puasa Nisfu Sya’ban adalah puasa sunnah yang tidak wajib dilaksanakan. Namun, banyak umat Muslim yang melakukannya karena ingin mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Untuk melakukannya, berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan:

1. Berpuasa mulai dari matahari terbenam di tanggal 14 Sya’ban hingga matahari terbenam di tanggal 15 Sya’ban.
2. Meninggalkan makan dan minum dari waktu Matahari terbit hingga Matahari terbenam di tanggal 15 Sya’ban.
3. Membaca doa-doa yang dianjurkan pada malam Nisfu Sya’ban.

Puasa Nisfu Sya’ban tidak diwajibkan, namun tetap harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan niat yang ikhlas. Karena hanya dengan niat yang ikhlas, puasa akan menjadi bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain.

Kesimpulan:

Puasa Nisfu Sya’ban adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 15 Sya’ban. Tanggal puasa Nisfu Sya’ban 2021 jatuh pada tanggal 28 Maret 2021. Puasa ini dilakukan dengan niat yang ikhlas dan merupakan kesempatan untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

FAQ:

1. Apa keutamaan puasa Nisfu Sya’ban?

Puasa Nisfu Sya’ban memiliki keutamaan seperti mendapat keberkahan dalam rejeki, dilindungi dari bencana, serta untuk memohon ampunan Allah SWT.

2. Bolehkah melakukan puasa Nisfu Sya’ban pada tanggal selain 15 Sya’ban?

Boleh. Meskipun tanggal 15 Sya’ban dikenal sebagai malam Nisfu Sya’ban, namun tidak ada larangan untuk berpuasa pada malam-malam lainnya.

3. Bagaimana cara mendapatkan keberkahan dari puasa Nisfu Sya’ban?

Untuk mendapatkan keberkahan dari puasa Nisfu Sya’ban, kita harus berpuasa dengan niat yang ikhlas dan tidak bermaksud untuk pamer atau mencari popularitas.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

#Jadwal #Puasa #Nisfu #Syaban #Kapan #Waktunya #dan #Bagaimana #Melakukannya arbo Jadwal Puasa Nisfu Sya’ban 2021: Kapan Waktunya dan Bagaimana Melakukannya?