Ingin Berbuka Puasa Secara Hemat dan Sehat? Coba Menu Ini!

Ingin Berbuka Puasa Secara Hemat dan Sehat? Coba Menu Ini! – Assalamualaikum pembaca setia! Bulan Ramadan telah tiba dan tentunya banyak di antara kita yang berusaha untuk berbuka puasa secara sehat dan hemat, namun seringkali bingung dengan menu yang ingin disajikan. Nah, kali ini kami hadir dengan beberapa opsi menu berbuka puasa yang dapat membantu kamu dalam mencapai tujuan tersebut. Simak artikel selengkapnya di bawah ini ya!

Ingin Berbuka Puasa Secara Hemat dan Sehat? Coba Menu Ini!

Mungkin kita sering meremehkan menu berbuka puasa karena sudah terlalu lama makan makanan yang biasa-biasa saja. Namun, apa yang terjadi bila kita total bingung mencari menu yang unik, hemat, dan sehat? Tidak usah khawatir karena artikel ini akan memberikan saran-saran unik yang dapat dicoba yang aman untuk diet dan tidak mengganggu kesehatan.

Lihat juga:  Cara Merapatkan Dan Mengencangkan Miss V Secara Alami

1. Segala macam sayuran hijau

Sayuran hijau yang termasuk dalam golongan bayam, kangkung, dan brokoli akan memberikan rasa segar di saat-saat mencicipi makanan berat setelah berpuasa.

2. Tahu dan Tempe

Bila ingin lebih ringan dan sehat, mencoba protein vegan seperti tahu dan tempe bisa jadi pilihan mudah. Disamping itu, kedua jenis makanan tersebut memiliki harga yang terjangkau dan berdampak positif untuk kesehatan.

3. Ikan Bakar

Bila suka makanan laut, sari laut akan memberikan lezat beraroma segera dan khas yang hanya bisa didapatkan lewat ikan bakar. Ikan bakar tidak hanya nikmat dan jadi-jadian, tetapi juga rendah kalori dan cukup kenyang.

4. Buah segar

Buah segar termasuk pilihan buruk di saat kurang cepat lapar dan memberikan nutrisi yang cukup penting. Cobalah memilih buah rendah kalori dan manis seperti semangka dan melon. Buah-buahan sederhana sudah cukup melegakan selama berbuka.

Lihat juga:  Cara Agar Cepat Selesai Haid Secara Alami

5. Sup

Bila tubuh Anda merasa lelah atau sakit usai puasa, tak ada yang lebih baik daripada sup kaya nutrisi yang akan menaikkan daya tahan tubuh. Ada beberapa jenis sup yang bisa dicoba, seperti sup ayam atau sup jagung.

6. Salad

Bila ingin menjaga kesegaran, salad bisa menjadi pilihan yang tepat. Salad kaya nutrisi dan baik untuk pencernaan. Usahakan memilih jenis sayuran segar yang benar-benar berkualitas.

7. Roti

Roti bukan cuma sarapan yang manis. Cobalah roti panggang dengan mentega dikala berbuka puasa. Roti membantu menurunkan rasa lapar dan membiarkan bentuk energi untuk tahan lebih lama.

8. Makanan ringan

Camilan di saat berpuasa bisa jadi pemecah stres. Cobalah makanan ringan seperti puding, yoghurt, atau crackers di saat-saat genting. Camilan ini bisa jadi teman berbuka yang berguna dan enak.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami Dengan Cepat

9. Olahan daging rendah lemak

Daging kaya protein dan merupakan salah satu pilihan bila ingin lebih kenyang lama. Cobalah memilih daging tanpa lemak seperti ayam dan sapi.

10. Sayur-sayuran segar dan rebusan

Sayuran segar dan direbus menyediakan sumber vitamin yang seimbang seperti kubis, kentang, dan lobak. Kombinasi ini tidak cuma nikmat tetapi juga membuat kenyang lebih lama.

11. Teh atau Kopi yang Dingin

Cobalah seduhan kopi atau teh dingin yang cocok di tenggorokkan. Sediakan teh hijau atau kopi yang diatur dengan susu segar dan tanpa gula yang berlebihan.

12. Nasi

Nasi yang dikukus akan lebih sedap dengan lauk yang mudah ditemukan. Nasi dikukus bertepatan dengan biji-bijian lainnya seperti jagung dan kentang yang sehat dan hidup.

13. Suplemen multivitamin

Ambil suplemen untuk membantu dukung diet dan kesehatan. Suplemen multivitamin bisa jadi alternatif bila makanan yang dihadirkan dirasa kurang menyediakan nutrisi yang dibutuhkan.

14. Telur Rebus

Telur rebus, di samping daging tanpa lemak, adalah makanan penuh gizi ideal yang cocok di saat puasa. Telur kaya nutrisi dan protein yang baik untuk mengisi keperluan energi selama puasa.

Lihat juga:  Cara Alami Mengobati Tipes Pada Anak

15. Ayam Goreng Tepung Kentang

Masakan ini memperlancar sedap dengan ketahanan roti dan tepung kentang cakeri yang bisa diadu dengan aroma ayam yang lezat. Olahan tersebut bisa diatur sebagai sumber protein yang bisa membantu mengisi energi selama berpuasa.

16. Mie Goreng

Mie goreng juga masih bisa menjadi salah satu pilihan menu sahur atau berbuka puasa. Untuk menjaga kesehatan sebaiknya memilih cara masak dan bahan yang benar-benar sehat dan cukup bernutrisi.

17. Sup Jagung

Sup jagung adalah pilihan yang cocok untuk orang yang benar-benar ingin berat badan turun dengan hidangan cair yang kaya nutrisi. Sajikan dengan roti atau camilan ringan lainnya untuk menu yang lebih beragam.

18. Pisang Keju

Pisang keju menjadi menu yang sering kita jumpai di malam hari. Dalam sajian ini, bisa menambahkan sentuhan topping seperti selai dari buah-buahan segar maupun sehat lainnya. Pisang keju juga jadi pilihan yang tepat untuk anak-anak yang ingin makan malam yang bergizi.

Lihat juga:  Bagaimana Cara Menghilangkan Ambeien Secara Alami

19. Sup Kental

Pilihan lain yang cukup diminati adalah sup kental. Sup kental adalah sajian cair yang kaya akan bahan dan rasa. Sup kental dapat dibuat dari berbagai jenis sayuran seperti bayam, jagung, atau jamur.

20. Sayuran Segar

Sayuran segar adalah pilihan banyak orang yang ingin menjaga kesehatan bonus. Sajikan sayuran segar sebgai pelengkap hidangan buka puasa akhir-akhir ini. Anda dapat memilih macam-macam sayur untuk dicampur menjadi satu.

Kesimpulan

Memilih makanan untuk berbuka puasa yang menyehatkan tubuh dan ringan di kantong sebenarnya tidak begitu sulit. Dengan memperhatikan beberapa pilihan di atas, dapat menjadikan sajian buka puasa yang ringan dan menyegarkan selama bulan puasa berlangsung. Tak perlu khawatir dalam membeli bahan-bahan yang cocok, sebab beragam pilihan bahan ada di sekitar kita. Selamat mencoba, selamat berpuasa, dan selamat berbuka puasa!

Penutup

Demikian artikel mengenai Ingin Berbuka Puasa Secara Hemat dan Sehat? Coba Menu Ini! yang dapat membantu anda untuk menjalankan berbuka puasa lebih sehat dan hemat. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sehat selalu. Sampai jumpa di artikel lainnya!

#Ingin #Berbuka #Puasa #Secara #Hemat #dan #Sehat #Coba #Menu #Ini arbo Ingin Berbuka Puasa Secara Hemat dan Sehat? Coba Menu Ini!