Cara Meredakan Batuk Kering Secara Alami

Cara Meredakan Batuk Kering Secara Alami – Halo pembaca yang budiman, batuk kering memang bisa sangat mengganggu aktifitas Anda sehari-hari. Banyak obat-obatan yang dijual bebas di apotek untuk meredakan batuk, namun terkadang beberapa obat tidak ampuh meringankan batuk. Ada beberapa cara meredakan batuk kering secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Yuk simak artikel ini untuk mengetahui caranya!

Cara Meredakan Batuk Kering Secara Alami

Batuk kering biasanya disebabkan oleh gangguan tenggorokan atau saluran pernapasan yang menghasilkan rasa perih dan gatal pada tenggorokan. Batuk kering bukanlah masalah serius, namun terkadang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara meredakan batuk kering secara alami yang bisa Anda coba.

Pijat Dada

Pijat dada dapat membantu melegakan saluran pernapasan dan meredakan batuk kering. Gunakan minyak esensial seperti minyak kayu putih atau eukaliptus untuk memberikan efek yang lebih baik saat melakukan pijatan pada dada.

Beristirahat

Salah satu cara terbaik untuk membiarkan tubuh mengatasi batuk kering adalah dengan beristirahat yang cukup. Saat tidur, usahakan tidur dalam posisi terlentang atau miring ke samping untuk mencegah iritasi tenggorokan.

Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih secara teratur dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan melembabkan tenggorokan. Dengan terhidrasi yang cukup, saluran pernapasan dapat lebih mudah dilewati dan batuk kering bisa mereda.

Konsumsi Jahe

Jahe telah terbukti dapat membantu mengatasi batuk dan flu karena sifat anti-inflamasinya. Jahe bisa dijadikan teh, ditambahkan ke hidangan atau dikunyah langsung.

Konsumsi Madu

Madu telah digunakan sejak lama untuk membantu meredakan batuk kering. Kandungan gula alami pada madu dapat membantu melembabkan tenggorokan dan meredakan iritasi.

Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat allicin yang bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mempercepat pemulihan dari batuk kering. Bawang putih bisa ditambahkan ke hidangan atau dikonsumsi secara langsung.

Menghirup Uap Air Panas

Menghirup uap air panas sangat efektif untuk melegakan saluran pernapasan dan meredakan batuk kering. Gunakan air panas dan tambahkan minyak esensial seperti minyak kayu putih atau eukaliptus untuk efek yang lebih baik.

Konsumsi Teh Herbal

Teh herbal seperti teh chamomile atau teh peppermint memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan batuk kering dengan alami. Teh herbal bisa dinikmati dengan tambahan madu atau jeruk nipis untuk rasa yang lebih enak.

Hindari Merokok

Paparan asap rokok dapat memperparah iritas tenggorokan dan membuat batuk kering lebih parah. Jadi, hindari merokok baik secara aktif maupun pasif.

Konsumsi Makanan yang Tepat

Makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah jeruk atau sayuran hijau dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan batuk kering. Sementara itu, makanan pedas seperti cabai atau lada hitam dapat membantu membersihkan lendir dari saluran pernapasan untuk membantu meredakan batuk kering.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meredakan batuk kering. Bentuk lain dari relaksasi ini adalah dengan berendam di bak mandi selama beberapa menit.

Cukupi Istirahat

Salah satu cara terbaik untuk memberikan kesempatan kepada tubuh untuk meredakan batuk kering adalah dengan cukup istirahat. Saat tidur, usahakan untuk tidur dalam posisi terlentang atau miring ke samping untuk mencegah iritasi pada tenggorokan.

Konsumsi Vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, pepaya, atau jambu biji dapat membantu meredakan batuk kering.

Konsumsi Teh Kayu Manis

Teh kayu manis memiliki kandungan anti-bakteri yang baik untuk membantu mengatasi penyebab dari batuk kering. Dengan menambahkan madu, teh kayu manis akan menjadi lebih enak untuk dinikmati.

Menghindari Pemicu Batuk Kering

Jika batuk kering disebabkan karena alergi, maka hindari pemicu alergi tersebut seperti bulu binatang, debu, atau udara dingin. Dengan menghindari pemicu, batuk kering dapat berangsur-angsur mereda.

Mengonsumsi Air Kelapa

Minuman segar seperti air kelapa dapat membantu untuk meredakan batuk kering dengan cara menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air kelapa juga bisa membantu mengurangi inflamasi pada tenggorokan.

Mengonsumsi Banyak Buah-buahan dan Sayuran Segar

Buah-buahan dan sayuran segar kaya akan serat dan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah-buahan seperti apel dan alpukat serta sayuran seperti brokoli dan bayam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan batuk kering.

Mengonsumsi Sup Ayam

Sup ayam telah digunakan sejak dulu sebagai obat untuk penyakit. Sup ayam membantu tubuh untuk meredakan batuk kering karena kandungan kolagen yang berfungsi untuk melindungi tenggorokan dan meredakan inflamasi.

Mengonsumsi Sup Sayuran

Sup sayuran menjadi pilihan yang tepat untuk membantu meredakan batuk kering. Sayuran yang cocok untuk digunakan sebagai bahan sup sayuran adalah bawang putih, tomat, bayam, dan wortel.

Menghindari Makanan yang Memicu Alergi

Makanan yang menyebabkan alergi dapat memperparah batuk kering. Untuk itu, hindari makanan yang bisa memperparah alergi seperti makanan laut atau makanan yang mengandung gluten.

Jangan Mengonsumsi Obat Suntik

Jangan menggunakan obat suntik yang tidak diresepkan oleh dokter untuk mengatasi batuk kering. Jika batuk kering tidak mereda dengan cara-cara alami, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Penutup

Batuk kering memang tidak terlalu membahayakan, namun bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dalam mengatasi batuk kering, sebaiknya gunakan cara-cara alami yang telah disebutkan di atas sebagai alternatif sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat-obatan kimia. Jangan lupa, juga hindari pemicu batuk kering seperti polusi dan merokok agar tubuh tetap sehat dan kuat.