Cara Mengobati Wasir Luar Secara Alami

Cara Mengobati Wasir Luar Secara Alami – Halo pembaca yang budiman! Apakah Anda sedang mengalami masalah dengan wasir luar? Jangan khawatir, karena kami punya solusi alami untuk Anda. Mengobati wasir luar dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana yang tidak memerlukan pengobatan medis. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara-cara mengobati wasir luar secara alami. Terima kasih telah menyinggahi, selamat membaca!

Cara Mengobati Wasir Luar Secara Alami

Wasir luar atau disebut juga hemoroid adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah di anus dan rektum mengalami pembengkakan dan peradangan. Gejalanya termasuk rasa terbakar, gatal, dan nyeri saat duduk. Banyak orang mencari cara untuk mengobati wasir luar secara alami dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu:

1. Mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu melunakkan tinja dan mencegah sembelit. Sembelit dapat memperburuk gejala wasir luar. Selain itu, mengonsumsi makanan berserat tinggi juga membantu menjaga berat badan yang sehat.

Lihat juga:  Cara Meredakan Batuk Dengan Bahan Alami

2. Minum cukup air setiap hari juga dianjurkan untuk menghindari sembelit. Air membantu melunakkan tinja dan membuat gerakan usus menjadi lebih lancar.

3. Menghindari duduk terlalu lama di toilet. Ketika buang air besar, usahakan selesai dalam waktu singkat. Duduk terlalu lama di toilet dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di daerah anus, yang dapat memperburuk gejala wasir luar.

4. Rajin berolahraga juga penting untuk mengobati wasir luar secara alami. Aktivitas fisik seperti berjalan kaki, berenang, atau yoga dapat membantu meningkatkan peredaran darah dan mencegah sembelit.

5. Mengompres daerah yang terkena wasir dengan air hangat dapat meredakan nyeri dan peradangan. Lakukan kompres selama sekitar 15 menit beberapa kali sehari.

Lihat juga:  Cara Menggugurkan Kandungan Alami Tanpa Obat

6. Mengonsumsi suplemen herbal seperti daun semanggi atau Horse Chestnut dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri akibat wasir luar. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen herbal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahli herbal terpercaya.

7. Menggunakan bantal donat saat duduk dapat membantu mengurangi tekanan pada daerah yang terkena wasir luar. Bantal donat dapat dibeli di toko-toko kesehatan atau apotek.

8. Hindari menggaruk daerah yang terkena wasir. Menggaruk akan memperburuk iritasi dan peradangan.

9. Tetap menjaga kebersihan daerah anus. Setelah buang air besar, bersihkan daerah anus dengan lembut menggunakan tisu basah. Hindari penggunaan tisu toilet beralkohol atau pewangi yang dapat menyebabkan iritasi.

10. Kurangi konsumsi makanan pedas, alkohol, dan kafein. Makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan dan membuat gejala wasir luar menjadi lebih parah.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Pinguecula Secara Alami

11. Cobalah untuk menghindari konstipasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt, kefir, atau suplemen probiotik. Probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam saluran pencernaan.

12. Mengonsumsi daun ciplukan atau meminum air rebusan daun ciplukan diketahui dapat membantu mengobati wasir luar secara alami. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal sebelum mengonsumsi tanaman ini.

13. Mandi air hangat juga dapat meredakan gejala wasir luar. Pergilah ke bak mandi yang berisi air hangat dan rendam daerah yang terkena selama 15-20 menit. Air hangat membantu meredakan nyeri dan mengurangi pembengkakan.

14. Hindari mengangkat beban berat yang dapat meningkatkan tekanan pada saluran pencernaan. Tekanan yang berlebihan pada pembuluh darah di daerah anus dapat menyebabkan wasir luar.

15. Jangan menahan dorongan buang air besar. Jika merasa ingin buang air besar, segeralah pergi ke toilet dan kosongkan usus.

Lihat juga:  Cara Mengobati Encok Di Bahu

16. Konsumsi makanan yang kaya vitamin E dapat membantu meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan mencegah pembengkakan yang berhubungan dengan wasir luar. Makanan yang kaya vitamin E antara lain kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun.

17. Jaga kebersihan diri dan pakaian dalam. Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun yang lembut dan hindari penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat.

18. Obat herbal seperti aloe vera, lidah buaya, lidah mertua dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri akibat wasir luar. Oleskan gel atau krim herbal tersebut pada daerah yang terkena beberapa kali sehari.

19. Perhatikan pola makan dan hindari makan berlebihan. Makan berlebihan dapat menyebabkan tekanan pada saluran pencernaan, yang dapat memperburuk gejala wasir luar.

20. Tetap tenang dan jangan terlalu stres. Stres dapat mempengaruhi fungsi saluran pencernaan dan membuat gejala wasir luar menjadi lebih parah.

Lihat juga:  Bagaimana Cara Mengobati Sakit Gigi Yang Berlubang Secara Alami

Kesimpulan:

Mengobati wasir luar secara alami membutuhkan komitmen dan perubahan gaya hidup yang sehat. Mengonsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan diri, dan rajin berolahraga adalah langkah-langkah yang penting dalam mengatasi wasir luar. Selain itu, penggunaan obat-obatan herbal dan kompres air hangat juga dapat meredakan gejala wasir luar. Namun, jika gejala wasir luar tidak membaik atau semakin parah, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Penutup:

Wasir luar tidak perlu ditakuti, namun perlu diberikan perhatian yang serius. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengobati wasir luar secara alami dan mencegah kekambuhan. Ingatlah untuk tetap menjaga gaya hidup yang sehat dan berkonsultasilah dengan dokter jika gejala wasir luar tidak membaik.