Cara Mengobati Scabies Pada Manusia Secara Alami

Cara Mengobati Scabies Pada Manusia Secara Alami – Halo pembaca yang budiman, apakah Anda sedang mengalami kulit gatal yang tak kunjung hilang serta muncul ruam merah di sekitar kulit? Jika iya, kemungkinan Anda terkena penyakit scabies. Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu sarcoptes dan bisa menyebar dengan sangat cepat pada manusia. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak orang berusaha mencari cara mengobati scabies pada manusia secara alami yang ampuh. Yuk, simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara mengatasi scabies secara alami!

Cara Mengobati Scabies Pada Manusia Secara Alami

Scabies adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh serangga kecil yang disebut dengan kutu sarcoptes scabiei. Kutu ini biasanya hidup dan berkembang biak di kulit manusia dan membuat gatal-gatal pada kulit. Scabies bisa menyebar dengan sangat mudah dan dapat menular melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Jika Anda sedang menderita scabies, berikut adalah beberapa cara mengobati scabies pada manusia secara alami:

Cara 1: Gunakan Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh telah terbukti efektif dalam mengobati scabies pada manusia. Anda cukup mengoleskan minyak pohon teh pada area yang terinfeksi dan membiarkannya selama beberapa jam. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang bersih.

Cara 2: Pakai Bawang Putih dan Minyak Zaitun

Campuran bawang putih dan minyak zaitun juga dapat membantu mengobati scabies pada manusia. Anda bisa membuat campuran ini dengan mencampurkan beberapa siung bawang putih yang sudah dihaluskan dengan minyak zaitun dan mengoleskannya pada area yang terinfeksi. Biarkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

Cara 3: Gunakan Kunyit

Kunyit juga dapat membantu mengobati scabies pada manusia karena memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Anda bisa membuat pasta kunyit dengan mencampurkan kunyit bubuk dengan sedikit air dan mengoleskannya pada area yang terinfeksi. Biarkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

Cara 4: Mandi Air Hangat dengan Baking Soda

Mandi air hangat dengan baking soda juga dapat membantu mengobati scabies pada manusia. Tambahkan beberapa sendok makan baking soda ke dalam air mandi dan rendam selama 20-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk yang bersih.

Cara 5: Pakai Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengobati scabies pada manusia. Cukup potong lidah buaya dan ambil gel-nya, kemudian oleskan pada area yang terinfeksi. Biarkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

Cara 6: Campuran Madu dan Kayu Manis

Campuran madu dan kayu manis juga dapat membantu mengobati scabies pada manusia karena kedua bahan ini memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Campurkan madu dan kayu manis dan oleskan pada area yang terinfeksi. Biarkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

Cara 7: Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat membantu mengobati scabies pada manusia karena memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada area yang terinfeksi dan membiarkannya selama beberapa jam. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang bersih.

Cara 8: Pakai Minyak Bawang Putih

Minyak bawang putih juga dapat membantu mengobati scabies pada manusia karena memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Anda bisa membuat minyak bawang putih dengan menghancurkan beberapa siung bawang putih dan mencampurnya dengan minyak zaitun. Biarkan campuran tersebut selama beberapa hari dan gunakan minyaknya pada area yang terinfeksi.

Cara 9: Gunakan Daun Sirih

Daun sirih memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengobati scabies pada manusia. Anda bisa membuat pasta daun sirih dengan menumbuk daun sirih dan menggunakan pasta tersebut pada area yang terinfeksi. Biarkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

Cara 10: Pakai Minyak Kayu Manis

Minyak kayu manis juga dapat membantu mengobati scabies pada manusia karena memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Anda bisa mencampurkan minyak kayu manis dengan minyak zaitun dan mengoleskannya pada area yang terinfeksi. Biarkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

Cara 11: Gunakan Baking Soda dan Minyak Kelapa

Campuran baking soda dan minyak kelapa juga dapat membantu mengobati scabies pada manusia. Anda bisa mencampurkan baking soda dengan minyak kelapa dan mengoleskannya pada area yang terinfeksi. Biarkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

Cara 12: Pakai Minyak Juniper

Minyak juniper memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengobati scabies pada manusia. Anda cukup mengoleskan minyak juniper pada area yang terinfeksi dan membiarkannya selama beberapa jam. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang bersih.

Cara 13: Gunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga dapat membantu mengobati scabies pada manusia karena memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Basahi kapas dengan cuka sari apel dan tempelkan pada area yang terinfeksi. Biarkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

Cara 14: Pakai Minyak Lavender

Minyak lavender memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengobati scabies pada manusia. Anda cukup mengoleskan minyak lavender pada area yang terinfeksi dan membiarkannya selama beberapa jam. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang bersih.

Cara 15: Gunakan Daun Mint

Daun mint memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengobati scabies pada manusia. Anda bisa membuat pasta daun mint dengan menumbuk daun mint dan menggunakan pasta tersebut pada area yang terinfeksi. Biarkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

Cara 16: Pakai Minyak Eukaliptus

Minyak eukaliptus memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengobati scabies pada manusia. Anda cukup mengoleskan minyak eukaliptus pada area yang terinfeksi dan membiarkannya selama beberapa jam. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang bersih.

Cara 17: Gunakan Minyak Jarak

Minyak jarak juga dapat membantu mengobati scabies pada manusia karena memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Anda cukup mengoleskan minyak jarak pada area yang terinfeksi dan membiarkannya selama beberapa jam. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang bersih.

Cara 18: Pakai Daun Adas

Daun adas memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengobati scabies pada manusia. Anda bisa membuat pasta daun adas dengan menumbuk daun adas dan menggunakan pasta tersebut pada area yang terinfeksi. Biarkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

Cara 19: Gunakan Cengkeh

Cengkeh memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengobati scabies pada manusia. Anda bisa membuat pasta cengkeh dengan menumbuk cengkeh dan menggunakan pasta tersebut pada area yang terinfeksi. Biarkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

Cara 20: Istirahat yang Cukup dan Konsumsi Makanan Sehat

Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang sehat juga dapat membantu mengobati scabies pada manusia. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar, serta hindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi scabies.

Kesimpulan

Scabies adalah kondisi kulit yang bisa sangat mengganggu. Namun, ada banyak cara alami yang dapat membantu mengobati scabies pada manusia. Anda bisa mencoba beberapa metode yang sudah disebutkan di atas untuk mengatasi scabies, namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika kondisi scabies Anda memburuk atau tidak kunjung sembuh.

Penutup

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang menderita scabies dan mencari cara mengobati scabies secara alami. Selalu jaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar untuk mencegah penyebaran scabies, serta jangan ragu untuk mengunjungi dokter jika kondisi Anda tidak kunjung membaik.