Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami – Halo pembaca, apakah Anda sedang menderita sakit gigi yang mengganggu aktivitas sehari-hari? Jangan khawatir, karena ada beberapa cara mengobati sakit gigi secara alami yang dapat membantu meredakan rasa nyeri yang Anda rasakan. Bahan-bahan seperti bawang putih, cengkeh, minyak kelapa, dan jahe dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi sakit gigi. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui cara mengatasinya secara lebih lengkap!

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Siapa yang tidak merasa jengkel ketika mengalami sakit gigi, kondisi ini dapat terasa menyakitkan apalagi ketika dihubungkan dengan makanan dan minuman. Banyak obat-obatan teratur yang dapat membantu mengatasi masalah nyeri ini, namun, terkadang kita harus mencari obat alami untuk menghilangkan rasa sakit. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati sakit gigi secara alami:

Lihat juga:  Pentingnya Mengetahui Hal Ini Sebelum Memasang Plester Plafon Di Rumah!

1. Istirahat Yang Cukup

Sakit gigi dapat disebabkan oleh kelelahan, ketegangan atau stres. Maka dari itu, jika Anda merasakan sakit gigi, cobalah untuk istirahat yang cukup dan perhatikan dengan seksama kualitas tidur Anda. Jangan memaksakan diri untuk terlalu banyak bekerja, sebab ini justru bisa memperburuk sakit gigi yang Anda alami.

2. Kumur-kumur dengan Air Garam

Kumur-kumur dengan air garam merupakan salah satu cara paling mudah dan efektif untuk menghilangkan sakit gigi. Campurkan ½ sampai 1 sendok teh garam dalam secangkir air panas dan gunakan air ini untuk berkumur-kumur sekitar 30 detik. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari sampai kondisi mulai membaik. Air garam membantu membersihkan area gigi berlubang dan menghilangkan bakteri di sekitar mulut Anda.

3. Gunakan Minyak Cengkeh

Manfaat minyak cengkeh tidak hanya bisa membantu meringankan gigi yang sakit, tapi juga bisa menghilangkan plak dan membersihkan gigi. Minyak cengkeh memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang akan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi dan mempercepat penyembuhan. Cukup oleskan sedikit minyak cengkeh pada gigi yang sakit beberapa kali dalam sehari.

4. Gunakan Kulit Jeruk untuk Membersihkan Gigi

Gigi yang berlubang setelah diminum obat kadang terasa sulit untuk dibersihkan. Ada beberapa cara alami untuk membersihkan gigi, salah satunya dengan menggunakan kulit jeruk. Caranya, cukup gabungkan kulit jeruk dengan sedikit garam dan usapkan pada gigi. Gampang dan murah meriah, kan?

Lihat juga:  Cara Memutihkan Selangkangan Alami

5. Pijat Bagian Kepala

Sakit gigi seringkali begitu menyakitkan hingga terasa ke kepala. Dengan memijat bagian kepala, bisa membantu membawa sirkulasi darah ke area yang sakit dan meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan. Cobalah pijat lembut dengan menggunakan jari jempol, telunjuk dan jari tengah. Cara ini juga sangat efektif untuk mengurangi ketegangan dan stres.

6. Gunakan Daun Sirih

Daun sirih terkenal karena kandungan antibakteri dan antiseptiknya. Gunakan beberapa lembar daun sirih segar dan rebus dalam air selama beberapa menit. Angkat air rebusannya dan dinginkan sebelum berkumur-kumur. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari dan sakit gigi Anda akan berangsur-angsur hilang.

7. Kompres Dingin pada Gigi yang Sakit

Salah satu cara tercepat dan efektif untuk meredakan sakit gigi adalah dengan menggunakan kompres dingin. Ambil es batu dan bungkus dengan kain atau handuk tipis, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit selama 15 menit. Cara ini akan membantu membunuh bakteri dan mempersempit pembuluh darah di area gigi yang sakit, sehingga mencegah pembengkakan mulut.

8. Mengunyah Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat allicin yang berkhasiat sebagai antibiotik alami dan akan membantu mematikan bakteri penyebab infeksi gigi. Cara ini memang agak sedikit tidak enak, namun jika Anda mencobanya, Anda akan merasa sakit gigi Anda berangsur-angsur membaik.

Lihat juga:  Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam Di Pipi

9. Gargel dengan Jahe dan Madu

Garam tidak hanya berguna untuk pundak pegal, tetapi juga dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi. Kombinasikan jahe dan madu dengan air hangat dan aduk sampai hancur, kemudian gunakan sebagai obat kumur. Jahe akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, sedangkan madu memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang akan membantu membersihkan gigi Anda dari bakteri.

10. Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga ringan dan pernapasan yang dalam bisa membantu mengurangi ketegangan dan meningkatkan sirkulasi darah di sekitar gigi yang sakit. Cobalah berjalan kaki santai atau yoga selama 15-30 menit di pagi hari sebelum sarapan. Ini akan membantu meredakan sakit gigi Anda.

11. Konsumsi Makanan yang Kaya Vitamin C

Vitamin C sangat baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Konsumsilah makanan seperti jeruk, paprika, stroberi, dan brokoli yang kaya akan vitamin ini. Vitamin C juga memiliki efek anti-inflamasi dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

12. Hindari Konsumsi Makanan Manis

Makanan manis dan bergula seperti cokelat dan permen dapat membuat gigi sensitif dan merusak gigi Anda. Hindari makanan manis atau bergula terutama setelah makan, sebab akan memperburuk kondisi gigi yang sakit.

Lihat juga:  Cara Mengobati Bibir Luka Dan Perih

13. Berkumur-kumur Dengan Air Kelapa

Air kelapa memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang membuatnya sangat efektif dalam menyembuhkan gigi yang sakit. Berkumur dengan air kelapa beberapa kali dalam sehari atau minum air kelapa cukup untuk membersihkan dan menyehatkan gigi Anda dari dalam.

14. Gunakan Kunyit

Kunyit adalah salah satu bahan alami terbaik yang dapat mengobati gangguan gigi. Campurkan kunyit dengan sedikit air hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada gigi yang sakit. Kunyit membantu meredakan rasa sakit dan juga efektif dalam mempercepat penyembuhan.

15. Mengurangi Konsumsi Kopi atau Teh

Kopi dan teh dapat merusak enamel gigi dan membuat gigi Anda lebih sensitif terhadap suhu dan rasa. Cobalah mengurangi konsumsi kopi atau teh, terutama jika Anda sudah mengalami sakit gigi. Hindari juga minuman berenergi dan minuman bersoda yang dapat merusak gigi Anda dari dalam.

16. Cek Kesehatan Gigi Secara Rutin

Sakit gigi dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti gigi berlubang atau penyakit gusi. Cobalah untuk memeriksa kesehatan gigi Anda secara teratur dan periksa seluruh gigi dan gusi. Jangan menunggu rasa sakit terjadi, seharusnya kita selalu melakukan pencegahan sejak dini.

17. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Minum air putih cukup adalah salah satu cara yang paling mudah dan efektif untuk menjaga kesehatan gigi Anda. Air putih dapat menjaga kadar pH di mulut Anda dan membantu menghilangkan kotoran di gigi Anda. Konsumsi air putih yang cukup sehari-hari juga membantu menghilangkan rasa sakit gigi secara efektif.

Lihat juga:  Cara Menumbuhkan Kumis Secara Alami

18. Hindari Ngemil Sebelum Tidur

Ngemil terlalu sering, terutama sebelum tidur sangat tidak baik untuk kesehatan gigi Anda. Karena waktu tidur akan membuat air liur mulai mengering dan bakteri akan bertumbuh pesat di malam hari. Hindari ngemil sebelum tidur atau sekitar 2-3 jam sebelum Anda tidur.

19. Mengunyah Kayu Manis

Kayu manis memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang sangat efektif dalam membantu meredakan sakit gigi. Cukup kunyah atau kunyah beberapa kali kayu manis dan tunggu sampai zatnya meresap ke dalam gigi. Ini akan membantu meredakan sakit gigi Anda secara cepat dan efektif.

20. Kunyah Biji Delima

Biji delima terkenal untuk mengurangi peradangan dan sangat membantu melawan bakteri. Caranya adalah, aromatik biji delima ini ditumbuk hingga halus kemudian kunyah biji delima yang sudah halus sekitar 5-8 menit. Proses pengunyahan biji delima ini terbukti membantu meredakan sakit gigi dan menghilangkan bakteri.

Kesimpulan

Mengobati sakit gigi secara alami sangat mungkin dengan mengikuti beberapa tips di atas, namun jika Anda mengalami sakit gigi yang berat, sebaiknya segera kunjungi dokter gigi terdekat. Timbulnya sakit gigi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, namun tetap selalu jaga kebersihan dan kesehatan gigi Anda untuk mencegah sakit gigi ini terjadi.

Penutup

Sakit gigi bisa sangat menyakitkan, namun mengobatinya bisa dilakukan dengan cara yang alami dan efektif, seperti menggunakan minyak cengkeh atau mengunyah biji delima. Jangan lupakan dokter gigi, karena mereka adalah orang terbaik yang dapat memberikan bantuan yang tepat dan sesuai. Semoga tips ini bisa membantu Anda mengatasi sakit gigi secara alami!