Cara Mengobati Mencret Secara Alami

Cara Mengobati Mencret Secara Alami – Halo pembaca yang budiman, apakah kamu sering mengalami masalah mencret yang menyebalkan? Jangan khawatir, kamu tidak perlu repot-repot pergi ke dokter atau membeli obat di apotek. Ada beberapa cara alami yang dapat membantu mengatasi masalah ini. Simak artikel ini untuk mengetahui cara mengobati mencret secara alami dengan mudah dan efektif. Yuk, baca terus!

Cara Mengobati Mencret Secara Alami

Mencret atau sering juga disebut dengan diare adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami keluarnya feses (kotoran) lebih dari biasanya. Pada kondisi normal, tubuh manusia mengeluarkan kotoran setidaknya satu kali dalam sehari dengan konsistensi yang normal. Namun, apabila seseorang mengalami mencret, maka frekuensi buang air besar akan lebih sering dengan konsistensi feses yang lebih cair dan jumlah yang lebih banyak. Mencret dapat terjadi akibat berbagai macam faktor seperti infeksi bakteri atau virus, konsumsi makanan yang tidak sehat, dan sebagainya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara mengobati mencret secara alami.

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Ketika tubuh mengalami diare, maka tubuh akan kehilangan banyak cairan dan elektrolit akibat feses yang keluar lebih sering dari biasanya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperbanyak asupan air putih untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari.

2. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Serat Tinggi

Konsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan pencernaan, terlebih lagi ketika tubuh sedang mengalami diare. Makanan dengan kandungan serat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu menghentikan diare dan memperbaiki keseimbangan pencernaan pada tubuh.

3. Konsumsi Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yang dapat membantu meningkatkan kadar bakteri baik pada saluran pencernaan. Bakteri baik tersebut dapat membunuh bakteri jahat yang menyebabkan diare. Konsumsi yoghurt secara rutin dapat membantu mencegah dan mengobati mencret secara alami.

4. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih mengandung anti mikroba dan anti virus yang dapat membantu mengatasi infeksi pada saluran pencernaan yang menyebabkan diare. Konsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah mencret.

5. Konsumsi Jahe

Jahe mengandung anti inflamasi dan anti mikroba yang dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan dan membunuh bakteri penyebab diare. Konsumsi jahe dapat membantu mengobati mencret secara alami.

6. Konsumsi Buah Pisang

Buah pisang mengandung potasium yang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, buah pisang juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti serat, vitamin C, dan vitamin B6 yang dapat membantu memperbaiki kondisi tubuh yang mendapat serangan mencret.

7. Konsumsi Air Kelapa

Air kelapa mengandung elektrolit yang dapat membantu mengembalikan cairan dan elektrolit yang hilang akibat diare. Konsumsi air kelapa secara rutin dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan mengobati mencret dengan cepat.

8. Konsumsi Kayu Manis

Kayu manis mengandung anti inflamasi dan anti mikroba yang dapat membantu mencegah infeksi dan peradangan pada saluran pencernaan. Konsumsi kayu manis dapat membantu mengatasi mencret dengan alami.

9. Konsumsi Teh Chamomile

Teh chamomile dapat membantu meredakan kerusakan pada saluran pencernaan akibat infeksi yang menyebabkan diare. Satu cangkir teh chamomile setiap hari dapat membantu mencegah dan mengobati mencret.

10. Cengkeh

Cengkeh mengandung zat anti inflamasi dan anti mikroba yang membantu menghentikan diare dan mengurangi gejalanya. Cengkeh juga mempunyai sifat antisepsi, yaitu mampu membunuh jutaan kuman penyebab masalah pada saluran pencernaan.

11. Kunyit

Kunyit mempunyai zat antibakteri dan antioksidan yang cukup kuat. Hal ini memungkinkan kunyit untuk menjadi solusi alami bagi masalah pencernaan. Kunyit juga membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan yang sering kali menjadi penyebab diare.

12. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung gel yang dapat mengurangi produksi asam lambung, mengurangi radang, dan membunuh bakteri penyebab diare. Oleh karena itu, lidah buaya dapat membantu mencegah dan mengobati mencret secara alami.

13. Temulawak

Berkhasiat untuk meredakan rasa ngilu pada perut, melancarkan pencernaan, menaikkan nafsu makan dan meredakan masalah pencernaan seperti diare secara alami.

14. Wortel

Wortel mengandung beta-karoten yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, wortel juga mengandung serat alami yang dapat membantu memperbaiki kondisi pencernaan dan mencegah mencret.

15. Wortel dan Tomat

Campuran wortel dan tomat akan memberikan manfaat lebih bagi kesehatan pencernaan. Kandungan vitamin C, A, K dan antioksidan yang terdapat pada campuran ini akan meredakan peradangan pencernaan dan menghentikan diare.

16. Lemon

Lemon membantu meningkatkan asupan vitamin C yang merupakan elemen penting dalam membentuk kekebalan tubuh. Lemon juga memiliki sifat antibiotik dan anti bakteri alami yang membantu meredakan diare dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

17. Jus Buah dan Sayuran

Jus buah dan sayuran dapat membantu mempercepat proses penyembuhan tubuh pada saat mengalami diare. Kombinasi kandungan anti oksidan dan anti inflamasi pada buah dan sayuran akan membantu memberikan nutrisi dan mencegah infeksi.

18. Kacang Hijau

Kacang hijau membantu menyeimbangkan pH pada dalam saluran pencernaan sehingga mampu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya yang menyebabkan diare. Kandungan mineral dan nutrisi pada kacang hijau juga membantu memperbaiki kesehatan sistem pencernaan.

19. Santan Kelapa

Santan kelapa merupakan sumber lemak sehat dan nutrisi lain yang dapat membantu meredakan gejala diare dan mencegah dehidrasi. Jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi santan kelapa karena dapat menyebabkan diare juga).

20. Menghindari Makanan Pedas atau Berlemak

Sebaiknya hindari makanan pedas atau berlemak ketika sedang mengalami mencret karena makanan jenis ini dapat merusak kondisi pencernaan dan membuat mencret bertambah parah. Ganti dengan makanan yang sehat dan mudah dicerna seperti nasi putih, sayuran kukus atau ayam rebus.

Kesimpulan

Mencret adalah sebuah masalah kesehatan yang sangat umum terjadi. Namun, Anda bisa mengatasi mencret dengan menggunakan obat-obatan di apotik. Namun jika Anda ingin menyembuhkan mencret secara alami, maka Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang sudah dijelaskan pada artikel ini. Menggunakan bahan-bahan alami tersebut jauh lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping serta relatif lebih terjangkau. Selamat mencoba!.